Apakah Janggut Hanya untuk Aksesori Wajah Pria Saja?

doktersehat janggut pria

DokterSehat.Com – Selama ini kita selalu menganggap kalau janggut atau rambut yang tumbuh di dagu sebagai aksesori dari pria saja. Dengan memiliki janggut pria akan terlihat lebih manly dan dewasa. Beberapa pria bahkan sengaja memanjangkan rambut di wajahnya untuk menarik perhatian lawan jenis.

Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah rambut di wajah pria tumbuh hanya untuk aksesori semata? Apakah ada manfaat lain dari rambut di wajah pria sepertinya rambut kemaluan yang bisa mengurangi gesekan dan juga mencegah adanya bakteri untuk masuk?

Jawabannya adalah ada. Rambut di dagu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa kelebihan yang didapatkan pria dari rambut yang ada di janggut.

  1. Melindungi wajah dari sinar matahari

Wajah rentan sekali terkena cahaya matahari yang sangat terik. Karena pria sering bekerja di luar ruangan, kesempatan tersengat sinar ultraviolet yang berbahaya akan besar. Kalau Anda pria memiliki rambut di wajah yang cukup tebal, cahaya yang berbahaya tidak akan mudah menembus hingga ke kulit.

Jadi, rambut di dagu tidak hanya untuk aksesori saja. Pria bisa jauh lebih sehat dengan rambut yang tebal di wajahnya. Namun, ada satu aturan yang harus diperhatikan oleh pria sebelum melindungi wajahnya sinar matahari. Kesehatan dari rambut juga harus diperhatikan mulai dari membuatnya selalu bersih setiap hari.

  1. Menghangatkan area wajah saat dingin

Proteksi atau perlindungan dari rambut di dagu tidak berhenti di sana saja. Pria yang hidup di lingkungan dingin atau negara dengan empat musim akan sering mengalami kedinginan. Rambut di wajah akan bekerja maksimal untuk mencegah penurunan suhu yang terlalu ekstrem di wajah sehingga pria akan tetap hangat.

Selain dingin karena musim, rambut di wajah juga mencegah dingin dari angina yang berembus. Pria cukup mengenakan pakaian hangat dan area di wajah tidak perlu menggunakan syal lagi karena sudah terlindungi dengan baik oleh janggut.

  1. Menurunkan risiko infeksi bakteri

Seperti yang kita tahu, rambut kemaluan memiliki fungsi untuk menghindari infeksi akibat bakteri. Mikroorganisme dari luar akan disaring oleh rambut sehingga tidak mengenai kulit dan menyebabkan infeksi yang cukup parah. Infeksi ini bisa membuat kulit jadi merah dan muncul bisul.

Jika pria pernah menyadari, mereka akan jarang mengalami masalah kulit di janggut, Jerawat juga jarang muncul di sana meski kalau jarang dicuci janggut sering memunculkan rasa gatal.

  1. Mencegah gangguan tenggorokan

Sebagai penyaring bakteri dan virus yang berasal dari luar, fungsi dari janggut tidak berhenti untuk mencegah munculnya jerawat saja. Ada fungsi lain yang jauh lebih besar dan berhubungan langsung dengan sistem pernapasan.

Janggut bisa mencegah munculnya gangguan di tenggorokan. Bakteri akan susah masuk sehingga kondisi seperti flu atau infeksi saluran pernapasan atas tidak akan terjadi dengan mudah.

  1. Meningkatkan kehidupan seks

Janggut yang tebal akan memberikan efek menarik pada pria khususnya secara seksual. Pasangan akan lebih bergairah kalau melihat pria dengan rambut di wajah tebal dan tertata dengan rapi.

Efek pada pria, janggut berkorelasi dengan testosteron, hormon ini memberikan kenaikan libido yang signifikan. Pria akan mudah mendapatkan ereksi dan melakukan seks dengan hebat. Beberapa pendapat mengatakan kalau rambu tebal pada pria menyimpan kadar feromon yang cukup besar sehingga kepercayaan diri mereka meningkat.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau janggut itu memiliki banyak manfaat untuk pria. Tidak hanya sekadar terlihat macho saja.