Terbit: 22 April 2021 | Diperbarui: 23 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Benang gigi atau dental floss adalah tali khusus untuk membersihkan sisa makanan atau plak di sela gigi. Yuk, simak penjelasan selengkapnya tentang bagaimana cara menggunakan dental floss!   

Cara Menggunakan Benang Gigi yang Baik dan Benar

Apa Itu Benang Gigi?

Dental floss atau benang gigi adalah tali filamen khusus untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi yang tak terjangkau oleh sikat atau obat kumur. Ini dapat membantu mengurangi jumlah bakteri dan terbentuknya plak pada gigi. Plak adalah lapisan lengket yang menumpuk dan menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi.

Benang gigi dapat mencapai seluruh permukaan gigi dengan maksimal sehingga kemungkinan dapat mengurangi plak dan karang gigi. Jika rajin menggunakan dental floss, maka gigi akan jauh lebih kuat, lebih bersih, sekaligus terlihat lebih cantik. Gigi juga tidak akan mudah rusak karena minimnya konsentrasi bakteri atau plak.

Cara Menggunakan Benang Gigi

Penting bagi Anda untuk membersihkan benang dengan baik dan benar. Flossing yang tidak tepat berpotensi merusak gigi dan gusi. Jadi, jika tidak yakin tentang cara yang tepat untuk membersihkan sela gigi, ikuti panduan bagaimana cara terbaik membersihkan dental floss.

Berikut ini langkah dan cara menggunakan benang gigi:

  • Gunakan sekitar 45-60 cm benang.
  • Untuk memegang benang dengan benar, gulung sebagian besar benang di sekitar kedua jari tengah. Sisakan hanya sekitar 2-5 cm untuk gigi.
  • Pegang benang dengan kencang menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.
  • Tempatkan dental floss pada sela atau di antara dua gigi.
  • Geser benang ke atas dan ke bawah dengan lembut, gosokkan pada kedua sisi setiap gigi.
    Hati-hati, jangan memasukkan benang ke dalam gusi. Ini bisa membuat gusi tergores atau memar.
  • Saat mencapai gusi, lengkungkan dental floss di pangkal gigi untuk membuat bentuk C.
    Hal ini memungkinkannya masuk ke ruang antara gusi dan gigi.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut saat berpindah dari satu gigi ke gigi lainnya. Untuk setiap gigi, gunakan bagian dental floss yang baru dan bersih.

Cara Menggunakan Benang Gigi untuk Pengguna Behel

Memakai dental floss bagi pengguna behel atau kawat gigi bisa mengalami kesulitan, dan membutuhkan lebih banyak waktu daripada membersihkan gigi tanpa behel. Jika menggunakan dental floss biasa, mungkin membutuhkan waktu 10-15 menit untuk membersihkan gigi dengan benang. Dengan cara ini, sebaiknya pilih benang lilin yang kecil kemungkinannya untuk robek dan tersangkut pada behel.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan benang gigi untuk pemakai behel:

  1. Gunakan sekitar 45-60 cm benang yang dilapisi lilin.
  2. Berdirilah di depan cermin sehingga dapat memastikan benang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Mulailah memasang benang pada sela gigi dan kawat utama. Putar ujungnya di sekitar jari telunjuk sehingga bisa menggerakkan dengan mudah.
  4. Tekan benang pada sela gigi selembut mungkin. Kemudian, gerakkan ke atas dan ke bawah pada sepanjang sisi kedua gigi.
  5. Saat mengerjakan gigi atas, cobalah membuat huruf U terbalik dengan dental floss. Untuk melakukannya, naikkan sisi salah satu gigi sampai mencapai garis gusi. Kemudian, geser benang ke sisi gigi lainnya.
  6. Lepaskanlah benang dengan hati-hati dari belakang kawat. Hindari melepaskan benang dari gigi, karena bisa melepaskan kawat.
  7. Lanjutkan pada gigi berikutnya, dan gunakan teknik yang sama hingga mencapai semua gigi.

Baca Juga: 16 Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi (Alami & Medis)

Cara Menggunakan Pemegang Benang (Floss Holder)

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan membersihkan gigi posterior (gigi belakang) atau permukaan gigi yang berdekatan dari gigi posterior atau ruang interdental. Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah bahwa penggunaan benang yang tidak tepat dapat menyebabkan cedera. Nah, sebaiknya memakai floss holder karena berguna bagi orang yang kesulitan mengontrol dental floss.

Berikut ini beberapa langkah menggunakan floss holder

  • Langkah 1. Ubah floss holder dari kiri ke kanan, geser benang secara perlahan ke arah tepi gingiva dan tarik dengan kuat ke salah satu permukaan gigi di dekatnya.
  • Langkah 2. Geser benang ke atas dan ke bawah secara bertahap untuk membersihkan permukaan gigi di dekatnya. Kemudian, mulai dari bagian sulkus gingiva (celah antara gusi dan gigi) yang paling dalam dan tarik dengan kuat ke permukaan gigi terdekat lainnya.
  • Langkah 3. Bersihkan semua permukaan gigi yang berdekatan seperti langkah di atas.

Jenis Benang Gigi yang Bisa Anda Gunakan

Dental floss memiliki banyak pilihan. Jenis mana yang terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan Anda, jumlah sela di antara gigi, dan apakah menggunakan kawat gigi. Harga benang gigi bisa berbeda berdasarkan jenis di setiap toko. 

Beberapa jenis dental floss lebih mudah digunakan pada sela gigi yang lebih luas, sedangkan jenis dental floss lainnya lebih mudah untuk sela yang sempit. 

Berikut ini beberapa jenis dental floss:

  • Dental tape. Jenis ini lebih lebar dan rata seperti pita, sehingga lebih mudah Anda gunakan jika memakai behel, dental gaps, atau memiliki sela besar di antara gigi.
  • Standard floss. Benang yang terbuat dari nilon ini tipis, sehingga bisa masuk pada sela-sela gigi. Ini tersedia dengan rasa atau tanpa rasa serta lilin atau tanpa lilin. Jika gigi berdesakan atau berdekatan, dental floss dengan lapisan lilin dapat memudahkan masuk ke sela gigi pada kondisi gigi tersebut.
  • Super flosses. Threader dental floss ini bisa digunakan pada pemakai behel, dental bridge, dan dental gaps. Ini memiliki tiga komponen: ujung kaku untuk flossing di bawah peralatan, benang spons untuk membersihkan sekitar peralatan Anda, dan benang biasa untuk menghilangkan plak di bawah garis gusi Anda.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi dengan Mudah

Kapan Waktu Terbaik Menggunakan Benang Gigi?

Mengetahui waktu yang tepat untuk flossing gigi juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut yang baik. Beberapa orang memiliki rutinitas menyikat terlebih dahulu kemudian flossing. Namun, sebaiknya membersihkan dengan benang lalu menyikat gigi.

Flossing bisa membantu mengangkat dan membersihkan makanan dan plak yang menempel pada sela-sela gigi, sementara menyikat menghilangkan partikel-partikel ini dari mulut.

Jika menyikat terlebih dahulu dan kemudian membersihkan dengan dental floss, makanan dan plak akan tertinggal dalam mulut sampai menyikat gigi berikutnya. Sebaiknya flossing gigi setidaknya sekali sehari dan menyikat dua kali sehari.

 

  1. Anonim. 2021. How to Use Dental Floss. https://www.news-medical.net/health/How-to-Use-Dental-Floss.aspx (Diakses pada 22 April 2021)
  2. Anonim. 2019. Why should I use dental floss?. https://www.nhs.uk/common-health-questions/dental-health/why-should-i-use-dental-floss/ (Diakses pada 22 April 2021)
  3. Higuera, Valencia. 2020. What’s the Best Way to Floss Your Teeth?. https://www.healthline.com/health/how-to-floss (Diakses pada 22 April 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi