Fungsi Lemak Bagi Tubuh, Bukan Sekedar Membuat Gemuk

fungsi-lemak-doktersehat

DokterSehat.Com – Lemak merupakan salah satu maktronutrien bagi tubuh. Itu artinya, sama seperti protein maupun karbohidrat, lemak dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang tidak sedikit. Meskipun sering kali identik dengan penyebab tubuh gemuk, tapi sebenarnya fungsi lemak sangatlah banyak bagi tubuh.

Penumpukan lemak di tubuh memang dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Meskipun begitu, bukan berarti kita bisa menghindari lemak sama sekali untuk menghindari kegemukan. Kerena pada dasarnya lemak memiliki berbagai macam jenis dan diantaranya terdapat lemak baik dan juga lemak jahat.

Jenis-Jenis Lemak dan Sumbernya

Sebelum membahas tentang fungsi lemak baik, Anda perlu mengetahui lebih dulu tentang jenis-jenis lemak. Memahami jenis lemak akan membantu Anda memaksimalkan fungsi lemak itu sendiri. Berdasarkan jenisnya, lemak terbagi menjadi 4 jenis berikut ini!

1. Lemak tak jenuh tunggal

Lemak tak jenuh tunggal adalah salah stau jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak tak jenuh tunggal mampu untuk menjaga kadar HDL (High-density lipoprotein) atau kolesterol baik dan juga mampu untuk menurunkan kadar LDL (Low-density lipoprotein) atau dikenal juga dengan istilah kolesterol jahat dalam darah.

Contoh dari asam lemak tak jenuh tunggal adalah seperti asam oleat dan asam palmitoleat. Lemak tak jenuh tunggal dapat Anda dapatkan melalui makanan seperti kacang-kacangan, buah alpukat, dan minyak zaitun.

2. Lemak tak jenus ganda

Sama seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda juga mampu untuk menurunkan kada LDL dalam darah. Contoh dari bentuk lemak tak jenuh ganda adalah omega-3 dan omega-6. Sedangkan sumber makanan untuk lemak tak jenuh ganda adalah seperti kedelai, bayam, kenari, ikan salmon.

3. Lemak trans

Lemak trans tidak masuk ke dalam jenis lemak baik. Lemak jenis ini banyak ditemukan di berbagai produk olahan seperti makanan cepat saji. Lemak trans merupakan jenis lemak yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi karena dapat meningkatkan kadar LDL. Lemak trans banyak terdapat di makanan seperti makanan cepat saji, gorengan, dan biskuit.

4. Lemak jenuh

Perbedaan dari lemak jenuh dan tak jenuh adalah lemak jenuh akan berubah bentuk jadi padat pada suhu ruangan. Lemak jenuh juga termasuk dalam lemak yang dapat meningkatkan LDL. Lemak jenis ini banyak ditemukan di minyak sawit, produk olahan susu, telur, daging, hingga kulit ayam.

Fungsi Lemak

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa lemak terbagi menjadi lemak baik dan juga lemak jahat. Lemak yang bermanfaat bagi tubuh tentunya berasal dari lemak baik, sedangkan lemak jahat sebaliknya dapat berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah fungsi lemak baik yang perlu Anda ketahui:

1. Sumber energi

Salah satu fungsi lemak adalah sebagai sumber energi. Bahkan beberapa jenis nutrisi lain dalam tubuh diolah menjadi lemak dan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan energi. Namun yang perlu diingat adalah lemak bukan satu-satunya nutrisi yang menjadi sumber energi bagi tubuh.

Dibandingkan dengan lemak, sumber energi lainnya seperti karbohidrat dan lemak memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan lemak. Jadi konsumsi lemak sebagai sumber energi juga harus diseimbangkan dengan sumber energi lainnya.

2. Membantu penyerapan vitamin

Fungsi lemak yang kedua adalah membantu penyerapan vitamin. Setiap vitamin memiliki sifat yang berbeda-beda. Beberapa vitamin dapat larut di air dan sebagian vitamin lainnya tidak larut di air tetapi bisa larut di lemak.

Beberapa vitamin yang larut di lemak antara lain seperti vitamin A, D, E, dan K. Sehingga untuk membantu penyerapan vitamin tersebut, kita membutuhkan asupan lemak yang cukup.

3. Melindungi berbagai organ

Fungsi lemak lainnya adalah sebagai pelindung berbagai organ dalam tubuh kita. Lemak yang berada di kulit memiliki fungsi proteksi kulit dari sinar UV. Selain itu, lemak ternyata tidak hanya berada di kulit saja, tetapi juga menjadi lapisan untuk berbagai organ dalam tubuh, termasuk jantung, lambung, hingga otak.

Lemak juga menyelimuti jaringan saraf, jaringan pengangkut, dan juga tulang. Selain sebagai perlindungan organ vital dalam tubuh, lemak juga memiliki peran dalam setiap kerja organ. Fungsi lemak adalah sebagai pelumas agar organ dapat bergerak atau bekerja dengan lebih efektif.

4. Menjaga kehangatan tubuh

Fungsi lemak yang keempat adalah untuk menjaga tubuh pada suhu yang rendah. Suhu yang semakin rendah pertama-tama akan dirasakan rangsangannya pada kulit. Setelah kulit merasakan dingin, jaringan lemak yang ada di bwah kulit pun merespon dengan menghasilkan panas. Tujuannya adalah untuk meningatkan suhu tubuh agar normal kembali.

Namun, hal ini tidak dapat dijadikan patokan bahwa orang yang bertubuh gemuk atau yang dianggap memiliki timbunan lemak lebih banyak di tubuh, dapat merespon suhu dingin dengan lebih baik. Respon ini juga bergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Tetapi dalam keadaan normal bisa dikatakan bahwa lemak memang membantu kita mengatasi suhu dingin.

5. Optimasi sistem pencernaan

Membantu sistem pencernaan untuk dapat bekerja lebih optimal juga merupakan salah satu fungsi lemak. Ada banyak sekali kerja lemak bagi sistem pencernaan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lemak membantu penyerapan nutrisi. Selanjutnya lemak juga melindungi dan membantu organ seperti lambung dan organ lainnya agar dapat bergerak lebih lancar.

Lemak juga membantu pencernaan berlangsung lebih lama bagi Anda yang juga ingin merasakan kenyang lebih lama. Selanjutnya lemak juga membantu proses pembuangan sisa makanan dengan cara melancarkan buang air besar.

6. Pembentukan sel tubuh

Salah satu komponen yang menyusun membran sel adalah lemak. Sel yang sempurna adalah sel yang terbentuk dengan komponen yang lengkap sehingga sel tersebut pun dapat bekerja dengan baik. Maka dari itu fungsi lemak dalam pemeliharaan dan juga pembentukan sel yang baru dalam tubuh sangatlah penting.

7. Produksi hormon

Selain sebagai komponen pembentuk sel, lemak juga memiliki peran penting dalam produksi hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah dan juga gangguan bagi tubuh. Jadi, dapat dikatakan bahwa lemak memiliki peran penting untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

8. Baik untuk kesehatan rambut dan kulit

Fungsi lemak yang satu ini berkaitan dengan fungsi lemak dalam penyerapan vitamin. Berbagai vitamin yang dibantu penyerapannya oleh lemak tersebut memiliki berbagai peran untuk tubuh, salah satunya adalah untuk memelihara kesehatan rambut dan kulit.

9. Menurunkan berat badan

Terdapat beberapa metode diet yang mengharuskan Anda untuk mengonsumsi lemak lebih banyak seperti diet atkins, diet keto, hingga bulletproof diet. Hal ini menunjukkan bahwa salah satu fungsi lemak adalah dapat membantu program diet Anda. Namun, diet tinggi lemak harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan aturannya agar tidak berbahaya bagi tubuh.

Melihat banyaknya fungsi lemak yang sudah disebutkan di atas, membuktikan bahwa lemak sangatlah penting bagi tubuh. Meskipun begitu, konsumsi lemak harus dilakukan dengan bijak. Anda harus dapat membedakan asupan lemak yang baik dan juga tidak baik bagi tubuh. Jangan lupa juga untuk selalu menyeimbangkan konsumsi lemak dengan nutrisi penting lainnya bagi tubuh.