Terbit: 2 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang five bite diet? Seperti namanya diet ini hanya membolehkan makan sebanyak 5 gigitan saja. Asupan diet yang sangat sedikit tersebut tentu membuat berat badan tubuh kita turun drastis.

Five Bite Diet, Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Livestrong, five bite diet ini dikenalkan oleh Dr. Alwin C. Lewis yang menyebutkan bahwa dengan penerapan diet ini maka berat badan tubuh kita akan turun dalam waktu singkat. Lalu, bagaimana penerapan five bite diet ini?

Five bite diet ini dilakukan dengan beberapa prinsip yaitu:

  • Melewatkan waktu sarapan
  • Mengonsumsi makanan dalam lima gigitan, diet ini hanya menganjurkan lima kali gigitan makanan apapun saat makan siang maupun makan malam.
  • Boleh mengonsumsi minuman apapun yang tidak berkalori, misalnya air putih atau teh tawar.
  • Mengonsumsi multivitamin dan beberapa jenis vitamin pendukung misalnya omega-3 dan suplemen protein untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gizi.

Five bite diet mengklaim mampu menghilangkan rasa lapar dalam 3 hari setelah penerapannya. Hal ini yang kemudian disebut mampu menurunkan berat badan.

Namun sayangnya diet ini menuai pro kontra. Five bite diet disebut hanya baik diterapkan untuk waktu jangka pendek dibawah satu minggu karena banyak pakar kesehatan dan gizi yang beranggapan bahwa diet ini termasuk dalam diet yang sangat rendah kalori (very low calorie diet), sehingga hal ini tentu saja akan sangat berisiko menyebabkan tubuh mengalami kekurangan gizi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Disamping itu penggunaan multivitamin tidak bisa dengan mudah menggantikan fungsi gizi dari bahan makanan segar.

Diet ini disebut mampu menurunkan berat badan yang tentu saja akan terjadi jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh sangat dibatasi. Namun umumnya penerapan diet ini termasuk dalam fad diet di mana hasil berat badan yang turun hanya bisa dirasakan sementara tanpa bisa dipertahankan.

Nah, jadi bagaimana, masih tertarikkah Anda mencoba menerapkan five bite diet?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi