Five-a-Day, Yuk Rutin Makan Buah dan Sayur!

doktersehat-buah-sehat
Photo Credit: travel oriented

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar istilah Five A Day? Asupan serat dan kebiasaan makan sayur dan buah yang masih rendah membuat beberapa asosiasi kesehatan menciptakan istilah mudah agar banyak orang dapat mengonsumsi buah dan sayur yang cukup, yaitu five-a-day.

Kita tahu bahwa harus rutin makan buah dan sayur, namun sebenarnya seberapa banyak yang harus kita konsumsi?

Dengan penerapan five-a-day kita akan fokus pada seberapa banyak sayur dan buah harus dikonsumsi. Seperti namanya, kita dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur sebanyak lima kali dalam sehari.
British Dietitian Association menyebutkan bahwa kita dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 400 gram. Angka tersebut akan diperoleh jika kita mengonsumsi minimal 5 buah atau sayur yang masing-masing porsinya sebesar 80 gram.

Umumnya satu buah apel, jeruk, pir atau jambu ukuran sedang memiliki berat 80-100 gram, yang membuat kita cukup mudah dalam menghitungnya.

Namun jika diterapkan dalam sayur, maka ukuran 80 gram sayur yang harus kita konsumsi menjadi sangat besar, jika sayur yang akan dikonsumsi adalah sayur berdaun yang direbus adalah 80 gram maka kita harus mengonsumsinya sebanyak 5 sendok sayur.

Untuk itu beberapa tips yang bisa kita lakukan agar five-a-day bisa diterapkan dengan baik adalah:

1. Konsumsi buah dan sayur di setiap waktu makan
Konsumsi 80 gram sayur tentu banyak, sehingga kita bisa membaginya menjadi 50-55 gram di setiap kali waktu makan atau camilan yang diiringi dengan konsumsi 3 jenis buah dalam sehari. Dengan cara ini asupan jumlah buah dan sayur bisa terpenuhi.

2. Membuat olahan dari buah dan sayur
Jus segar, puding buah, salad atau rujak buah, menjadi olahan yang mampu mendukung penerapan five-a-day dengan lebih beragam bentuknya.

3. Memilih buah dan sayur sebagai camilan
Pilih olahan di atas sebagai camilan harian sehingga waktu untuk makan buah dan sayur menjadi lebih sering.

Nah, bagaimana, tertarik mencoba menerapkan five-a-day?