8 Fungsi Ginjal yang Sangat Penting bagi Tubuh Manusia

inilah-fungsi-ginjal-doktersehat
Photo sourcE: Thestatesman.com

DokterSehat.Com – Apakah kamu tahu bahwa ginjal memiliki beberapa fungsi yang sangat penting? Fungsi ginjal begitu penting terutama di dalam proses ekskresi tubuh. Banyak pendapat mengatakan bahwa ginjal adalah organ ekskresi utama selain paru-paru. Apabila ginjal memiliki masalah maka kesehatan tubuh akan terganggu bahkan bisa meninggal.

Ketahuilah lebih dalam mengenai fungsi ginjal sehingga kamu lebih menjaga ginjal yang sekarang kamu miliki ini. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang informasi singkat ginjal, struktur ginjal, fungsi ginjal, dan jenis-jenis gangguan fungsi ginjal.

Sekilas tentang ginjal

Ginjal adalah organ yang terletak di bawah tulang rusuk. Bentuk ginjal menyerupai kacang dengan warna merah keunguan. Besarnya ginjal seperti kepalan tangan atau lebih tepatnya memiliki ukuran panjang sekitar 11 cm, lebar 5 cm, tebal sekitar 4 cm, dan berat sekitar 130-170 gram.

Tidak semua orang memiliki ukuran dan berat ginjal seperti itu. Hal ini dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, dan ukuran tubuh. Umumnya, setiap manusia memiliki 2 ginjal yang terletak di sisi kanan dan sisi kiri.

Struktur anotomi ginjal

Ginjal merupakan sebuah organ yang memiliki struktur yang kompleks. Pada setiap ginjal manusia terdapat sekitar satu juta nefron. Nefron merupakan bagian yang memiliki kontribusi penting terhadap fungsi ginjal.

Di dalam setiap nefron terdapat sebuah badan malphigi. Pada setiap badan malphigi terdapat sebuah kapsul yang disebut kapsul bowman. Di dalam kapsul bowman inilah terdapat glomerulus yang memiliki fungsi penting.

Selain nefron, setiap ginjal dilengkapi juga memiliki tubulus ginjal, korteks, medula, dan pelvis, dan ureter. Di dalam tubulus ginjal terdapat tubulus kontortus proksimal, lengkung Henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus. Ginjal juga memiliki arteri dan vena yang terletak di pelvis.

Fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh

Ginjal merupakan salah organ yang sangat penting. Hal ini dikarenakan ginjal memiliki beberapa fungsi yang sangat penting. Fungsi ginjal yang sangat penting ternyata tidak hanya untuk mengeluarkan limbah hasil metabolisme tubuh melalui urin. Ternyata ginjal masih memiliki banyak fungsi penting lainnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh manusia:

1. Membuang limbah hasil metabolisme tubuh

Fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh adalah untuk membuang limbah sebagai produk sisa hasil metabolisme tubuh. Aliran darah yang masuk ke ginjal akan disaring. Di dalam aliran darah yang masuk ke ginjal tersebut terdapat banyak limbah yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Berbagai limbah tubuh tersebut seperti urea, asam urat, kreatinin, senyawa kimia yang beracun, pigmen, bahan aktif berbagai obat yang dikonsumsi, dan lainnya. Apabila limbah itu tidak dibuang maka bisa membahayakan tubuh. Inilah fungsi ginjal yang sangat penting agar tubuh tetap dalam kondisi baik.

2. Mengatur keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh

Keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting dijaga. Tubuh harus mampu menyeimbangkan air dan elektrolit yang diambil dan dikeluarkan. Jika tubuh tidak bisa melakukan hal ini maka homeostasis cairan tubuh akan terganggu.

Hal ini tentunya akan terkait dengan fungsi tubuh yang lain. Organ ginjal adalah organ yang memiliki peran penting ini. Fungsi ginjal bisa mengatur keseimbangan air dan elektrolit di dalam tubuh.

Ginjal akan mengeluarkan urin hipotonik jika tubuh kelebihan air dan mengeluarkan urin hipertonik jika tubuh kekurangan air. Urin hipotonik adalah urin yang lebih banyak kehilangan natrium daripada air, sedangkan urin hipertonik adalah urin yang lebih banyak kehilangan air daripada natrium.

3. Mengatur tekanan darah pada arteri

Ginjal juga memiliki fungsi untuk mengatur tekanan darah arteri. Hal ini dikarenakan saat ginjal mengeluarkan air dan natrium maka hal itu akan bersamaan dengan keluarnya enzim renin.

Enzim renin yang keluar ini secara otomatis mengaktifkan sebuah sistem yang disebut sistem renin angiotensin. Sistem renin angiotensin ini bisa mengontrol konsentrasi natrium dan tekanan darah arteri.

4. Fungsi ginjal bisa mengatur kadar pH

Kadar pH harus diatur agar tubuh tetap memiliki keseimbangan asam basa. Salah satu fungsi ginjal bisa untuk mengatur kadar pH yang terdapat di dalam cairan tubuh. Ginjal akan mengatur kadar pH dengan membuang yang berlebih baik kelebihan asam maupun kelebihan basa. Ion H+ dan HCO3- berkontribusi terhadap fungsi ginjal yang satu ini.

5. Mengatur keseimbangan ion-ion tubuh

Tubuh yang baik haruslah memiliki ion-ion tubuh yang seimbang. Hal ini dikarenakan keseimbangan ion tubuh sangat penting untuk fungsi saraf dan otot. Ginjal memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan ion-ion tubuh melalui kegiatan ekskresi.

6. Mengatur produksi sel darah merah

Apakah kamu tahu bila ginjal berfungsi untuk mengatur produksi sel darah merah? Sel darah merah yang diproduksi di sumsum tulang ternyata diatur oleh organ ginjal. Ginjal akan mengeluarkan hormon erythropoietin yang berguna untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang.

Jadi, jika ginjal Anda rusak maka produksi hormon erythropoietin juga akan terganggua bahkan terhenti sehingga menyebabkan gangguan pada stimulasi produksi sel darah merah. Lambat laun, hal ini pun bisa berkembang menjadi masalah anemia hingga tingkat berat.

7. Mengatur produksi vitamin D

Selain mengatur produksi sel darah merah, fungsi ginjal juga bisa untuk mengatur produksi vitamin D. Umumnya, manusia mendapatkan vitamin D dari sinar matahari atau vitamin. Akan tetapi, vitamin D tersebut masih dalam bentuk tidak aktif.

Ginjal memiliki fungsi untuk mengubah bentuk tidak aktif vitamin D tersebut menjadi sebuah zat bernama kalsitriol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D. Jadi, fungsi ginjal juga sebagai penghasil vitamin D aktif atau kalsitriol.

Kalsitriol ini sangat penting di dalam penyerapan kalsium untuk tulang. Oleh karena itu, jika ginjal Anda rusak maka penyerapan kalsium akan terganggu dan juga bisa menyebabkan gangguan pada pembentukan otot dan tulang.

8. Berperan di dalam proses pembentukan glukosa

Di saat tubuh tidak mengonsumsi karbohidrat selama satu hari penuh jangan dipikir tubuh akan mengalami kekurangan glukosa. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah proses pembentukan glukosa yang didapat melalui asam amino yang didapat dari asupan protein.

Proses ini disebut dengan istilah glukonogenesis. Ginjal memiliki peran penting pada glukonogenesis ini. Jadi, apabila ginjal Anda rusak maka proses pembentukan glukosa dari protein juga akan terganggu. Anda perlu waspada karena hal ini bisa menyebabkan kematian dalam hitungan hari.

Jenis-jenis gangguan fungsi ginjal

Sekarang Anda telah mengetahui beberapa fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh Anda. Jadi, apabila ginjal mengalami masalah apalagi gagal maka semua fungsi-fungsi tersebut juag akan terganggu. Berbagai komplikasi pun akan muncul.

Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan fungsi ginjal:

  • batu ginjal
  • kista ginjal
  • uremia
  • asidosis
  • caliectasis
  • nefritis akut
  • hidronefrosis
  • pielonefritis
  • glomerulonefritis
  • sindrom nefrotik
  • penyakit ginjal kronis
  • penyakit ginjal polikistik
  • infeksi saluran kemih
  • gagal ginjal