Freckles: Penyebab, Jenis, Cara Mengatasi

freckles-doktersehat

DokterSehat.Com – Bintik-bintik di wajah yang biasa muncul di sekitar hidung dan pipi biasa disebut dengan freckles. Kondisi ini tidak berbahaya, tapi sering kali mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab freckles muncul? Bagaimana cara mengatasi freckles? Simak jawabannya dalam artikel ini!

Apa Itu Freckles?

Freckles adalah bintik-bintik berwarna gelap pada kulit yang disebabkan oleh pigmentasi kulit yang tidak merata. Freckles terbentuk karena peningkatan jumlah pigmen melanin atau peningkatan jumlah sel penghasil pigmen yang disebut dengan melanosit.

Freckles paling sering muncul di wajah, tapi dapat juga muncul di bagian tubuh lain yang terpapar sinar matahari seperti leher, bahu, lengan, dan tungkai. Freckles dapat muncul pada usia berapa saja, namun ada pula jenis freckles bawaan dapat muncul pada anak mulai dari usia 1 atau 2 tahun.

Penyebab Freckles

Penyebab freckles secara umum adalah pigmentasi kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan freckles adalah faktor genetik. Orang yang mempunyai faktor genetik akan lebih rentan terhadap paparan sinar matahari, sehingga lebih mudah terbentuk freckles.

Seseorang yang memiliki kulit yang lebih putih dan memiliki lebih sedikit melanin di kulit lebih berisiko memiliki freckles apabila terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus.

Jenis Freckles

Freckles dapat mengacu pada beberapa kondisi kulit. Terdapat tiga jenis kondisi kulit yang paling umum disebut sebagai freckles yaitu solar lentigo, melasma, dan ephelids. Berikut adalah penjelasan tentang ketiga jenis freckles tersebut:

1. Solar lentigo

Solar lentigo dikenal juga dengan istilah flek hitam. Penyebab freckles yang satu ini adalah dari paparan sinar matahari. Ciri-ciri solar lentigo adalah sebagai berikut ini:

  • Flek dengan warna cokelat hingga cokelat tua, jenis freckles ini paling gelap jika dibandingkan jenis lainnya.
  • Mempunyai diameter ukuran yang lebih kecil.
  • Umumnya muncul sebagai salah satu tanda penuaan, usia 40 tahun ke atas.
  • Tidak dapat hilang dengan sendirinya dan tidak bergantung pada musim, akan terus bertahan di wajah jika tidak ditangani

2. Melasma

Jenis freckles yang kedua adalah melasma. Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, melasma juga dapat disebabkan oleh faktor lain seperti perubahan hormon yang mungkin disebabkan oleh kehamilan, pengobatan hormon, atau konsumsi pil KB.

Ciri-ciri dari melasma adalah sebagai berikut ini:

  • Flek dengan ukuran lebih luas jika dibandingkan dengan jenis freckles lainnya (dapat membentuk pulau kecokelatan pada kedua tulang pipi).
  • Memiliki warna cokelat muda atau cokelat keabuan.
  • Paling sering muncul di hidung dan pipi, dapat juga muncul di bagian dahi dan dagu.

3. Ephelids

Ephelids adalah jenis freckles yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Jenis satu ini yang paling mungkin muncul pada anak-anak. Berikut adalah ciri-ciri dari ephelids:

  • Merupakan kondisi bawaan, umumnya seseorang dengan ephelids memiliki rambut merah dan mata berwarna hijau. Paling sering muncul pada orang kulit putih atau ras Kaukasian.
  • Bintik berwarna cokelat muda atau kemerahan, warna yang paling terang jika dibandingkan dengan jenis freckles lainnya.
  • Dapat terpengaruh oleh sinar matahari. Freckles ini dapat muncul pada musim panas dan hilang dengan sendirinya ketika musim berganti.

Diagnosis Freckles

Diagnosis freckles dimulai dengan pemeriksaan fisik. Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti sejak kapan gejala muncul, bagaimana keseharian Anda, apakah Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda terpapar sinar matahari terus-menerus.

Dokter mungkin akan menggunakan alat yang disebut dengan dermoskopi untuk melihat freckles lebih detail. Penggunaan dermoskopi dapat membantu untuk membedakan tipe freckles.

Cara Menghilangkan Freckles

Freckles dapat dicegah agar tidak memburuk dan dapat juga disamarkan atau bahkan dihilangkan dengan beberapa cara. Berikut adalah cara menghilangkan freckles yang dapat Anda coba!

1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Jika tidak ingin freckles memburuk, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung, terutama pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Jika harus beraktivitas di luar, Anda dapat menggunakan pelindung seperti topi atau baju yang lebih tertutup. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunscreen.

Penggunaan sunscreen dapat mencegah freckles bertambah banyak. Gunakanlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan yang mampu untuk melindungi dari sinar UVA dan UVB. Sunscreen sebaiknya digunakan 20-30 menit sebelum keluar rumah. Jenis sunscreen berbeda-beda, tapi rata-rata harus diaplikasikan ulang setiap 3 hingga 4 jam.

Gunakan sunscreen sesuai dengan karakter dan kebutuhan kulit Anda. Sunscreen untuk kulit berminyak atau kulit kering dan sensitif tentunya berbeda. Penggunaan sunscreen waterproof juga diperlukan untuk aktivitas tertentu, seperti berenang.

2. Perawatan di rumah

Beberapa produk alami dipercaya mampu untuk membantu menyamarkan freckles. Jika ingin melakukan perawatan di rumah, berikut beberapa pilihan bahan alami yang bisa Anda pilih:

  • Lemon, kandungan vitamin C dalam lemon dipercaya mampu untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan freckles.
  • Madu, sifat antioksidan pada madu dipercaya dapat membantu meremajakan kulit sehingga freckles juga tersamarkan.
  • Lidah buaya, kandungan asam salisilat dan aloin dalam lidah buaya dapat membantu memudarkan bintik-bintik pada wajah.

3. Obat-obatan topikal

Selain dengan melindungi kulit dari sinar matahari, cara menghilangkan freckles selanjutnya adalah dengan menggunakan obat topikal yang bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter. Berikut adalah beberapa jenis obat yang mungkin diberikan:

  • Retinoid dan turunannya (tretinoin, tazarotene, adapalene), berguna untuk mempercepat regenerasi kulit.
  • Hydroquinone, berfungsi untuk mencerahkan warna kulit
  • Vitamin C, berfungsi untuk memutihkan kulit.

Penggunaan krim obat-obatan ini harus disesuaikan dengan jenis kulit dan dilakukan secara rutin. Perubahan mungkin baru akan terlihat setelah penggunaan beberapa bulan dan harus di bawah pengawasan dokter karena krim tersebut mempunyai efek samping terutama untuk penggunaan jangka panjang.

4. Prosedur kecantikan

Cara menghilangkan freckles selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa prosedur kecantikan. Beberapa jenis tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi freckles adalah seperti berikut ini:

  • Mikrodermabrasi, tindakan eksfoliasi kulit menggunakan kristal-kristal mikro untuk mengangkat sel kulit mati dan permukaan kulit bagian atas.
  • Chemical peeling, penggunaan cairan yang mempunyai pH asam untuk membantu eksfoliasi atau pengelupasan kulit.
  • Intense pulse lights (IPL), terapi menggunakan cahaya lampu berintensitas tinggi untuk membantu meremajakan kulit.
  • Laser, penggunaan teknologi laser juga dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan freckles dengan cara memecah melanin (pigmen hitam pada kulit) menjadi partikel yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk dihilangkan. Tindakan laser memberikan hasil yang cenderung lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan dengan tindakan lainnya.
  • Cryosurgery, penggunaan nitrogen untuk membekukan jaringan kulit yang ingin disingkirkan.

Sama halnya seperti penggunaan obat, perawatan ini juga harus dilakukan secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

Sumber:

  1. What to know about freckles – https://www.medicalnewstoday.com/articles/323471.php diakses 28 Mei 2019
  2. Freckles Рhttps://www.medicinenet.com/freckles/article.htm#freckles_facts diakses 28 Mei 2019