Terbit: 22 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda melihat gambar gif (gambar bergerak) yang menunjukkan tiang SUTET yang seakan-akan sedang bermain lompat tali? Gambar ini tidak memiliki suara, tapi, kita seperti bisa mendengar suara dentuman saat tiang ini melompat. Apa penyebab dari sensasi seperti mendengar suara ini?

Gambar Ini Seolah Bisa Didengar, Ternyata Ini Alasannya

Photo Source: Twitter.com/iamhappytoast

Dikutip dari Science alert, terdapat sebuah penelitian yang mengungkap kondisi synaesthesia, kondisi yang membuat 1 dari 5 orang mampu “mendengar” beberapa gambar yang sebenarnya tidak bersuara. Menurut pakar kesehatan, synaesthesia adalah sebuah persilangan sensori di dallam otak yang membuat beberapa orang mampu memvisualisasikan suara atau merasakan aroma. Sayangnya, mekanisme yang bisa menjelaskan mengapa kita bisa “mendengar” benda-benda tersebut masih belum benar-benar ditemukan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of London, Inggris, terdapat lebih dari 4.100 orang yang dilibatkan dalam penelitian ini untuk mengetahui respons mereka saat melihat gambar bergerak, termasuk gambar-gambar campuran yang terdiri dari 24 gambar abstrak dengan pergerakan dinamis dan variasi kecepatan yang berbeda-beda.

Menurut peneliti senior Elliot Freeman, 21 persen dari seluruh partisipan mengalami sensasi “mendengar” saat melihat gambar bergerak tersebut. Sayangnya, hasil penelitian ini belum benar-benar menjelaskan apa penyebab dari sensasi ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Menurut sebagian pakar kesehatan, kondisi synaesthesia ini sepertinya terjadi karena konektivitas yang tidak biasa pada jaringan otak. Hal ini membuat otak memproses sebuah gambar lebih dari hanya sekadar sebuah gambar. Selain itu, di bagian corteks otak sepertinya terjadi aktivitas yang lebih tinggi dari biasanya, khususnya pada area visual, yang membuat kita memiliki sensasi seperti mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal Cortex ini akan dikembangkan agar bisa benar-benar mengetahui bagaimana otak kita bekerja dengan lebih baik.

Tunggu dulu, kalau Sobat Sehat bisa “mendengar” gambar tersebut kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi