Terbit: 22 Juni 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Fluvir adalah adalah obat antivirus yang mengandung zat aktif oseltamivir. Ketahui fungsi fluvir 75 mg, dosis, hingga efek samping selengkapnya di bawah ini.

Fluvir 75 mg: Fungsi, Efek Samping, Dosis, Aturan Pakai, dll

Rangkuman Informasi Obat Fluvir 75 mg

Nama obat Fluvir 75 mg
Golongan obat Antivirus
Kategori obat Obat resep
Tingkat keamanan obat bagi ibu hamil dan menyusui Studi pada binatang memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat  ini hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin

Zat aktif fluvir diketahui sedikit diserap ke dalam ASI. Bagi ibu menyusui disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya

Fungsi obat Mengobati infeksi virus influenza tipe A dan B
Kontraindikasi obat Jika Anda memiliki alergi terhadap bahan obat ini
Dosis Sesuai petunjuk dokter
Harga obat Rp. 24.000/kapsul

Fluvir 75 mg Obat Apa?

Fluvir adalah obat antivirus yang digunakan dalam pengobatan infeksi virus influenza tipe A (termasuk virus influenza H1N1) dan B. Obat ini digunakan untuk mengobati dan mencegah gejala influenza pada orang dewasa dan anak-anak. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati influenza tanpa komplikasi selama pandemi influenza.

Oseltamivir memberikan aktivitas antivirusnya dengan menghambat aktivitas enzim neuraminidase virus yang ditemukan di permukaan virus, sehingga mencegah tunas dari sel inang, replikasi virus, dan infektivitas.

Merek Dagang Fluvir 75 mg

Di pasaran obat ini bisa dipasarkan dengan merek dagang lainnya seperti:

Fungsi Obat Fluvir 75 mg

Fluvir mengandung oseltamivir yang termasuk dalam kelompok obat yang disebut neuraminidase inhibitor yang digunakan dalam pengobatan infeksi influenza (flu) pada orang dewasa, remaja, anak-anak, dan bayi.

Influenza atau juga dikenal sebagai flu adalah infeksi virus umum yang sering disertai tanda-tanda seperti demam mendadak, batuk, pilek, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan yang ekstrem.

Oseltamivir bekerja dengan cara mencegah penyebaran virus flu di dalam tubuh dan meredakan gejala infeksi virus flu.

Peringatan Fluvir 75 mg

Sebelum minum obat ini, beri tahu dokter jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, masalah jantung, atau ginjal. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, Anda harus memberi tahu dokter untuk memutuskan apakah obat ini tepat atau tidak.

Konsumsi obat ini harus dipantau secara ketat untuk setiap perubahan perilaku seperti delusi, halusinasi, agitasi, kecemasan, atau mimpi buruk. Jika Anda mengalaminya, segera konsultasi  dengan dokter.

Perlu diketahui, obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan pada wanita hamil kecuali diperlukan. Sedangkan obat ini direkomendasikan untuk digunakan pada wanita menyusui hanya jika benar-benar diperlukan. Semua risiko dan manfaat harus didiskusikan dengan dokter sebelum minum obat ini.

Interaksi Obat Fluvir 75 mg

Beri tahu dokter tentang semua obat, vitamin, dan suplemen herbal yang digunakan agar dokter dapat membantu mencegah atau mengelola interaksi obat. Konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda mengonsumsi:

  • Chlorpropamide. Obat yang digunakan untuk mengobati diabetes.
  • Methotrexate. Obat yang digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis.
  • Phenylbutazone. Obat yang digunakan untuk mengobati rasa sakit dan peradangan.
  • Probenecid. Obat yang digunakan untuk mengobati asam urat.
  • Entecavir. Obat yang digunakan untuk mengatasi hepatitis B kronis.

Selain itu, gunakan fluvir dengan hati-hati saat mengonsumsi obat yang diekskresikan melalui ginjal dengan batas terapeutik yang sempit, misalnya klorpropamid, metotreksat, fenilbutazon. Selain itu, obat ini tidak boleh digunakan bersamaan dengan vaksin hidup, harus ada jeda 2 minggu sebelum menggunakannya.

Baca Juga: Vaksin Influenza: Manfaat, Jenis, Jadwal, Harga, dll

Efek Samping Fluvir 75 mg

Berikut adalah efek samping mungkin terjadi saat mengonsumsi obat ini, antara lain:

  • Mual.
  • Muntah.
  • Diare.
  • Hepatitis.
  • Kegelisahan.
  • Agresi.
  • Kebingungan.
  • Mimpi buruk.
  • Sakit perut.
  • Irama jantung tidak teratur.
  • Fungsi hati yang tidak normal.
  • Peningkatan kadar gula darah.
  • Reaksi alergi yang parah seperti pembengkakan wajah atau lidah.

Dosis Fluvir 75 mg

Penting untuk diketahui, dosis penggunaan setiap orang berbeda-beda tergantung seberapa berat penyakit yang diderita. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini. Dokter akan memutuskan dosis dan durasi yang tepat untuk Anda tergantung pada usia, berat badan, dan kondisi kesehatan.

Dosis untuk mengobati influenza

  • Dewasa >13 tahun: 1 kapsul 2 x sehari.
  • Lakukan pengobatan selama 5 hari atau hingga waktu yang ditentukan oleh dokter.

Dosis untuk mencegah influenza

  • Dewasa >13 tahun: 1 kapsul 1 x sehari.
  • Lakukan pengobatan untuk pencegahan selama 10 hari setelah Anda pertama kali kontak dengan penderita influenza.

Penting untuk diketahui, gejala overdosis biasanya sama dengan efek samping. Jika Anda merasa telah meminum terlalu banyak obat ini dan mengalami gejala-gejala tersebut, segera dapatkan bantuan medis.

Sementara bagi Anda yang melewatkan jadwal mengonsumsi obat ini, disarankan untuk segera meminumnya begitu ingat, terutama jika tidak terlalu mendekati dosis berikutnya. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Cara Pakai Obat Fluvir 75 mg

Ikutilah saran yang diberikan dokter sebelum mengonsumsi abat ini. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis obat tanpa seizin dokter. Obat ini dapat bekerja dengan efektif jika diminum dua hari setelah terpapar virus influenza.

Petunjuk Penyimpanan Fluvir 75 mg

Simpan obat dengan baik dan jangan menyimpan sembarangan karena bisa merusak atau mengurangi fungsi obat. Berikut adalah beberapa petunjuk penyimpanan obat yang baik dan benar:

  • Simpan pada suhu kamar yang jauh dari kelembapan dan panas.
  • Simpan obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Tanyakan pada apoteker bagaimana cara membuang obat yang rusak dengan aman. Segera buang obat apabila sudah memasuki masa kedaluwarsa.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

Dapatkan obat Fluvir 75 mg dan vitamin lainnya di apotek online Farmaku dengan harga terjangkau dan promo tambahan. Apotek Farmaku adalah apotek online terpercaya yang juga menyediakan jasa gratis ongkir untuk pembelian paket vitamin dan obat untuk isolasi mandiri COVID-19 ke wilayah Jakarta.

 

  1. Anonim. Fluvir 75mg Capsule 10’S. https://www.netmeds.com/prescriptions/fluvir-75mg-capsule-10-s. (Diakses pada 22 Juni 2021).
  2. Anonim. Fluvir 75 mg Capsule. https://www.practo.com/medicine-info/fluvir-75-mg-tablet-37671. (Diakses pada 22 Juni 2021).
  3. Anonim. Fluvir. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/fluvir?type=brief&lang=id. (Diakses pada 22 Juni 2021).
  4. Anonim. Oseltamivir. https://go.drugbank.com/drugs/DB00198. (Diakses pada 22 Juni 2021).
  5. Anonim. Fluvir Kapsul. https://www.farmaku.com/product/fluvir-kapsul. (Diakses pada 22 Juni 2021).
  6. B L, Abhishek. Fluvir 75mg Capsule. https://pharmeasy.in/online-medicine-order/fluvir-75mg-capsule-12751. (Diakses pada 22 Juni 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi