Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Fenugreek merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat India. Fenugreek atau yang dikenal dengan methi ini dipercaya mengandung bahan-bahan aktif yang dapat menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit. Tidak heran jika saat ini sudah banyak bermunculan brand-brand yang menjual bubuk fenugreek untuk beauty treatment.

Fenugreek, Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat Bagi Kulit

Photo Credit: Flickr.com/Peyman Zehtab Fard

1. Mengurangi Peradangan

Salah satu fungsi dari fenugreek adalah mengurangi peradangan pada kulit. Dilansir dari laman Stylecraze hal ini lantaran fenugreek mengandung bahan anti peradangan. Tidak heran jika fenugreek kerap digunakan untuk mengatasi masalah eczema, luka bakar hingga jerawat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Pemakaian produk yang tidak tepat serta terlalu sering terpapar bahan-bahan kimi berbahaya dapat memicu penuaan dini. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mudah menggunakan fenugreek. Fenugreek merupakan salahs atu tumbuhan yang mengandung niacin yang mampu memperbaiki kerusakan sel kulit.

3. Menjadikan Kulit Lebih Bercahaya

Salah satu tanda dari kulit yang sehat adalah tampilannya yang lebih glowing. Siapa yang menyangka ternyata penggunaan fenugreek sebagai masker wajah dapat meluruhkan sel kulit mati yang menjadikan kulit lebih bercahaya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Aman Bagi Kulit Berminyak

Bubuk fenugreek ampuh dalam menyerap kelebihan minyak pada wajah. Tidak heran jika fenugreek juga sangat disarankan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak atau pun acne-prone. Apalagi, minyak berlebih menjadi penyebab terbanyak masalah jerawat.

Kendati masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia, fenugreek sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat India dalam merawat kulit. Apalagi, fenugreek tidak hanya menjadikan kulit lebih sehat. Namun, juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan rambut dan tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi