Praktis! Cara Menghilangkan Flek Hitam yang Alami

cara-mengatasi-flek-hitam-doktersehat

DokterSehat.Com – Hampir semua wanita tidak menginginkan adanya flek hitam di wajah mereka. Flek hitam memang sering kali mengganggu kepercayaan diri seorang wanita saat sedang bertemu dengan orang lain. Pasalnya, flek hitam memengaruhi penampilan seorang wanita sehingga terlihat lebih tua dan kurang menarik.

Hal ini pun membuat banyak wanita yang akhirnya ingin melakukan beberapa cara menghilangkan flek hitam yang ada di klinik-klinik kecantikan atau salon-salon. Namun, cara menghilangkan flek hitam yang ada di tempat-tempat tersebut ternyata memerlukan biaya yang mahal dan ada efek samping. Lalu seperti apa solusinya?

Cara menghilangkan flek hitam yang alami

Tidak banyak wanita yang tahu bahwa ada cara menghilangkan flek hitam yang alami. Cara menghilangkan flek hitam yang alami ini tidak memiliki efek samping dan bisa dilakukan di rumah dengan biaya yang sangat terjangkau. Yuk, kita simak bagaimana cara menghilangkan flek hitam yang alami.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan flek hitam yang alami:

1. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki khasiat untuk kecantikan. Khasiat lidah buaya tidak hanya berguna untuk rambut tetapi juga bisa menghilangkan flek hitam pada wajah Anda.

Mengapa lidah buaya bisa menjadi cara menghilangkan flek hitam di wajah? Ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam lidah buaya. Di dalam lidah buaya terdapat kandungan asam amino yang melimpah dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin E, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Bagaimana cara menggunakan lidah buaya sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di wajah? Caranya sangat praktis, yaitu hanya dengan mengeluarkan seluruh gel yang ada di dalam tanaman lidah buaya lalu oleskanlah gel tersebut pada bagian wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan selama dua puluh menit lalu bilas dengan air bersih.

Akan tetapi, penggunaan lidah buaya harus hati-hati yaitu bagi orang yang alergi terhadap komponen yang ada di bagian daun lidah buaya. Hal ini bisa menimbulkan iritasi pada kulit Anda. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan yang aman saat mengeluarkan gel lidah buaya dari daun.

Baca juga: Penyebab Flek Hitam pada Kulit Wajah

2. Jus lemon

Jangan hanya membuat jus lemon sebagai minuman saja, Anda bisa menggunakan jus lemon sebagai solusi untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Kandungan vitamin C dan asam sitrat pada jus lemon akan memudarkan flek hitam yang ada di wajah Anda.

Buatlah jus lemon yang terdiri dari lemon dan air sebagai pengencer. Konsentrasi lemon yang tinggi justru tidak baik untuk wajah terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Jangan pernah sekalipun menggunakan lemon murni (tanpa air) untuk dioleskan ke wajah Anda.

Jus lemon yang sudah Anda buat lalu disaring. Hasil saringan jus lemon tersebut bisa diaplikasikan ke flek hitam yang ada di wajah dengan menggunakan bola-bola kapas. Diamkanlah selama dua puluh menit dan bilaslah dengan air saja tanpa menggunakan sabun.

3. Jus nanas

Tidak hanya lemon, buah nanas yang memiliki rasa yang lezat ini juga bisa berguna untuk menghilangkan flek hitam. Buah nanas memiliki kandungan antioksidan yang melimpah dan juga vitamin C dan A. Hal ini bisa membuat bintik-bintik hitam di wajah memudar dan bahkan bisa mencegah kerutan dini.

Cara membuat jus nanas yang akan diaplikasikan ke bagian wajah yang terdapat flek hitam cukup mudah. Sedikanlah buah nanas dan air secukupnya lalu blender. Setelah itu, saringlah jus nanas menggunakan sebuah saringan. Gunakan bola-bola kapas untuk mengoleskan jus nanas yang telah di saring ke bagian flek hitam wajah.

4. Kulit jeruk

Tahukah Anda bahwa ada bagian dari buah jeruk yang bisa menghilangkan flek hitam? Bagian tersebut adalah kulitnya. Ya, kulit jeruk bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Jadi, bagi Anda yang ingin memudarkan bintik-bintik hitam di wajah maka kulit jeruk akan menjadi berharga dan Anda tidak akan membuangnya begitu saja.

Pada kulit jeruk terdapat kandungan vitamin C yang tinggi dan bisa meremajakan sel-sel kulit dan menghilangkan flek hitam. Kulit jeruk akan memudarkan area kulit wajah yang memiliki pigmen.

Gunakanlah jeruk yang organik dan sudah matang. Hal ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi pestisida dengan wajah Anda. Cara menggunakan kulit jeruk adalah dengan mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari untuk beberapa waktu. Setelah itu, gilingnya kulit jeruk hingga menjadi bubuk dan bisa diaplikasikan ke wajah Anda.

5. Pepaya

Buah pepaya yang memiliki harga terjangkau ini memiliki manfaat yang ternyata sangat berharga. Manfaat buah pepaya bisa untuk menghilangkan flek hitam di wajah bukanlah isapan jempol semata. Di dalam buah pepaya terdapat kandungan enzim papain yang bisa menangkan bintik-bintik hitam.

Enzim papain di dalam buah pepaya akan membuat flek hitam mengelupas dan terbuanglah sel-sel kulit yang telah mati itu. Buah pepaya pun juga bisa mencegah flek hitam muncul karena enzim papain mampu menghambat produksi tirosinase yang menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah.

Tidak seperti lemon yang harus menggunakan air agar tetap aman untuk kulit, buah pepaya justru tidak memerlukan air agar bisa mendapatkan manfaatnya untuk menghilangkan flek hitam secara optimal. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, gunakanlah buah pepaya yang matang karena lebih lembut dan aman.

Anda bisa membuat pepaya menjadi seperti sebuah pasta yaitu dengan cara diblender hingga halus. Oleskanlah pasta pepaya tersebut ke wajah Anda dan diamkanlah selama 20 menit lalu bilas dengan air.

6. Madu

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa madu memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Penggunaan madu untuk kecantikan kulit ternyata sudah ada sejak ribuan tahu lalu. Pilihlah madu mentah atau madu organik karena itu merupakan madu asli yang memiliki manfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Kandungan yang ada di dalam madu bertindak sebagai exfoliator yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati berpigmen termasuk flek hitam hingga mengelupas dan terbuang. Cara mengaplikasikan madu ke flek hitam adalah dengan mencampurnya bersama pasta kentang atau jus tomat.

Baca juga: Flek Hitam Saat Hamil, Apakah Tanda Mau Melahirkan?

7. Yogurt

Apakah Anda suka menyantap yogurt baik dalam bentuk cair maupun cream? Selain memiliki rasa yang enak dan manfaatnya untuk pencernaan, yogurt juga berguna untuk menghilangkan flek hitam di wajah Anda.

Penggunaan yogurt bisa dilakukan untuk pemakaian luar pada wajah. Kandungan asam laktat di dalam yogurt akan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang memiliki pigmen sehingga flek hitam menghilang.

Cara mengaplikasikan yogurt bisa dicampur dengan jus lemon atau air mawar. Akan tetapi, perlu diingat untuk memilih yogurt rasa tawar atau yogurt plain apabila Anda ingin menggunakan yogurt untuk tujuan menghilangkan flek hitam. Yogurt yang memiliki aroma dan rasa tertentu mengandung bahan-bahan yang bisa menimbulkan iritasi dan alergi.