Terbit: 9 Februari 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Fibrinogen atau faktor I adalah protein yang diproduksi tubuh secara alami untuk membantu pembekuan darah. Simak penjelasan lengkap mengenai fungsi, efek samping, hingga dosis yang dianjurkan.

Fibrinogen: Fungsi, Efek Samping, Dosis, dll

Rangkuman Informasi Fibrinogen

Nama Obat  Fibrinogen
Golongan Obat  Antifibrinolytic agents
Kategori Obat  Obat resep
Tingkat keamanan obat bagi ibu hamil dan menyusui  Kategori C: studi pada binatang memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat boleh digunakan jika manfaatnya lebih besar ketimbang risiko pada janin.

Bagi ibu menyusui, konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Fungsi Obat Mengatasi perdarahan yang disebabkan oleh defisiensi fibrinogen
Kontraindikasi Obat Alergi
Dosis Setiap orang memiliki dosis yang berbeda. Konsultasi dengan dokter diperlukan
Sediaan Obat Komponen darah, obat luar

Apa Itu Fibrinogen?

Pengertian fibrinogen adalah protein larut yang diproduksi di hati dan dilepaskan ke aliran darah. Ketika jaringan atau pembuluh darah rusak, kaskade koagulasi dimulai oleh trombosit, dan faktor pembekuan diaktifkan ke area tubuh tertentu sesuai kebutuhan, satu demi satu.

Pada akhir kaskade, fibrinogen diubah menjadi fibrin. Fibrin adalah protein tidak larut yang membentuk jaring berulir di atas lokasi cedera. Trombin adalah enzim yang mengaktifkan konversi ini.

Merek Dagang Fibrinogen

Obat yang tersedia dalam bentuk serbuk dan masuk kategori obat resep ini memiliki nama dagang RiaSTAP dan Fibryna.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Fungsi Fibrinogen

Fibrinogen adalah salah satu dari 13 faktor koagulasi yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah normal. Saat Anda mulai mengeluarkan darah, tubuh memulai proses yang disebut kaskade koagulasi atau clotting cascade. Proses ini menyebabkan faktor koagulasi bergabung dan menghasilkan gumpalan yang akan menghentikan perdarahan.

Jika Anda tidak memiliki cukup faktor I atau jika kaskade tidak berfungsi secara normal, gumpalan akan sulit terbentuk. Hal ini bisa menyebabkan perdarahan yang berlebihan.

Peringatan Fibrinogen

Anda tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda memiliki alergi atau jika Anda pernah mengalami reaksi alergi yang parah. Guna memastikan keamanan, beri tahu dokter bahwa Anda memiliki riwayat stroke atau pembekuan darah.

Tidak diketahui apakah obat ini akan membahayakan janin. Konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil. Selain itu, tidak diketahui apakah obat ini masuk ke dalam ASI atau dapat membahayakan bayi yang menyusu.

Faktor I dibuat dari plasma manusia (bagian dari darah) yang mungkin mengandung virus dan agen infeksius lainnya. Plasma yang didonasikan diuji dan dirawat untuk mengurangi risiko plasma yang mengandung agen infeksius, tetapi masih ada kemungkinan kecil itu dapat menularkan penyakit. Bicarakan dengan dokter tentang risiko dan manfaat menggunakan obat ini.

Interaksi Fibrinogen

Meski obat ini tidak memiliki interaksi dengan obat lainnya, jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun sebelum memeriksakan diri ke dokter.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker tentang semua produk yang Anda gunakan. Tanyakan pada dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah kesehatan.

Efek Samping Fibrinogen

Segera dapatkan bantuan medis jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam, sesak, mengi, sulit bernapas (merasa seperti akan pingsan), pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Selain itu, berhenti menggunakan obat ini dengan segera jika Anda memiliki:

  • Tanda-tanda stroke seperti mati rasa atau kelemahan mendadak (terutama di satu sisi tubuh), sakit kepala parah mendadak, bicara cadel, masalah dengan penglihatan atau keseimbangan.
  • Tanda-tanda penggumpalan darah di paru-paru seperti nyeri dada, batuk mendadak, mengi, napas cepat, batuk darah.
  • Gejala serangan jantung seperti nyeri dada atau tekanan, nyeri menyebar ke rahang atau bahu, disertai mual dan berkeringat.
  • Tanda-tanda bekuan darah di kaki seperti nyeri, bengkak, hangat, atau kemerahan di salah satu atau kedua kaki.

Sementara itu, efek samping yang umum adalah demam dan sakit kepala.

Dosis Fibrinogen

Berikut adalah aturan dosis yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum mengonsumsinya:

Powder for Injection

  • 900-1300mg /vial (RiaSTAP).
  • Sekitar 1000mg/vial (Fibryna).

Defisiensi fibrinogen

Diindikasikan untuk episode perdarahan akut akibat defisiensi fibrinogen kongenital, termasuk afibrinogenemia dan hipofibrinogenemia.

Dewasa dan anak-anak 12 tahun ke atas:

RiaSTAP

  • Dosis(mg/kg berat badan) = [Level target (mg/dL) – level terukur (mg/dL)]/1,7 (mg/dL per mg/kg berat badan) diberikan secara intravena (IV).
  • Jika kadar dasar faktor I tidak diketahui: 70 mg/kg IV.
  • Fibrinogen target: 100 mg/dL sampai hemostasis.

Fibryna

  • Dosis(mg/kg berat badan) = [Level target (mg/dL) – level terukur (mg/dL)]/1,8 (mg/dL per mg/kg berat badan) diberikan secara intravena (IV).
  • Jika kadar dasar faktor I tidak diketahui: 70 mg/kg IV.
  • Tingkat fibrinogen target (perdarahan ringan): 100 mg/dL.
  • Tingkat fibrinogen target (perdarahan besar): 150 mg/dL
  • Dosis tambahan diberikan jika kadar faktor I plasma di bawah batas bawah yang diterima (80 mg/dL untuk perdarahan ringan, 130 mg/dL untuk perdarahan mayor) dari tingkat target sampai hemostasis tercapai.

Cara Pakai Fibrinogen

Ikuti semua petunjuk pada label obat, jangan gunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

  • Fibrinogen disuntikkan ke pembuluh darah melalui infus. Jika Anda tidak mengerti bagaimana cara menggunakan suntikan dengan benar, prosedur ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis profesional.
  • Fibrinogen adalah obat bubuk yang harus dicampur dengan cairan (pengencer) sebelum digunakan. Jika Anda menggunakan suntikan di rumah, pastikan Anda memahami cara mencampur dan menyimpan obat dengan benar.
  • Jangan mencampur obat ini dengan obat lain atau memberikan obat lain melalui jalur infus yang sama.
  • Jangan mengocok botol obat karena dapat merusak obat. Persiapkan dosis hanya jika Anda siap untuk memberikan suntikan. Campuran harus bening atau sedikit berwarna. Jangan gunakan jika obat telah berubah warna atau memiliki partikel di dalamnya.
  • Obat campuran harus digunakan dalam waktu 24 jam jika disimpan dalam suhu ruangan. Setiap single-use vial (botol) obat ini hanya untuk sekali pakai. Buang setelah sekali pemakaian, meskipun masih ada sisa obat di dalamnya setelah dosis disuntikkan.
  • Beri tahu dokter jika Anda mengalami perubahan berat badan. Dosis fibrinogen didasarkan pada berat badan dan setiap perubahan dapat memengaruhi dosis.

Petunjuk Penyimpanan Fibrinogen

  • Obat ini tidak mengandung bahan pengawet. Setelah Anda menusuk bagian atas botol karet dengan jarum, Anda harus segera menggunakan botol itu atau membuangnya.
  • Simpan bubuk yang belum tercampur di lemari es.
  • Lindungi dari cahaya dan jangan biarkan membeku. Buang botol yang tidak digunakan setelah tanggal kedaluwarsa pada label telah lewat.

 

  1. Anonim. Fibrinogen. https://www.drugs.com/mtm/fibrinogen.html#what-to-avoid. (Diakses pada 9 Februari 2021).
  2. Anonim. Fibrinogen, Human. https://www.rxlist.com/consumer_riastap_fibryna/drugs-condition.htm. (Diakses pada 9 Februari 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi