Terbit: 4 Desember 2019 | Diperbarui: 5 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar kelakar yang menyebut kaum pria cenderung lebih mudah merasa lemah dan hanya ingin beristirahat saat sedang terkena flu. Sebaliknya, kaum hawa masih bisa melakukan aktivitas rumah tangga meskipun terkena penyakit ini. Penelitian terbaru ternyata menunjukkan bahwa flu memang akan berlangsung lebih parah saat menyerang kaum pria. Apa alasannya?

Flu Berlangsung Lebih Parah pada Pria

Flu Lebih Parah Menyerang Pria

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal BMJ dengan judul The Science Behind “Man Flu” membuktikan bahwa dampak flu yang dialami oleh kaum pria memang jauh lebih parah dibandingkan dengan dialami oleh kaum pria. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan sistem kekebalan di dalam tubuh wanita yang jauh lebih kuat.

Hal ini akan membuat virus influenza yang menyerang saluran pernapasan akan membuat dampak yang jauh lebih besar pada kaum pria. Mereka akan mengalami gejala kepala pusing dan berat, hidung tersumbat, dan gejala lain yang membuat tubuh terasa tidak bugar dan hanya ingin tidur seharian. Sebaliknya, kaum hawa masih bisa kuat melakukan beberapa aktivitas seperti biasa.

Selain itu, banyak kaum pria yang langsung berusaha untuk mengatasi flu dengan cara minum obat. Masalahnya adalah obat-obatan ini cenderung memberikan efek samping berupa tubuh yang mengantuk. Hal inilah yang kemudian membuat mereka seperti ingin tidur seharian.

Melihat fakta ini, tak perlu malu jika kita memang ingin beristirahat atau mengambil cuti saat terkena flu. Dengan beristirahat total, maka tubuh akan lebih cepat sembuh dan kita pun akan bisa melakukan aktivitas seperti semula.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Tips Cepat Memulihkan Diri dari Flu

Mengingat flu bisa menjadi masalah kesehatan yang cukup merepotkan, ada baiknya kita segera mencari cara agar bisa segera pulih dari masalah kesehatan ini.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya.

  1. Memperbanyak Asupan Air Putih

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setidaknya 8 gelas setiap hari demi mencegah dehidrasi. Saat flu, kita juga sebaiknya memenuhi hal ini. Bahkan, jika perlu, kita juga bisa menambah porsinya. Keberadaan air ini bisa membantu membilas tenggorokan dari berbagai kuman dan bakteri sehingga akan membantu proses pemulihan flu berjalan dengan lebih cepat.

Hanya saja, sebaiknya kita mengonsumsi air hangat demi membuat lendir di dalam saluran pernapasan lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Tak hanya air putih hangat, air jeruk hangat, jahe hangat, atau teh hangat juga bisa kita konsumsi.

  1. Memperbanyak Istirahat

Beristirahatlah jika flu dirasa cukup berat. Dengan melakukannya, hal ini akan memberikan kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memperkuat diri dan melawan berbagai macam kuman dan virus yang menyebabkan datangnya masalah kesehatan ini. Hal ini juga bisa mencegah stres yang bisa menyebabkan peradangan berlangsung lebih lama.

  1. Memperbanyak Asupan Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan tinggi kandungan nutrisi seperti vitamin dan antioksidan yang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Hal ini tentu akan membantu proses pemulihan flu berlangsung dengan lebih cepat.

  1. Berkumur

Berkumur dengan menggunakan air garam yang sudah diberi garam bisa dijadikan pilihan untuk membasmi kuman yang ada di dalam tenggorokan sekaligus membantu agar flu bisa segera bisa mereda.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki aroma yang bisa membuat saluran pernapasan lega. Kita bisa mengoleskannya pada hidung atau leher demi membuat tubuh lebih nyaman dan lebih cepat pulih.

 

Sumber:

  1. Sue, Kyle. 2017. The science behind “man flu”. bmj.com/content/359/bmj.j5560. (Diakses pada 4 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi