Penyakit Ginjal Kronis – Fungsi Ginjal Normal

kebiasaan-sepele-ini-menyebabkan-masalah-ginjal

Ginjal terdiri dari satu pasang organ, yaitu ginjal kiri dan ginjal kanan. Tiap ginjal berukuran sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan, dan mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil. Terdapat berbagai fungsi ginjal yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh.

Fungsi Ginjal Normal

  • Ginjal adalah sepasang organ berbentuk kacang yang terletak di kedua sisi tulang belakang di tengah bawah punggung.
  • Setiap ginjal beratnya sekitar 5 ons dan berisi sekitar satu juta unit penyaringan yang disebut nefron.
  • Setiap nefron terdiri dari glomerulus dan tubulus. Glomerulus adalah miniatur penyaringan atau perangkat penyaringan dan tubula adalah tabung kecil melekat pada glomerulus.
  • Ginjal terhubung ke kandung kemih melalui tabung yang disebut ureter. Urine disimpan dalam kandung kemih sampai kandung kemih kosong ketika buang air kecil. Kandung kemih terhubung ke luar tubuh melalui tabung lain disebut uretra.

Fungsi utama dari ginjal adalah untuk mengeluarkan produk limbah dan cairan berlebih dari darah. Ginjal memproses sekitar 200 liter darah setiap hari dan menghasilkan sekitar 2 liter urine. Produk limbah yang dihasilkan dari proses metabolisme normal meliputi pemecahan jaringan, hasil olahan makanan, dan zat lainnya.

Ginjal memungkinkan konsumsi berbagai makanan, obat-obatan, vitamin, suplemen makanan dan herbal,hingga zat aditif, tertentu tanpa khawatir bahwa produk toksik akan membahayakan tubuh. Ginjal juga memainkan peran utama dalam mengatur kadar berbagai mineral seperti kalsium, natrium, dan kalium dalam darah.

  • Dalam langkah pertama filtrasi ginjal, darah dikirim ke glomeruli oleh pembuluh darah mikroskopis yang disebut kapiler. Di sini, darah disaring dari produk limbah dan cairan sedangkan sel darah merah, protein, dan molekul besar dipertahankan dalam kapiler. Selain limbah, beberapa zat yang berguna juga disaring. Filtrat (hasil saringan) terkumpul dalam kantung yang disebut kapsula Bowman.
  • Tubulus adalah langkah berikutnya dalam proses filtrasi. Tubulus dilapisi dengan sel yang sangat fungsional untuk memproses filtrat, menyerap ulang air dan bahan kimia yang berguna untuk tubuh saat mengeluarkan beberapa produk limbah tambahan ke tubulus.

Ginjal juga memproduksi hormon tertentu yang memiliki fungsi penting dalam tubuh, termasuk:

  • Vitamin D bentuk aktif (calcitriol atau 1,25 dihidroksi-vitamin D) yang mengatur penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan dan meningkatkan pembentukan tulang yang kuat.
  • Erythropoietin (EPO), yang merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.
  • Renin, yang mengatur volume darah dan tekanan darah dalam hubungannya dengan aldosteron di kelenjar adrenal yang terletak tepat di atas ginjal.
Penyakit Ginjal Kronis – Halaman Selanjutnya : 1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11