Gadis Ini Melahirkan di Usia 10 Tahun!

ilustrasi-ibu-dan-bayi-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com

DokterSehat.Com– Mungkinkah anak-anak bisa hamil dan melahirkan? Tak disangka, hal ini benar-benar terjadi di Filipina, tepatnya di kota Zamboanga. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dikutip dari Definitely Filipino Buzz, seorang wanita yang hanya dipanggil dengan Maria sehari-harinya bekerja di jasa layanan laundry. Ia pun meninggalkan kedua anak perempuannya di rumah bersama dengan suaminya. Hanya saja, sang suami adalah ayah tiri dari anak-anaknya.

Maria terkejut tatkala anak perempuan pertamanya yang baru berusia 9 tahun mengalami masalah kesehatan. Tubuhnya terus melemah dan perutnya terus membesar. Pada awalnya, Ia berpikir jika sang anak seperti “kerasukan”. Namun, setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, barulah diketahui bahwa Ia hamil dan penyebab hamilnya sang anak adalah ayah tirinya.

Saat usia buah hatinya baru 10 tahun, Ia melahirkan. Sempat mengajukan tuntutan hukum ke ayah tirinya, kasus ini menguap begitu saja dan sang ayah tiri masih beraktivitas dengan bebas.

Yang menjadi masalah adalah, apa yang dialami oleh Maria ternyata bukanlah satu-satunya di wilayah Zamboanga, Filipina Selatan. Setidaknya 5 anak gadis dengan usia 10 hingga 14 tahun juga diketahui sudah melahirkan bayi. Memang, kebanyakan dari kasus ini disebabkan oleh pemerkosaan atau hubungan sedarah. Namun, hal ini tentu saja memicu keprihatinan bagi masyarakat dan pemerintah setempat.

Melahirkan di usia terlalu muda bisa memberikan pengaruh bagi kesehatan fisik dan mental sang ibu sekaligus meningkatkan risiko masalah kesehatan bagi sang bayi. Sebagai contoh, banyak kasus bayi dengan kondisi cacat setelah dilahirkan dari ibu yang masih berusia remaja. Biasanya, hal ini disebabkan oleh tingginya kemungkinan terjadinya komplikasi kehamilan pada kehamilan di usia remaja.

Bagi ibu muda, melahirkan di usia dini juga bisa membuat mereka stress karena harus memikirkan anak di usia yang masih sangat muda. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stress atau depresi bisa berimbas pada masalah kesehatan fisik.

Melihat adanya fakta ini, jangan sampai hamil atau melahirkan di usia yang terlalu muda, ya?