Terbit: 14 September 2020 | Diperbarui: 5 Oktober 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Flek hitam adalah gangguan kulit umum yang terjadi akibat perubahan hormon, iritasi, bekas luka, bekas jerawat, atau efek samping produk perawatan kulit tertentu. Ketahui gejala, penyebab, dan cara menghilangkan flek hitam.

Flek Hitam: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Apa Itu Flek Hitam?

Flek hitam adalah hasil dari hiperpigmentasi, yaitu kondisi kulit di mana area kulit dengan spot hitam mengalami produksi melanin (pigmen pewarna) lebih banyak daripada area kulit lainnya. Hiperpigmentasi ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, tanda penuaan, paparan sinar UV, peradangan kulit, bekas luka, iritasi, atau efek samping produk tertentu.

Flek hitam atau bintik-bintik hitam tidak hanya ada pada kulit wajah, namun bisa terjadi di punggung, bahu, atau kulit kepala. Bintik-bintik hitam di kulit tidak membahayakan, namun mungkin mengganggu penampilan kulit bagi beberapa orang.

Anda dapat mengatasi bintik-bintik hitam dengan cara alami seperti menggunakan masker wajah dari aloe vera, lemon, minyak esensial, kunyit, dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit, kosmetik, atau prosedur medis seperti prosedur laser.

Gejala Flek Hitam

Bintik-bintik hitam dapat terlihat jelas di kulit dengan warna gelap, cokelat muda, atau cokelat tua. Pada bagian wajah, bintik-bintik hitam paling sering muncul di sekitar hidung dan pipi.

Kondisi ini paling juga disebut dengan sunspot (bintik-bintik hitam akibat paparan sinar UV berlebihan) dan age spot (tanda-tanda penuaan). Bintik-bintik ini sangat kecil dan umumnya terlihat berkelompok.

Bintik-bintik hitam tidak menyebabkan gejala gatal, perih, atau nyeri pada kulit. Pada orang yang lebih tua, bintik atau bercak hitam juga dapat terjadi di bahu, punggung tangan, lengan, dan bahu.

Kapan Harus ke Dokter?

Umumnya, bintik-bintik hitam di kulit wajah dapat hilang dengan perawatan kulit menggunakan produk skin care atau kosmetik. Segera hubungi dokter bila noda hitam diikuti dengan gejala kulit lain, seperti:

  • Muncul tiba-tiba
  • Gatal
  • Kesemutan
  • Berdarah
  • Warna atau ukuran bintik berubah

Anda mungkin ingin konsultasi dengan dokter kecantikan bila noda hitam di kulit mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri Anda. Dokter akan memberikan opsi perawatan kulit secara medis atau prosedur kecantikan lain seperti solusi retinoid, serum hidroquinon, atau prosedur laser. Anda mungkin akan diberikan perawatan kulit jangka panjang.

Penyebab Flek Hitam

Bintik atau noda hitam di kulit umumnya terjadi akibat produksi melanin atau paparan radikal bebas. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat beberapa hal, termasuk:

  • Paparan Sinar Matahari (Sinar UV): Penyebab bintik hitam paling umum, terutama bila Anda tidak pakai tabir surya di siang hari.
  • Paparan Sinar Buatan: Paparan sinar dari sumber buatan seperti tanning bed (alat untuk menggelapkan kulit) dapat menyebabkan noda hitam tidak rata di kulit.
  • Perubahan Hormonal: Berdasarkan American Academy of Dermatology, faktor hormon seperti saat Anda sedang hamil dapat memicu perubahan warna kulit.
  • Peradangan Kulit: Peradangan akibat kondisi kulit seperti eksim, psoriasis, bekas jerawat akan membuat warna kulit jadi gelap.
  • Iritasi Kulit: Efek samping kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak sesuai akan mengiritasi kulit dan menyebabkan bercak kulit.
  • Efek Samping Obat: Beberapa obat menyebabkan efek samping pada kulit, seperti hormon estrogen, Amiodarone, Phenothiazines, dan obat antiinflamasi non steroid (NSAID).
  • Efek Penyembuhan Luka: Bekas luka seperti gigitan serangga, lecet, bekas jerawat akan menyebabkan kulit bercak hitam hingga kulit benar-benar sembuh.

Dalam kondisi yang lebih serius, noda hitam atau bercak kulit juga dapat terjadi akibat komplikasi dari penyakit post-inflammatory hyperpigmentation, melasma, linea nigra, cloasma, Riehl’s melanosis, atau Erythro Melanosis follicularis.

Diagnosis Flek Hitam

Dokter kulit dan kecantikan atau dermatologist akan memeriksa penampilan kulit Anda secara langsung. Dokter akan memeriksa riwayat medis dan pemeriksaan fisik untuk menentukan penyebab bintik hitam pada kulit Anda.

Dokter akan menggunakan Wood’s lamp untuk memeriksa penampilan dan struktur bintik-bintik hitam dengan lebih jelas. Dokter mungkin memerlukan pemeriksaan lain untuk memastikan bahwa bintik atau noda hitam di kulit bukan tanda dari kanker kulit.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Ada dua cara mengatasi noda hitam di wajah, yaitu secara alami atau medis. Berikut ini caranya:

Perawatan Alami di Rumah

Beberapa orang lebih memilih perawatan kulit secara alami karena dinilai lebih efektif dan aman. Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami, seperti:

1. Lidah Buaya

Lida buaya (aloe vera) dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan menyamarkan noda hitam. Sekarang ini banyak produk perawatan kulit berbasis gel aloe vera alami.

Cara menghilangkan flek hitam dengan gel lidah buaya:

  • Aplikasikan gel lidah buaya ke kulit selama 30 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lanjutkan dengan perawatan menggunakan serum atau pelembap sesuai jenis kulit Anda.

Berdasarkan sebuah studi kecil di tahun 2017, gel lidah buaya juga dapat mengurangi gejala melasma selama kehamilan setelah 5 minggu.

2. Vitamin B3

Gunakan bahan-bahan alami yang kaya akan vitamin B3, seperti buah mulberry, kedelai, dan ekstrak licorice. Anda dapat menggunakan masker kulit alami atau mencari produk kecantik berbasis vitamin B3. Gunakan juga bahan alami yang mengandung vitamin C, azelaic acid, beta karoten, atau ekstrak buah delima yang kaya akan antioksidan.

Sementara itu, Anda harus berhati-hati bila ingin menggunakan bahan alami lainnya untuk menghilangkan noda hitam karena belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya. Society for Dermatological Surgery bahkan tidak merekomendasikan lemon untuk mengatasi noda hitam karena berisiko memperburuk warna kulit Anda.

Baca Juga: 16 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam

Perawatan Kulit

Ada berbagai jenis produk perawatan kulit yang dijual bebas untuk mengatasi noda hitam. Anda dapat memilih produk berbasis retinol atau asam alfa hidroksi untuk membantu meregenerasi sel kulit sehat dan mengelupas sel kulit mati penyebab noda hitam.

Anda juga dapat menggunakan krim pencerah kulit dengan perawatan kulit lengkap siang dan malam. Konsultasikan dengan pakar kecantikan untuk memilih produk perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit Anda.

Prosedur Medis

Dokter kecantikan kulit atau dermatologis profesional akan merekomendasikan beberapa prosedur kecantikan kulit, seperti:

1. Resep Krim Pencerah Kulit

Krim pencerah kulit khusus yang diresepkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Krim pencerah kulit mengandung hydroquinone untuk mengontrol produksi melamin. Perawatan ini mungkin berlangsung berbulan-bulan.

2. Chemical Peel 

Prosedur eksfoliasi kulit menggunakan bahan kimia khusus untuk memudarkan bintik-bintik hitam. Eksfoliasi akan menampilkan lapisan kulit selanjutnya yang lebih bersih. Eksfoliasi juga bermanfaat untuk merangsang regenerasi kulit baru yang sehat.

3. Cryotherapy

Cryotherapy adalah prosedur menghilangkan noda hitam di kulit dengan cara membekukannya. Dokter akan menggunakan nitrogen cair untuk membekukan sel kulit yang hitam lalu mengangkatnya.

4. Prosedur Laser

Menggunakan energi cahaya terkonsentrasi dari laser untuk menghilangkan lapisan kulit yang mengalami noda hitam. Prosedur ini akan mengangkat sel kulit mati. Dokter kulit mungkin memberikan rekomendasi perawatan kulit lainnya yang lebih efektif dan minim risiko. Konsultasikan pada dokter juga tentang komplikasi atau efek samping dari perawatan kulit secara medis tersebut.

Cara Mencegah Flek Hitam

Berikut ini cara mencegah noda hitam:

  • Menggunakan tabir surya terutama bila Anda beraktivitas penuh di luar ruangan saat siang hari.
  • Menggunakan pelembap kulit.
  • Rajin membersihkan kulit atau menggunakan perawatan kulit secara teratur.
  • Pastikan Anda makan makanan tinggi vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B, dan antioksidan yang bagus untuk kulit.

Anda mungkin juga konsultasi dengan dokter kecantikan atau pakar kecantikan secara berkala untuk berdiskusi dan mencari solusi seputar masalah kulit Anda. Itulah pembahasan lengkap tentang cara menghilangkan flek hitam. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Brannon, Heather, MD. 2020. An Overview of Dark Spots Hyperpigmentation is rarely a sign of something serious. https://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545#dark-spots-symptoms. (Diakses pada 14 September).
  2. De Pietro, MaryAnn, CRT. 2019. Dark spots on the skin: Causes and how to treat them. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324833. (Diakses pada 14 September).
  3. Schaefer, Anna. 2018. How to Get Rid of Dark Spots on the Face. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots. (Diakses pada 14 September).

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi