Lidah adalah salah satu dari panca indera yang terdiri dari beberapa bagian dan fungsi. Simak informasi mengenai fungsi lidah beserta bagian lidah berikut ini karena dengan mengetahui bagian lidah dan fungsinya, diharapkan dapat membantu Anda untuk bisa lebih memerhatikan kesehatannya.

fungsi-lidah-doktersehat

Bagian Lidah, Ada Apa Saja?

Secara garis besar, bagian lidah terdiri dari:

  • Dasar lidah, adalah bagian lidah yang posisinya ada di sisi bawah. Dasar lidah dapat digerakkan, namun pergerakannya cenderung terbatas tidak seperti bagian lainnya seperti tepi lidah.
  • Pangkal lidah, adalah bagian lidah yang letaknya ada di belakang tepatnya dekat tenggorokan. Bagian ini terdiri dari banyak sel yang mana sel-sel tersebut berperan penting dalam menunjang fungsi lidah untuk merasakan makanan, minuman, maupun benda lainnya yang masuk ke dalam mulut.
  • Tepi lidah, adalah bagian lidah yang terletak di sisi depan, kanan, dan kiri. Bagian ini sangat fleksibel pergerakannya.

Lidah sendiri merupakan bagian tubuh berupa otot yang tidak memiliki tulang. Jika ditelisik lebih jauh, terdapat beberapa bagian penting lainnya seperti frenulum yang berfungsi sebagai penghubung antara lidah dengan rongga mulut.

Kemudian, pada lidah terdapat mukosa yang tak lain merupakan jaringan pelapis berwarna merah muda. Di atasnya, ada bintik-bintik kecil bernama papillae yang menjadikan permukaan lidah memiliki tekstur kasar.

Pada papillae ini jugalah terdapat kuncup perasa (taste buds) yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Kuncup perasa merupakan kumpulan sel saraf yang terhubung dengan saraf menuju ke otak.

Fungsi Lidah (Bukan Hanya Sebagai Indera Pengecap)

Setiap bagian dari lidah memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah fungsi lidah yang perlu Anda ketahui!

1. Pengecap

Pengecap rasa adalah fungsi lidah yang paling utama. Guna menunjang fungsinya ini, lidah ‘dipersenjatai’ dengan sejumlah reseptor.

Reseptor-reseptor ini bekerja dengan cara mendeteksi rasa dari setiap makanan, minuman, maupun benda lainnya yang masuk ke dalam mulut.

Berkat peran reseptor ini, lidah bisa merasakan 4 (empat) rasa utama yakni manis, asin, pahit, dan asam, serta 1 (satu) rasa tambahan yakni gurih (umami) yang umumnya didapatkan dari bahan monosodium glutamate (MSG) atau yang umum kita kenal sebagai ‘micin’.

2. Meminimalisir Risiko Keracunan

Oleh karena lidah merupakan indera pengecap, maka hal ini secara tidak langsung membuatnya juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari zat-zat berbahaya yang hendak masuk ke dalam tubuh khususnya melalui mulut.

Ketika lidah Anda merasakan makanan yang terasa tidak enak dan ‘mencurigakan’, secara otomatis Anda akan menghentikan konsumsi makanan tersebut, bukan? Hal inilah yang lantas dapat mencegah—atau setidaknya meminimalisir—risiko keracunan maupun hal negatif lainnya.

3. Membantu Mengolah Makanan

Lidah dapat digerakkan ke depan, belakang, atas, bawah, dan samping. Fleksibilitas pergerakan lidah ini lantas membuatnya juga berfungsi untuk membantu mengolah makanan yang masuk ke dalam mulut.

Peran lidah adalah untuk memposisikan makanan menuju gigi sehingga gigi dapat dengan mudah menghancurkan makanan sehingga bisa ditelan.

4. Membantu Menelan Makanan

Makanan yang telah melunak selanjutnya akan dimasukkan ke dalam tubuh melalui tenggorokan. Di sinilah fungsi lidah yang lainnya, yakni membantu proses menelan makanan tersebut.

Lidah—atas-perintah dari otak melalui saraf—akan bergerak untuk mendorong makanan masuk ke dalam tenggorokan.

5. Membersihkan Sisa Makanan

Ini juga menjadi kegunaan lidah yang hampir pasti Anda manfaatkan, bukan?

Ya, sehabis makan biasanya kita akan menggerakkan lidah untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi.

Akan tetapi, ini hanya sebagai langkah awal, ya. Anda tetap harus menggosok gigi untuk membuat gigi benar-benar bersih.

6. Membantu Berbicara

Ini juga menjadi fungsi lidah yang paling vital. Ya, tanpa lidah Anda tidak dapat mengeluarkan kata-kata yang dapat dimengerti oleh lawan bicara.

Pergerakan lidah—dengan ditunjang oleh mulut dan gigi—berfungsi untuk memperjelas artikulasi suara yang keluar dari dalam tenggorokan.

7. Mempercepat Penyerapan Obat

Ada beberapa kasus di mana seseorang memerlukan penanganan medis secepat mungkin, seperti ketika seseorang mengalami penyumbatan pembuluh darah arteri jantung yang sudah sampai menyebabkan gejala nyeri dada.

Pasien pada kasus ini akan diberikan obat nitrogliserin yang fungsinya tak lain untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah kembali lancar.

Nah, fungsi lidah yakni untuk mempercepat penyerapan obat tersebut sehingga efek obat bisa terasa dengan segera dan kemungkinan pasien untuk sembuh menjadi lebih besar. Sebagaimana dilansir dari Verywell Health, obat nitrogliserin yang diletakkan di bagian bawah lidah membuatnya dapat masuk ke pembuluh darah dalam waktu kurang dari 1 menit.

Baca Juga: Lidah Hitam: Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

Macam-Macam Gangguan pada Lidah

Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, lidah juga tak lepas dari sejumlah gangguan kesehatan dari yang sifatnya ringan hingga berat dan mengancam nyawa sekalipun.

Macam-macam gangguan pada lidah tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Sariawan (kandidiasis)
  • Makroglosia (pembesaran lidah)
  • Burning tongue syndrome
  • Glositis atropik
  • Leukoplakia
  • Lidah ‘berambut’
  • Lichen planus
  • Herpes stomatitis
  • Ankyloglossia
  • Kanker

Selain itu, abnormalitas ukuran dan posisi lidah juga bisa berdampak pada timbulnya gangguan tidur yakni sleep apnea.

Tips Merawat Kesehatan Lidah

Melihat banyaknya jenis gangguan kesehatan yang bisa menyerang lidah, maka selain mengetahui fungsi lidah, penting bagi Anda untuk mengetahui dan menerapkan tips merawat kesehatan lidah berikut ini:

  • Membersihkan lidah secara rutin, bisa menggunakan tongue scrapper dan sebagainya
  • Mencukupi kebutuhan vitamin B harian
  • Banyak minum air putih
  • Melakukan pemeriksaan rutin terhadap lidah
  • Mengonsumsi teh hijau

Itu dia informasi mengenai bagian lidah dan fungsinya berikut macam-macam masalah yang mengancam dan cara merawat kesehatannya. Semoga bermanfaat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

  1. Anonim. 6 Things You Should be Doing to Take Care of Your Tongue. https://www.carillondental.com/blog/six-things-you-should-be-doing-to-take-care-of-your-tongue/ (Diakses pada 24 Februari 2020)
  2. Hoffmann, M. Picture of Tongue. https://www.webmd.com/oral-health/picture-of-the-tongue#1 (Diakses pada 24 Februari 2020)
  3. Peters, B. 2020. The Anatomy of the Tongue. https://www.verywellhealth.com/tongue-anatomy-4774957 (Diakses pada 24 Februari 2020)