Terbit: 7 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com – Kurang dari dua hari lagi kita akan masuk waktu libur dan cuti bersama. Beberapa dari kita yang jauh dari kampung halaman pasti berbondong-bondong mudik lebih cepat agar bisa segera sampai di rumah dengan aman, nyaman, dan selamat.

doktersehat mudik naik bus

Kalau tahun ini Anda juga akan mudik ke kampung halaman yang lokasinya cukup jauh, persiapkan semuanya dengan baik. Jaga kondisi tubuh agar selalu fit dan bisa melakukan perjalanan dengan baik.

Selanjutnya, jauhi dan cegah gangguan kesehatan yang sering muncul saat mudik seperti daftar di bawah ini.

  1. Infeksi saluran pernapasan

Saat mudik kita akan sering berada di luar ruangan dengan udara yang panas dan lembap. Saat udara panas, debu mudah sekali terbang membawa kotoran, virus, dan bibit penyakit lain yang bisa menyebabkan gangguan seperti batuk, pilek, dan penyakit pernapasan lainnya.

Untuk menyiasati kondisi mudik yang seperti ini ada baiknya Anda selalu menggunakan masker. Menggunakan kendaraan umum jenis apa pun usahakan membawa masker agar tubuh tetap terjaga dari berbagai debu yang beterbangan dan membuat mudik jadi terganggu.

Cara lain untuk menyiasati debu adalah mudik pada malam hari. Saat malam debu akan jarang ada sehingga Anda bisa sampai di rumah dengan selamat dan tidak sakit selama perjalanan.

  1. Penyakit yang kambuh

Salah satu syarat penting yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mudik adalah membawa obat-obatan pribadi. Dengan membawa obat ini Anda tidak akan khawatir kalau penyakit yang Anda miliki kambuh akibat kondisi mudik yang sangat ramai dan penuh sesak.

Agar penyakit yang Anda miliki tidak kambuh selam perjalanan, usahakan untuk memilih alat transportasi yang lebih nyaman dan cepat. Kalau Anda bisa membeli tiket pesawat karena kehabisan atau harganya terlalu mahal, bisa menggunakan kereta pai alih-alih bus.

Selanjutnya pastikan saat akan berangkat tubuh ada dalam kondisi yang prima. Tahun ini mudik bisa dilakukan sejak tanggal 9 Juni, jadi Anda masih punya waktu untuk menyembuhkan diri kalau sedang sakit.

  1. Infeksi saluran pencernaan

Saat sedang mudik kita jarang sekali memperhatikan apa yang sedang kita makan dan minum. Kita cenderung membeli apa saja yang ditemui tanpa berpikir terlebih dahulu apakah itu bisa dimakan atau tidak.

Akhirnya makanan yang kotor pun masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan yang cukup merepotkan. Anda akan terkena diare selama perjalanan dan itu sangat merepotkan karena Anda tidak bisa melanjutkan perjalanan sebelum diarenya mampet.

Usahakan untuk membawa perbekalan dari rumah. Anda tidak perlu membawa aneh-aneh, cukup air mineral, beberapa butir kurma, dan kue kering untuk teman selama perjalanan. Kalau tubuh lapar, Anda bisa makan itu sementara sebelum makan besar di tempat yang lebih baik.

  1. Mabuk darat dan gangguan lainnya

Saat sedang mudik ada salah satu gangguan yang sering muncul dan kerap disepelekan begitu saja. Gangguan itu berupa mabuk darat yang cukup mengganggu. Kalau kondisi tubuh sedang tidak fit, Anda akan mengalami mual, pusing, hingga muntah berkali-kali selama perjalanan.

Kondisi di atas akan semakin parah kalau Anda juga mengalami masuk angin dan perut menjadi kembung. Untuk mengatasi kondisi ini usahakan untuk tidak berangkat dalam kondisi lapar. Selalu buat tubuh nyaman dan minum obat anti mabuk kalau Anda sering mengalaminya.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda yang akan melaksanakan mudik tahun ini ke kampung halaman.



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi