Terbit: 22 April 2021 | Diperbarui: 23 April 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Fungsi tulang pergelangan kaki yang utama adalah mendukung  gerakan kaki untuk berjalan. Pergelangan kaki adalah sendi besar yang terdiri dari tiga tulang yaitu, tulang kering (tibia), tulang tipis di sebelah tulang kering (fibula), dan tulang kaki yang berada di atas tulang tumit (talus). Simak penjelasan lengkap fungsi tulang ini dan hal-hal penting lainnya.

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki dan Risiko Cedera yang Bisa Dialami

Anatomi Pergelangan Kaki

Sebelum menjelaskan fungsi pergelangan kaki, perlu Anda ketahui bahwa pergelangan kaki membentuk sistem kompleks yang terdiri dari 28 tulang, 33 sendi, 112 ligamen yang dikendalikan oleh 13 otot ekstrinsik dan 21 otot intrinsik. Lantas, apa fungsi pergelangan kaki?

Beberapa fungsi tulang pergelangan kaki lainnya adalah:

  • Menopang berat badan.
  • Mengatur keseimbangan tubuh.
  • Meredam hentakan.
  • Mengganti fungsi tangan pada individu yang mengalami kelumpuhan ekstremitas atas.

Struktur Pergelangan Kaki

Setelah Anda mengetahui fungsi tulang pergelangan kaki seperti di atas, hal penting lainnya dari pergelangan kaki adalah struktur yang menyusunnya. Pergelangan kaki atau sendi tibiotalar merupakan pertemuan antara tungkai bawah dan kaki. Komponen tulang sendi pergelangan kaki termasuk distal tibia, distal fibula, dan talus.

Struktur anatomi di bawah sendi pergelangan kaki terdiri dari:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Hindfoot. Bagian ini terdiri dari dari talus dan calcaneus, dua dari tujuh tulang tarsal. Artikulasi talus dan calcaneus disebut sebagai sendi subtalar, yang memiliki tiga faset pada masing-masing bagian.
  • Midfoot. Bagian terdiri ini dari lima tulang tarsal yaitu navicular, cuboid, medial, middle, dan lateral cuneiform. Persimpangan antara kaki belakang dan kaki tengah disebut sendi Chopart, yang meliputi sendi talonavicular dan calcaneocuboid.
  • Forefoot. Bagian ini terdiri dari tulang metatarsal, phalanges (jari kaki), dan sesamoid. Setiap jari selain jempol memiliki metatarsal dan tiga phalanges. Jempol kaki hanya memiliki dua phalanges. Artikulasi kaki bagian tengah dan kaki depan membentuk sendi Lisfranc.

Baca Juga: Sindrom Kaki Gelisah: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Cara Mengobati, dll

Gangguan yang Terjadi pada Pergelangan Kaki

Berikut ini adalah berbagai masalah yang bisa terjadi pada pergelangan kaki Anda, di antaranya:

  • Pergelangan Kaki Terkilir

Kerusakan pada salah satu ligamen di pergelangan kaki, biasanya akibat putaran kaki yang tidak disengaja. Rehabilitasi dapat mencegah nyeri dan bengkak menjadi masalah jangka panjang.

  • Keseleo Pergelangan Kaki

Keseleo terjadi akibat ligamen yang menghubungkan dua tulang kaki bagian bawah (tibia dan fibula) yang disebut syndesmotic ligament terluka. Keadaan ini menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan yang mirip dengan pergelangan kaki keseleo sebenarnya, tetapi bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

  • Fraktur Pergelangan Kaki

Fraktur adalah patah pada salah satu dari tiga tulang di pergelangan kaki. Paling sering, tulang kaki bagian bawah (tibia atau fibula) yang mengalami keretakan.

  • Arthritis Pergelangan Kaki

Meskipun keadaan ini adalah sesuatu yang jarang terjadi, osteoarthritis, bentuk radang sendi yang paling umum juga dapat memengaruhi pergelangan kaki.

  • Rheumatoid Arthritis

Ini adalah suatu bentuk arthritis autoimun di mana tubuh menyerang jaringan sendi, menyebabkan peradangan, nyeri, dan pembengkakan. Setiap sendi dapat terpengaruh oleh rheumatoid arthritis, termasuk pergelangan kaki.

  • Gout

Gout adalah suatu bentuk arthritis di mana kristal asam urat secara berkala mengendap di persendian, menyebabkan nyeri dan pembengkakan yang parah. Pergelangan kaki terkadang bisa terkena asam urat.

  • Psoriatic Arthritis

Bentuk arthritis ini menyebabkan pembengkakan dan nyeri yang berhubungan dengan psoriasis. Banyak persendian, termasuk pergelangan kaki mungkin terpengaruh oleh keadaan ini.

  • Septic Arthritis

Keadaan ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang mungkin terjadi di pergelangan kaki. Bentuk arthritis ini berkembang dengan cepat, menyebabkan nyeri hebat, bengkak, demam, dan kesulitan menggerakkan pergelangan kaki.

Baca Juga: 6 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan (Anatomi Lengkap)

Tes Pergelangan Kaki

Masalah pergelangan kaki dapat dideteksi melalui serangkaian pemeriksaan. Dokter akan mencatat kemungkinan penyebab rasa sakit atau mengetahui sendi yang nyeri. Terkadang dokter memerlukan pasien untuk melakukan gerakan tertentu seperti berdiri atau berjalan untuk memeriksa lebih jauh kondisi pasien.

Beberapa pemeriksaan yang diperlukan untuk melihat kondisi yang terjadi pada kaki, seperti:

  • Pemeriksaan fisik. Pemeriksaan pergelangan kaki oleh dokter diperlukan untuk dapat mengidentifikasi apakah ada patah tulang pergelangan kaki, keseleo, atau kondisi lain.
  • Rontgen pergelangan kaki. Tes pencitraan ini paling sering digunakan untuk menentukan patah tulang, arthritis, atau masalah lainnya.
  • Stress X-ray. Tes ini dapat mengungkap masalah pada kaki yang tidak terlihat pada sinar X biasa
  • Magnetic resonance imaging (MRI scan), Metode ini menggunakan magnet berdaya tinggi dan komputer untuk membuat gambar pergelangan kaki beresolusi tinggi.

Pada beberapa kasus, masalah pada pergelangan kaki adalah sesuatu yang sederhana. Namun jika masalah memerlukan intervensi yang lebih kompleks, Anda biasanya dirujuk ke dokter ortopedi.

Perawatan Pergelangan Kaki

Berikut adalah beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan ketika terdapat masalah pada kaki, di antaranya:

  • RICE Therapy

RICE adalah singkatan dari Rest, Ice, Compression (seperti athletic bandage), dan Elevation. Ini adalah terapi pengobatan awal yang baik untuk sebagian besar cedera pada kaki.

  • Obat Pereda Nyeri

Pereda nyeri yang dijual bebas atau diresepkan seperti acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen dapat meredakan sebagian besar nyeri pada pergelangan kaki.

  • Suntikan Kortison

Menyuntikkan kortison ke pergelangan kaki dapat membantu beberapa bentuk radang sendi pergelangan kaki. Kortison menekan peradangan pada sendi dan mengurangi pembengkakan serta nyeri.

  • Imobilisasi Pergelangan Kaki

Melumpuhkan pergelangan kaki (biasanya dengan gips) diperlukan untuk sebagian besar patah tulang. Cara ini dianggap membantu keseleo pergelangan kaki.

  • Operasi Pergelangan Kaki

Pembedahan mungkin diperlukan untuk banyak kondisi yang serius. Secara umum, operasi dilakukan agar pergelangan kaki lebih stabil. Berbagai teknik digunakan untuk menjaga agar tulang pergelangan kaki tetap di tempatnya.

 

  1. Anonim. 2019. Picture of the Ankle. https://www.webmd.com/pain-management/picture-of-the-ankle. (Diakses pada 22 April 2021).
  2. Anonim. Foot and Ankle Structure and Function. https://www.physio-pedia.com/Foot_and_Ankle_Structure_and_Function. (Diakses pada 22 April 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi