Apa Sih Fungsi dari Mata Kaki?

nyeri kaki-doktersehat-1024

DokterSehat.Com– Perlu diakui, tubuh manusia memang dilengkapi dengan beberapa bagian yang semuanya pasti memiliki fungsi tersendiri. Walaupun terkadang ada beberapa bagian tubuh yang masih sering disepelekan karena dianggap tidak begitu penting, salah satunya adalah mata kaki.

Pernahkah Anda berpikir tentang apa sebenarnya fungsi dari mata kaki? Sampai saat ini masih banyak yang bingung mengenai fungsi dari bagian tubuh yang satu ini. Nah, daripada menebak-nebak, sebaiknya simak fungsi dari mata kaki berikut ini.

Fungsi Mata Kaki

Mata kaki merupakan tulang yang menonjol pada kaki bagian kiri dan kanan. Mata kaki ini merupakan salah satu anggota tubuh yang letaknya di pergelangan kaki, di terdiri dari ujung-ujung tulang kering dan betis juga tumit. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi pergelangan kaki adalah sebagai penyangga berat badan kita, apalagi saat kita sedang berjalan dan berlari. Lalu apa fungsinya mata kaki?

Mata kaki sendiri berfungsi sebagai pelindung sendi engsel yang ada di kaki kita. Selain itu, mata kaki juga berfungsi sebagai poros penggerak telapak kaki dan otot betis. Tanpa adanya mata kaki, maka kaki kita tidak akan bisa seimbang saat berjalan ataupun berdiri.

Sedangkan kita mengetahui bahwa kaki merupakan salah satu tulang sebagai anggota gerak di mana fungsinya untuk berdiri, berjalan, atau bergerak dari tempat satu ke tempat lainnya. Memang, kaki terlihat sama, namun ternyata kaki juga ada yang bentuknya berbeda-beda di setiap orang. Salah satu bagian kaki adalah mata kaki yang mana fungsinya sangat penting bagi kita untuk berdiri, berjalan, atau bergerak.

Nah, kini kita tahu bahwa tanpa adanya mata kaki, maka kaki kita tidak bisa menyangga berat badan kita. Selain itu, kita juga tidak akan bisa bergerak, berdiri, dan berjalan jika tanpa adanya mata kaki ini. Perlu diingat pula, bahwa mata kaki terdiri dari otot-otot yang kuat sebagai penyangga tubuh kita. Maka dari itu, jangan pernah menyepelekan mata kaki walau terkesan tidak penting.