Terbit: 18 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Penderita diabetes apa pun usia dan juga jenis kelaminnya akan mengalami penurunan kualitas dan fungsi seksual. Pada wanita, gairah seksual akan terus anjlok sehingga berbagai jenis seks akan terasa membosankan dan sakit. Selanjutnya pada pria, masalah ereksi akan menjadi polemik yang membuat mereka tidak bisa melakukan penetrasi.

5 Cara Meningkatkan Fungsi Seksual Penderita Diabetes

Singkatnya, memiliki diabetes akan membuat gairah seks menurun cukup drastis. Kalau pria dan wanita tidak bisa mengendalikannya, seks akan berjalan cukup susah atau bahkan tidak bisa dilalukan sama sekali.

Nah, apakah memiliki diabetes sama halnya dengan tidak bisa melakukan seks? Jawabannya belum tentu. Asal Anda bisa menerapkan cara di bawah ini seks bisa berjalan dengan baik.

  1. Perhatikan level dari gula darah

Selalu perhatikan level gula darah setiap harinya. Belilah alat yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa banyak darah yang dimiliki oleh tubuh. Kalau sampai gula darah tinggi, Anda harus berusaha untuk menurunkannya agar tidak memberikan dampak yang besar saat melakukan seks.

Cara terbaik untuk membuat gula darah ada pada kondisi stabil adalah dengan mengonsumsi makanan yang benar. Berbagai makanan dan minuman manis atau karbohidrat sederhana harus dihindari agar penyakit diabetes tidak parah. Kalau Anda bisa memasak, persiapkan makanan setiap hari dan hindari membeli di luar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Selalu cek gula darah sebelum bercinta

Sebelum melakukan seks dengan pasangan, selalu cek gula darah terlebih dahulu. Kalau gula darah di dalam tubuh rendah, kondisi lelah berlebihan akan terjadi. Pria dan wanita bisa mengalami penurunan libido yang cukup signifikan. Kondisi ini sering disebut hypoglycemia.

Kalau gula darah sebelum melakukan seks cukup tinggi, pria akan susah mendapatkan ereksi yang sempurna. Seks juga akan sering terganggu. Sebelum bercinta dengan pasangan, pastikan untuk memeriksa gula darah. Pastikan ada pada kondisi normal sehingga seks bisa berjalan.

Oh ya, karena seks saat memiliki diabetes rawan sekali terjadi infeksi, jangan lupakan pengaman. Kondom akan berguna untuk menghindari infeksi di vagina atau penularan penyakit ke penis.

  1. Menggunakan jenis obat tertentu

Beberapa pria yang mengalami gangguan ereksi bisa menggunakan obat oral yang meningkatkan aliran darah pe penis. Obat yang sejenis Viagra ini bisa digunakan untuk membuat seks tetap berjalan dengan lancar.

Sebelum menggunakan obat oral tersebut, ada baiknya tetap mempertimbangkan petunjuk dari dokter. Pertimbangkan juga semua aspek kesehatan sehingga penggunaan obat oral tetao sesuai dengan jalur dan tidak memberikan efek samping yang besar.

  1. Memperbaiki pola hidup

Pria atau wanita yang terkena diabetes tidak boleh ada pada kondisi  sakit atau daya tahannya menurun. Kalau sampai kondisi itu terjadi, infeksi di tubuh (bila ada) akan semakin buruk. Selain itu, kemungkinan komplikasi juga besar.

Perbaiki pola hidup mulai dari melakukan olahraga rutin setiap hari. Olahraga yang rutin ini bisa dilakukan dengan hanya sekadar jalan kaki, jogging, atau angkat beban kalau memang memungkinkan. Hindari rokok dan juga alkohol agar tubuh semakin sehat.

  1. Memperbaiki intimasi

Pasangan yang memiliki diabetes biasanya sudah langsung stres atau frustrasi dengan kondisinya. Padahal seks tetap bisa dilakukan dengan baik. Nah, agar tidak terjadi penurunan kualitas seks, pasangan harus mulai memperbaiki intimasi. Saling mendukung satu dengan yang lain akan membuat seks jadi lebih lancar meski memiliki diabetes.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk meningkatkan kembali fungsi seksual pasca vonis diabetes. Tidak ada yang tidak mungkin asal mau berusaha bersama-sama.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi