Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki naak tentu menjadi idaman bagi banyak wanita. Namun pada beberapa kondisi, ada wanita yang memiliki gangguan kesehatan tertentu sehingga sulit untuk hamil. Salah satu gangguan tersebut adalah hydrosalphinx, yaitu tersumbatnya saluran di tuba fallopi. Bagaimana sebenarnya hydrosalphinx itu?

Gangguan Ini Menyebabkan Wanita Susah Hamil

Mengenal hydrosalphinx pada wanita

Hydrosalphinx adalah gangguan fungsi tuba fallopi karena adanya sumbatan cairan pada saluran tuba fallopi. Pada wanita, tuba fallopi berfungsi sebagai saliran yang menjadi perjalanan sel telur dari indung telur (ovarium) ke rahim. Adanya sumbatan dalam tuba fallopi ini dapat menyebabkan wanita susah untuk hamil.

Wanita memiliki sepasang tuba fallopi. Apabila sumbatan terjadi pada salah satu saluran, masih ada kemungkinan bagi wanit untuk hamil. Namun kemungkinan kehamilan tersebut memiliki risiko dan komplikasi. Cairan yang menyumbat tuba fallopi dapat merembes hingga ke dalam rahim sehingga menyulitan proses penempelan zigot yang dikenal sebagai proses implantasi.

Penyebab hydrosalphinx pada wanita

Hydrosalphinx dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya penyakit radang panggul, radang usus buntu yang pecah, efek samping pembedahan pada area paerut, dan pertumbuhan jaringan akibat endometriosus yang memicu iritasi pada tuba fallopi.

Selain peradangan pada area organ reproduksi, hydrosaphinx juga dapat disebabkan oleh infeksi atau peradangan organ lain yang berada di sekitar area panggul. Hal ini dpaat terjadi karena sel pemicu radang dapat menjadi bagian dari pertahann tubuh yang bisa menyebar hingga ke tuba fallopi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Untuk memastikan hydrosalphinx Anda perlu memeriksakan ke dokter kandungan. Dokter kandungan mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti sonohysterosalpigography, USG, hysterosalpingogram dan laparoskopi untuk mendeteksi lokasi dan penyebab terjadinya sumbatan.

Mengatasi hydrosaphinx

Setelah menegakkan diagnosis hydrosalphinx, dokter akan merekomendasikan pada pasien mengenai beberapa metode untuk mengangkat sumbatan. Beberapa metode tersebut antara lain pembedahan untuk mengangkat tuba falopi yang rusak akibat sumbatan, sclerotherapy, atau memoerbaiki saluran yang tersumbat dengan melakukan pembedahan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi