Terbit: 15 April 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Fungsi tulang pergelangan tangan sangat penting untuk mendukung aktivitas pergerakan tangan Anda sehari-hari. Pergelangan tangan terdiri dari susunan tulang, sendi, dan saraf agar dapat berfungsi dengan baik. Ketahui penjelasan lengkap tentang anatomi tulang pergelangan tangan fungsinya dalam artikel ini.

6 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan (Anatomi Lengkap)

Anatomi Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan adalah bagian tulang yang menghubungkan telapak tangan ke lengan. Pergelangan tangan terdiri dari serangkaian sendi, saraf, dan tulang termasuk jari-jari dan tulang ulna (tulang panjang di bagian medial lengan bawah), delapan tulang karpal (tulang pergelangan tangan), dan ujung proksimal dari lima tulang metacarpal (tulang di bagian tengah pada kerangka tangan).

Ketahui lebih detail tentang anatomi pergelangan tangan berikut ini:

1. Tulang Karpal

Tulang karpal (carpals) adalah tulang pergelangan tangan yang terdiri dari 8 (delapan) tulang kecil. Fungsi tulang karpal adalah untuk menghubungkan telapak tangan ke dua tulang panjang pada lengan yaitu tulang jari-jari dan tulang ulna.

anatomi-tulang-pergelangan-tangan-doktersehat

Berikut ini 8 (delapan) tulang karpal:

  • Skafoid: Terletak di bawah ibu jari dengan bentuk seperti perahu panjang.
  • Lunate: Terletak di samping tulang skafoid dengan bentuk seperti bulan sabit kecil.
  • Trapezium: Terletak di antara atas tulang skafoid dan bawah tulang ibu jari dengan bentuk seperti trapesium.
  • Trapezoid: Terletak di samping tulang trapezium dengan bentuk seperti irisan.
  • Capitate: Terletak di tengah pergelangan tangan dengan bentuk seperti oval.
  • Hamate: Terletak di sisi jari kelingking.
  • Triquetrum: Terletak di bawah tulang hamate dengan bentuk seperti piramida kecil.
  • Pisiform: Terletak di bagian atas tulang trapezium dengan bentuk tulang bulat kecil.

Singkatnya, tulang karpal terletak di punggung telapak tangan dan pergelangan tangan dengan bentuk kecil, persegi, oval, dan segitiga kecil. Susunan tulang karpal ini membuat pergelangan tangan Anda jadi fleksibel, kuat, dan mampu membantu pergerakan tangan dengan sendi dan dua tulang besar di lengan.

Baca Juga: 12 Fungsi Tulang Hasta pada Manusia dan Anatomi Lengkap

2. Sendi Pergelangan Tangan

Terdapat 3 (tiga) sendi utama di pergelangan tangan, yaitu:

  • Sendi Radiocarpal: Menghubungkan antara jari-jari dan tulang lengan bagian bawah, tepatnya terletak di sisi ibu jari dari pergelangan tangan.
  • Sendi Ulnocarpal: Menghubungkan ulna dan tulang pergelangan tangan lunate dan triquetrum, tepatnya terletak di sisi jari kelingking.
  • Sendi Radioulnar Distal: Menghubungkan antara ujung bawah jari-jari dan ulna, terletak di sekitar pergelangan tangan.

Fungsi sendi pergelangan tangan membantu menghubungkan antara tulang di telapak tangan dan lengan. Tanpa sendi ini, Anda tidak akan mampu melakukan gerakan di pergelangan tangan seperti untuk menggenggam, menyentuh, memutar tangan, dan sebagainya.

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Selain sendi dan tulang, pergelangan tangan juga terdiri dari saraf, jaringan lunak, pembuluh darah, ligamen, bursa (bantalan untuk organ), otot, dan kulit yang saling bekerja sama untuk menjalankan fungsi pergelangan tangan dengan baik. Ketahui apa saja fungsi tulang pergelangan tangan, sebagai berikut ini:

1. Membantu Pergerakan Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan yang paling utama adalah untuk mendukung pergerakan tangan Anda dan terhubung dengan lengan. Bayangkan bila tulang pergelangan tangan Anda tidak berfungsi dengan baik, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam menggerakan tangan ke kanan, ke kiri, ke atas, ke bawah, ke samping, dan segala arah.

Anda juga akan kesulitan untuk memutar, menekuk, dan meluruskan pergelangan tangan. Tulang pergelangan tangan fungsinya sangat penting untuk menunjang berbagai aktivitas dasar dalam kehidupan sehari-hari, termasuk memegang benda, meraih sesuatu, mengetik, membuka, menutup, tepuk tangan, dan lain sebagainya.

2. Membantu Pergerakan Jari-Jari Tangan

Tulang-tulang di tubuh Anda bekerja sama untuk menopang, membentuk rangka, dan menunjang pergerakan tubuh. Termasuk juga tulang pergelangan tangan yang tidak hanya membantu pergerakan tangan, namun juga menghubungkan jari-jari dan tangan agar Anda dapat beraktivitas dengan normal.

Tulang kartel (tulang pergelangan tangan) menghubungkan antara jari-jari dengan telapak tangan dan lengan. Tulang pergelangan tangan dan tulang jari-jari saling berkontribusi agar Anda dapat bergerak menggunakan tangan sesuai fungsinya. Apabila salah satunya mengalami cedera, maka akan ada gangguan pergerakan tangan yang akan mengganggu aktivitas Anda.

Baca Juga: Tulang Belikat: Fungsi, Penyebab Sakit, Cara Mengatasi

3. Memberikan Kekuatan ke Tangan dan Lengan

Tulang pergelangan tangan juga memberi kekuatan ke seluruh bagian tangan, termasuk telapak tangan, jari-jari, dan tulang lengan yang besar. Kekuatan di tulang pergelangan tangan ini dibutuhkan untuk mendukung pergerakan Anda saat membawa benda berat atau sekadar aktivitas biasa sehari-hari. Bayangkan saat pergelangan Anda terkilir dan menjadi lemah, tangan Anda akan kehilangan kekuatan bahkan hanya untuk gerakan sederhana.

4. Menciptakan Fleksibilitas pada Tangan

Sendi pergelangan tangan bekerja sama dengan tulang dan susunan saraf lainnya agar dapat bekerja dengan normal. Termasuk untuk menciptakan fleksibilitas agar pergelangan tangan Anda dapat berputar, menekuk, lurus, dan bergerak ke segala arah.

Pergelangan tangan adalah salah satu bagian tulang dengan tingkat fleksibilitas tinggi untuk mendukung aktivitas Anda. Bila tidak, Anda mungkin akan kesulitan mengambil benda, menyentuh, menari, dan kegiatan dasar lainnya.

5. Menghubungkan Tulang Lengan Bawah dan Tulang Jari-Jari

Tulang jari-jari dan tulang lengan bawah (tulang hasta dan tulang pengumpil) dihubungkan oleh tulang pergelangan tangan (tulang kartal) yang letaknya di antara punggung telapak dan pergelangan tangan. Susunan tulang-tulang ini membentuk anatomi tangan yang sempurna untuk menjalankan fungsinya. Selain itu, pergerakan dari pergelangan tangan juga didukung oleh otot, saraf, dan jaringan lunak lainnya.

6. Menghubungkan Susunan Jaringan dan Saraf Tubuh Pada Tangan

Tubuh manusia terdiri dari susunan yang kompleks. Bukan hanya tulang, tapi juga ada jaringan lunak, pembuluh darah, ligamen, dan sendi. Semua komponen penting tersebut saling berkoordinasi dan mendukung segala kebutuhan dan aktivitas Anda.

Bukan hanya untuk mendukung pergerakan semata, fungsi tulang pergelangan tangan juga untuk membentuk aliran darah, fungsi saraf, saluran nutrisi, fleksibilitas, serta pengaturan sensasi dan motorik di tangan.

Baca Juga: Otak: Antomi, Bagian, Fungsi, Jenis Penyakit, dll

Gangguan pada Fungsi Pergelangan Tangan yang Paling Umum

Pergelangan tangan memainkan peran vital untuk tubuh, namun beberapa gangguan tulang dan sendi mungkin terjadi. Berikut ini jenis gangguan pada fungsi pergelangan tangan yang paling umum:

1. Terkilir

Terkilir pada pergelangan tangan adalah gangguan pada sendi yang mungkin terjadi saat Anda meregangkan atau membawa benda yang terlalu berat. Gangguan ini juga terjadi akibat kerusakan ligamen di sekitarnya. Umumnya, ini terjadi pada sendi ulnocarpal yang terletak di antara tulang lengan dan tulang pergelangan tangan.

2. Patah Tulang

Patah tulang pada pergelangan tangan adalah gangguan tulang paling umum. Kondisi ini biasanya terjadi akibat jatuh, kecelakaan, atau cedera lainnya. Salah satu jenis patah tulang pada pergelangan tangan yang paling umum adalah fraktur radius distal dan fraktur skafoid.

3. Cedera Berulang

Anda mungkin pernah mengalami cedera berulang pada tulang atau otot pergelangan tangan. Kondisi ini biasanya terjadi pada aktivitas repetitif di mana Anda tidak melakukan peregangan yang baik, seperti kegiatan olahraga, mengetik, menulis, dan sebagainya. Gejala paling umum adalah pembengkakan, mati rasa, dan nyeri di pergelangan tangan.

4. Nyeri Rematik

Pernahkah Anda mengalami nyeri rematik atau artritis di tulang pergelangan tangan? Kondisi ini diakibatkan oleh cedera, sendi tidak fleksibel, atau ketidakseimbangan sistem kekebalan tubuh. Gejala umum dari artritis adalah nyeri dan sendi kaku sehingga mengganggu aktivitas Anda.

Itulah pembahasan lengkap tentang tulang pergelangan tangan fungsinya. Anda mungkin tidak menyadari bila tulang pada pergelangan tangan memiliki fungsi penting untuk tubuh dan pendukung aktivitas sehari-hari. Selalu jaga kesehatan tulang Anda dengan mengonsumsi makanan sehat penuh kalsium dan jangan lupa olahraga teratur!

 

  1. Ficke, Brooks, MD. 2019. Guide to Wrist Anatomy. https://www.sports-health.com/sports-injuries/hand-and-wrist-injuries/guide-wrist-anatomy. (Diakses pada 15 April 2020).
  2. Healthline’s Medical Network. 2015. Wrist. https://www.healthline.com/human-body-maps/wrist#1. (Diakses pada 15 April 2020).
  3. Iftikhar, Noreen, MD. 2019. Important Joints: Hand and Wrist Bones. https://www.healthline.com/health/wrist-bones. (Diakses pada 15 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi