5 Masalah Pencernaan yang Sering Muncul dan Ganggu Puasa

doktersehat gangguan perut saat puasa

DokterSehat.Com – Saat sedang menjalankan puasa, kita akan mengalami perubahan makan yang cukup signifikan. Saat siang kita tidak makan dan minum padahal pada hari biasanya kita bisa bebas makan apa saja.

Perubahan makan yang cukup drastis ini juga didukung dengan perubahan pola tidur yang cukup signifikan. Kita jadi kerap tidur malam dan bangun lebih pagi dari biasanya.

Perubahan yang terjadi pada pola makan dan tidur sedikit banyak mempengaruhi kesehatan perut dan pencernaan. Sedikit banyak kita akan mengalami gangguan pencernaan yang cukup mengganggu.

Gangguan pencernaan ini biasanya datang saat siang dan mengganggu pekerjaan. Beberapa orang yang tidak tahan dengan gangguan ini terpaksa membatalkan puasa agar tidak ada gangguan yang lebih buruh.

Nah, kalau Anda tidak mau mengalami gangguan pencernaan selama puasa, kenali penyebabnya. Selanjutnya kita bisa mencegah gangguan muncul dengan baik. Berikut beberapa gangguan pencernaan yang sering muncul saat puasa.

  1. Diare

Diare yang muncul dan membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi disebabkan oleh dua hal. Pertama, makanan yang dikonsumsi kurang sehat. Anda tidak disarankan beli makanan di pinggir jalan yang tidak higienis.

Kedua, terlalu banyak makanan yang berlemak saat berbuka puasa. Lemak yang masuk ke dalam tubuh membuat lambung jadi kaget sehingga proses pencernaan tidak berjalan dengan lancar.

Kalau Anda tidak ingin mengalami diare yang menyiksa, coba beli makanan yang lebih sehat. Selanjutnya kurangi makanan yang berlemak seperti aneka gorengan dan makanan bersantan.

  1. Mual disertai muntah

Saat puasa kita sering mengalami mual disertai perasaan ingin muntah. Kondisi ini muncul karena kita sering makan terlalu banyak saat berbuka puasa lalu dilanjutkan dengan tidur.

Makan terlalu banyak saat berbuka puasa tidak baik untuk lambung. Pasalnya saat malam hari, pencernaan akan berjalan cukup lambat, pun metabolisme tubuh.

Karena terjadi penurunan kecepatan metabolisme dan pencernaan, tubuh akan tetap kenyang saat bangun. Anda juga akan sering mual ketika menyantap makanan sahur.

  1. Kembung

Saat puasa kita akan sering mengalami dehidrasi karena tubuh tidak mendapatkan asupan air putih sepanjang siang. Kondisi ini menyebabkan kita sering kalap saat minum air khususnya yang manis dan dingin.

Mengonsumsi minuman yang dingin disertai makan yang terlalu pedas dan asam bisa membuat perut jadi kembung. Asam di dalam lambung tinggi dan menghasilkan gas yang cukup banyak.

Kalau Anda tidak mau mengalami kembung, konsumsi makanan dan minuman hangat saat puasa. Selanjutnya jangan banyak makan dalam sekali waktu.

  1. Sembelit

Ada tiga hal yang menyebabkan Anda mengalami sembelit saat puasa. Pertama karena kurang asupan serat dari buah dan sayuran. Kedua karena terlalu banyak mengonsumsi lemak dan terakhir karena kurang minum.

Hindari sembelit dengan mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang dan minum 8 gelas air sehari.

  1. Nyeri lambung

Nyeri lambung atau maag bisa terjadi karena Anda terlalu banyak makan yang pedas dan asam saat berbuka puasa. Maag bisa dinetralkan dengan obat atau kalau ingin lebih manjur cegah dengan mengurangi makanan dan minuman yang rasanya cukup ekstrem.

Saat berbuka puasa dianjurkan untuk makan kurma dahulu baru air putih. Selanjutnya makanan sehat seperti olahan sayur bisa disantap bersanding dengan lauk yang tidak terlalu pedas dan berminyak.

Nah, dari lima masalah pencernaan di atas, mana kira-kira yang sering Anda alami? Semoga setelah membaca ulasan di atas, Anda bisa mencegah semua penyebabnya ya.