Gadis Ini Dioperasi Demi Memperbaiki Kaki Bengkoknya

DokterSehat.Com– Justine, seorang gadis remaja berusia 11 tahun dari Kamerun terkena penyakit Blounts, sejenis kelainan pertumbuhan pada tulangnya yang membuat kedua kaki bagian bawah membengkok dengan sangat aneh seperti huruf O. Menurut US National Library of Medicine, kondisinya bisa semakin memburuk jika tidak ditangani secara medis.

Photo Source: Shawn Thompson / Mercy Ships / SWNS.com

Dikutip dari Fox News, kaki Justine sangatlah aneh karena membengkok dengan posisi yang berkebalikan dengan kaki pada umumnya. Kondisi ini membuatnya kesulitan untuk berjalan kaki. Saat akan dirawat di Mercy Ships, rumah sakit yang dijalankan oleh badan amal dan menyediakan layanan kesehatan gratis bagi negara berkembang, Justine bahkan harus diangkat oleh para perawat karena kesulitannya untuk bergerak.

September 2017 lalu, Justine akhirnya mendapatkan operasi demi memperbaiki kaki bengkoknya. Kedua tulang kaki bawahnya diangkat dan kemudian diposisikan ulang dan ditempel dengan plester gips.

Dr. Frank Hayon, seorang ahli bedah ortopedi menyebut kondisi Justine termasuk sangat parah karena tulangnya berputar hingga 180 derajat sehingga membuat bentuk kakinya menjadi sangat tidak normal. Karena alasan inilah tulangnya harus benar-benar diangkat agar bisa dikembalikan ke posisi semula.

Setelah lima bulan masa pemulihan, Justine pun mulai belajar berjalan kembali di selasar rumah sakit tempat Ia dirawat. Setelah dianggap sudah cukup kuat, kini Ia sudah diperbolehkan untuk pulang.

Juru bicara Mercy Ships menyebutkan bahwa sebelum dioperasi, kondisi Justine sangat mengenaskan. Dengan kaki yang sulit untuk dipakai berjalan, Ia harus menuju ke sekolahnya yang berjarak 4 km setiap hari. Anak-anak lain juga terkadang mengejeknya karena tidak mampu berlari.

Gadis yang berasal dari kota Yaounde ini pun merasa sangat berbahagia karena kini bisa melakukan apapun, termasuk permainan favoritnya seperti berlari, lompat tali, sepak bola, petak umpet, atau bahkan memanjat pohon.

Kalau Sobat Sehat paling suka permainan apa?