Terbit: 13 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Aktor film dan FTV Fandy Christian dikabarkan sempat berurusan dengan pihak yang berwajib gara-gara mengisap vape saat di dalam pesawat yang tengah mengudara. Sesampainya di Bandara Lombok Praya, Nusa Tenggara Barat, Fandy pun langsung diamankan petugas.

Fandy Christian Diciduk Aparat Karena Isap Vape di Pesawat

Saat itu, Fandy yang tengah berada dalam pesawat dari Jakarta menuju Lombok masuk ke dalam toilet di dalam pesawat dan mengisap vape. Namun, karena toilet pesawat juga dilengkapi dengan detektor asap, aktivitasnya pun langsung ketahuan awak kabin. Staf penerbangan termasuk pilot pun langsung melakukan tindakan sesuai dengan prosedur keselamatan, termasuk melaporkan Fandy ke petugas keamanan bandara.

Banyak orang yang salah mengartikan vape atau rokok elektronik sebagai rokok yang yang jauh lebih aman bagi kesehatan. Padahal, rokok ini juga memiliki kandungan nikotin yang berbahaya. Bahkan, di dalam vape juga terdapat bahan propilon glycol yang bisa memicu iritasi.

Karena ada kandungan nikotin, pengguna vape tetap aja akan mengalami kecanduan sebagaimana penikmat rokok konvensional. Selain itu, berbagai kandungan berbahaya di dalam vape juga bisa memicu masalah pernapasan seperti asma, bronchitis, pneumonia, dan penyakit paru obstruktif kronis.

Yang menjadi masalah adalah, tak hanya pengguna vape yang rentan terkena masalah kesehatan tersebut. Mereka yang menjadi perokok pasif karena menghirup asap tebal yang dikeluarkan dari pengguna vape juga bisa mendapatkan dampak yang tak kalah berbahayanya. Bahkan, terdapat sebuah kasus yakni seorang anak meninggal dunia akibat dari paparan asap vape.

Apa yang dilakukan Fandy Christian sangatlah tidak terpuji. Namun, ada baiknya setiap pengguna vape tidak sembarangan mengisap rokok elektroniknya di sembarang tempat, apalagi di tempat tertutup dan sedang ada banyak orang di sekitarnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi