Terbit: 16 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Setiap bagian tubuh kita memilki fungsinya masing-masing, bahkan bagian yang terkecil sekalipun. Karena ukurannya yang kecil, kadang keberadaan dan fungsi anggota tubuh tersebut sering kita abaikan. Salah satunya seperti alis. Apakah pernah Anda terpikirkan apa sebenarnya fungsi alis?

Beragam Fungsi Alis Mata dan Cara Merawatnya

Alis sendiri merupakan bagian wajah yang agak menonjol yang letaknya di atas mata dan ditumbuhi rambut halus. Ada memang sebagian orang yang sangat peduli dengan alis, terutama kaum wanita. Tapi umumnya kepedulian tersebut hanya seputar penampilan saja. Harus diakui memang bentuk alis yang sempurna dapat menunjang penampilan seseorang.

Tapi apa sih sebenarnya fungsi alis? Seberapa penting keberadaan alis untuk tubuh kita? Simak penjelasannya berikut ini!

Fungsi Alis Mata

Fungsi alis pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan bulu mata, yaitu untuk melindungi mata. Cairan seperti keringat, air hujan, air sisa membersihkan wajah yang jatuh ke kepala atau dahi kita akan sangat berpotensi untuk turun ke mata. Di sini lah fungsi alis dibutuhkan untuk mencegah cairan tersebut untuk masuk ke dalam mata.

Selain untuk melindungi mata dari air, tentunya melindungi mata dari berbagai debu dan kotoran lainnya juga merupakan fungsi alis. Sifat mata yang sangat sensitif dan mudah mengalami perih dan iritasi ketika bersentuhan dengan benda asing membuat mata sangat membutuhkan perlindungan dari alis dan juga bulu mata.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Selain untuk melindungi mata, fungsi alis mata lainnya ternyata adalah untuk membentuk ekspresi di wajah mulai dari sedih, senang, marah, takut, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa ekspresi merupakan salah satu Bahasa tubuh yang sangat penting. Meskipun ekspresi dibentuk oleh hampir seluruh unsur di wajah, tapi tanpa alis, tentunya ekspesi tersebut tidak akan tergambar dengan baik.

Fungsi alis mata yang terakhir tentu saja adalah untuk memperindah wajah kita. Selain tidak memiliki ekspresi, tentunya wajah tanpa alis juga akan terlihat seram. Hal ini lah yang membuat banyak orang banyak melakukan perawatan alis untuk memperindah alisnya. Tapi yang perlu Anda ingat adalah jangan sampai perawatan alis dengan tujuan untuk kecantikan justru menggaggu fungsi alis yang sebenarnya, ya!

baca juga : Tidak Hanya Rambut, Alis Juga Mengalami Kerontokan. Apa Sebabnya?

Cara Merawat Alis

Setelah mengetahui fungsi alis mata yang ternyata sangat penting untuk tubuh, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara merawat alis yang baik. Sama halnya dengan bagian rambut lainnya dalam tubuh, alis juga bisa mengalami kerontokan bahkan hingga kebotakan. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam perawatan alis!

1. Haruskah mencukur alis?

Mencukur alis memang tidak sepenuhnya dilarang, tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mencukur alis. Jangan pernah mencukur alis hingga habis karena akan sangat mengganggu fungsi alis. Mencukur alis terlalu pendek juga akan menurunkan fungsi alis. Maka dari itu sebaiknya Anda berpikir ulang terlebih dulu sebelum mencukur alis, melakukan threading, dan juga sulam alis.

2. Menebalkan alis

Alis tipis bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri. Anda bisa menebalkan alis dengan cara alami seperti menggunakan minyak kemiri, minyak kelapa, minyak zaitun, lidah buaya, hingga susu murni yang dijadikan sebagai masker alis. Selain menunjang penampilan, alis yang tebal juga tentu akan semakin menaikkan fungsi alis mata.

3. Mencegah dan mengatasi kerontokan alis

Umumnya penyabab alis rontok adalah karena penggunaan produk kosmetik yang salah, kebiasaan menggosok wajah terlalu keras, atau masalah kesehatan lainnya. Jika penyebab alis rontok adalah karena kebiasaan, maka Anda bisa mengubah kebiasaan Anda mulai dari sekarang seperti lebih memastikan bahwa produk kosmetik yang Anda gunakan aman dan cocok untuk Anda dan jangan menggosok wajah terlalu keras.

Anda bisa menumbuhkan alis kembali menggunakan cara menebalkal alis yang sudah dibahas di atas. Jika masalah alis tidak bisa diselesaikan dengan cara alami dan keadaannya semakin parah, mungkin hal tersebut disebabkan oleh kelainan dalam tubuh. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter agar segera diketahui apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda.

Jadi, sudah tahu kan betapa pentingnya alis untuk tubuh kita? Yuk, rawat alis kita agar tidak hanya jadi cantik tapi juga sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi