Obat Flucadex – Indikasi, Komposisi, & Dosis

flucadex-doktersehat

DokterSehat.Com – Flucadex obat apa? Obat Flucadex adalah obat yang diresepkan untuk gejala sakit kepala dan keluhan pegal-pegal serta demam, terutama yang berkaitan dengan flu dan infeksi saluran napas lainnya.

Fungsi Flucadex adalah untuk meredakan berbagai jenis gejala yang disebabkan oleh flu. Manfaat Flucadex juga untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, hidung tersumbat dan pegal-pegal. Obat Flucadex tersedia dalam bentuk kaplet atau tablet dan sirup.

Komposisi Flucadex

  • Flucadex kaplet / flucadex tablet: Paracetamol, glycery guaiacolate, phenylpronaloamine HCl, dextromethorphan HBr, chlorpheniramine maleat
  • Flucadex sirup: Paracetamol, glycery guaiacolate, phenylpronaloamine HCl, dextromethorphan HBr, chlorpheniramine maleat

Untuk sediaan kaplet, mengandung komposisi Flucadex:

  • Paracetamol 500 mg.
  • Glyceryl guaiacolate 50 mg.
  • Phenylpronaloamine HCl 15 mg.
  • Dextromethorphan HBr 15 mg.
  • Chlorpheniramine maleat 1 mg.

Untuk sediaan sirup, setiap 5 ml mengandung komposisi Flucadex:

  • Paracetamol 250 mg
  • Glyceryl guaiacolate 50 mg
  • Phenylpronaloamine HCl 7,5 mg
  • Dextromethorphan HBr 7,5 mg
  • Chlorpheniramine maleat 0,5 mg

Cara Kerja Obat Flucadex

Cara kerja Flucadex berkaitan dengan komposisi obat Flucadex. Paracetamol merupakan obat yang aman untuk menurunkan demam (antipiretik) dan pereda nyeri (analgetik) sehingga obat flucadex adalah obat yang cocok untuk sakit kepala dan keluhan pegal-pegal serta demam, terutama yang terkait dengan flu dan infeksi saluran napas lainnya.

flucadex-doktersehat
Photo Credit: Osadha Graha Sejahtera

Gliseril guaiacolat merupakan obat pengencer dahak (ekspektoran) supaya dahak mudah dikeluarkan. Efeknya, dahak menjadi lebih encer dan lebih banyak, namun lebih mudah dikeluarkan.

Chlorpheniramine maleat merupakan obat golongan antihistamin generasi I yang digunakan untuk mengatasi alergi seperti hidung gatal, hidung tersumbat, bersin, mata berair.

Chlorpheniramine maleat bersinergi dengan fenilpropanolamin untuk memberikan efek dekongestan yang lebih besar dan meredakan saluran napas lebih lama. Dengan meningkatnya aliran ingus di hidung, selain bernapas lebih lega, infeksi sekunder karena bakteri dan mencegah komplikasi yang terkait hidung tersumbat. Obat ini juga memiliki efek samping mengantuk.

Dextromethorphan HBr merupakan obat batuk antitusif yang bermanfaat untuk meredakan batuk.

Fenilpropanolamin HCl l, merupakan obat dekongestan yang meredakan gejala hidung tersumbat sehingga pasien dapat bernapas dengan lega. Fenilpropanolamin memberikan durasi kerja 7 jam dalam meredakan saluran napas. Dari segi keamanan klinis, obat ini cenderung lebih ringan dalam menyebabkan rangsangan otak yang mengakibatkan kegelisahan atau insomnia.

Sediaan: Kaplet dan sirup

Indikasi Obat Flucadex

Obat ini untuk meredakan berbagai gejala yang disebabkan oleh penyakit flu seperti hidung tersumbat, sakit kepala, pegal-pegal, dan demam yang disebabkan oleh flu, dan infeksi saluran napas akut. Obat ini juga digunakan untuk mengatasi gejala bersin-bersin, sinusitis, dan masalah terkait pernapasan lainnya. Obat ini juga mengandung DMP dan GG yang bermanfaat untuk meredakan batuk disertai mengencerkan dahak terkait infeksi saluran napas akut.

Dosis Flucadex/Penggunaan Flucadex

Dosis Flucadex untuk sediaan kaplet:

  • Dewasa: 1 kaplet sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Anak-anak usia 6-12 tahun: ½ kaplet sebanyak 3 kali dalam sehari.

Dosis Flucadex untuk sediaan sirup:

  • Dewasa: 2 sendok takar obat (10 ml) sebanyak 3 kali dalam sehari
  • Anak-anak 6-12 tahun: 1 sendok takar obat (5 ml), diberikan 3 kali sehari, sesuai resep dokter

Kontraindikasi Penggunaan Obat Flucadex

  • Pasien yang mengkonsumsi inhibitor monoamin oksidase (MAOi)
  • Hipersensitivitas terhadap komponen yang ada pada Flucadex.
  • Pasien yang mengonsumsi obat Flucadex dengan kondisi berikut: penyakit koroner berat atau penyakit kardiovaskuler (meliputi infark miokardium, yaitu kondisi sumbatan pembuluh darah pada jantung), hipertensi berat, dan takikardi ventrikel.
  • Pemberian berulang dikontraindikasikan pada pasien dengan penyakit anemia atau gangguan jantung-paru, ginjal, dan penyakit hati

Demikian informasi mengenai obat pereda flu yang disertai demam dan sakit kepala yaitu obat Flucadex. Anda dapat mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter atau pun mencermati petunjuk yang tertera di dalam kemasan. Jika sakit flu berlarut-larut atau tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Perlu Anda ingat, tidak semua orang dapat mengonsumsi Flucadex untuk menyembuhkan penyakit flu. Anda harus melihat kontradiksi yang sudah dijelaskan di atas supaya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi Flucadex. Jangan menggunakan Flucadex dalam jangka panjang. Seperti yang telah dipaparkan di atas, jika sakit yang muncul berlarut-larut atau tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang obat Flucadex, silakan klik halaman selanjutnya.

Obat Flucadex – Halaman Selanjutnya :   1   2