Terbit: 29 Juni 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Ada beberapa faktor yang memengaruhi ukuran payudara seperti faktor genetik, berat badan, usia, dan sebagainya. Selain itu, setiap wanita memiliki ukuran payudara normal yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk tubuhnya. Ketahui tentang ukuran payudara ideal dan faktor yang memengaruhi ukuran payudara wanita.

9 Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara, Wanita Harus Tahu!

Faktor yang Memengaruhi Ukuran Payudara

Sebagian besar wanita mungkin berpikir bahwa ukuran payudara terbentuk secara alami, namun ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Ukuran dan bentuk payudara bisa berubah atau membesar seiring waktu. Ketahui apa saja faktor yang memengaruhi ukuran payudara, sebagai berikut:

1. Genetik

Sebagian besar hal yang terjadi pada tubuh Anda adalah hasil dari genetik atau keturunan keluarga seperti warna kulit, rambut, mata, hingga ukuran payudara. Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medical Genetics, hasil analisis genetik dari 16.000 wanita adalah terdapat total tujuh faktor genetik yang memengaruhi ukuran payudara secara signifikan.

Karakteristik payudara seorang perempuan dipengaruhi oleh faktor keluarga ibu dan ayah. Walaupun faktor genetik memiliki peran yang banyak, akan ada lebih banyak faktor lainnya yang menjadi indikator perkembangan tubuh wanita seiring waktu, seperti faktor makanan, gaya hidup, olahraga, dan lainnya.

2. Berat Badan

Anatomi payudara terdiri dari susunan yang kompleks, yaitu jaringan padat, jaringan lemak, kelenjar, dan saluran susu. Apabila komposisi payudara Anda terdiri dari jaringan lemak yang lebih tinggi, maka berat badan Anda akan memengaruhi ukuran payudara.

Umumnya, Anda akan melihat perbedaan signifikan dari ukuran payudara Anda saat mengalami kenaikan atau penurunan berat badan. Sebaliknya, bila komposisi payudara terdiri dari jaringan padat atau jaringan pendukung yang lebih tinggi, maka wanita dengan tubuh kecil mungkin tetap memiliki payudara yang besar.

3. Usia

Usia juga menjadi faktor yang memengaruhi ukuran payudara. Anak remaja yang baru mengalami pubertas memiliki ukuran payudara kecil namun terus berkembang seiring waktu dan didukung oleh berbagai faktor lainnya. Sementara ukuran payudara pada lansia cenderung menyusut akibat penurunan hormon estrogen.

Payudara memiliki semacam pita jaringan atau struktur berserat (Cooper Ligament) yang membantu menahan dan membentuk otot payudara. Struktur berserat ini akan perlahan berkurang akibat tidak mendapat cukup hormon estrogen dan faktor gravitasi juga dapat membuat payudara kendur seiring bertambahnya usia.

4. Latihan Fisik

Apabila Anda dilahirkan dari keluarga dengan genetik payudara kecil, Anda tetap dapat meningkatkan ukuran payudara dengan latihan fisik seperti latihan dada atau weight training. Latihan fisik tidak menambah lemak di jaringan payudara namun membangun massa otot yang terletak di belakang jaringan payudara.

Jadi, aktivitas fisik yang tepat tetap dapat membuat payudara Anda terlihat lebih besar dan kencang. Anda dapat melakukan beberapa cara untuk memperbesar payudara di sini.

5. Siklus Menstruasi

Perubahan hormon pada wanita selama menstruasi mengubah ukuran, tekstur, dan bentuk payudara Anda. Pelepasan hormon estrogen, hormon yang menyebabkan ovulasi dapat merangsang saluran susu di payudara pada siklus menstruasi. Sementara pelepasan hormon progesteron menyebabkan pembengkakan kelenjar payudara.

Payudara wanita cenderung akan terasa lebih besar selama siklus menstruasi. Gejala ini biasanya juga diikuti dengan nyeri payudara. Umumnya, ukuran payudara akan normal kembali saat siklus menstruasi berakhir.

6. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan kontrasepsi juga dapat menjadi faktor yang memengaruhi ukuran payudara. Alat kontrasepsi jenis hormonal seperti pil, suntikan, dan IUD hormonal dapat membuat ukuran payudara lebih besar. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan pembengkakan, namun kondisi ini umumnya tidak berlangsung lama.

7. Kehamilan atau Postpartum

Ukuran payudara ibu hamil tentu saja lebih besar akibat perubahan hormon atau meningkatnya produksi hormon progesteron. Hormon progesteron akan membantu kelenjar susu untuk memproduksi susu lebih banyak.

Payudara ibu hamil akan terus membesar sejak usia kehamilan 5 bulan karena kelenjar susu sudah memproduksi susu sepenuhnya. Payudara juga akan tetap besar setelah melahirkan dan umumnya baru kembali ke ukuran normal setelah tiga hingga enam bulan pascamenyusui.

8. Pola Makan

Berdasarkan sebuah studi dari Journal of National Cancer Institute pada tahun 1997, wanita yang mengurangi konsumsi lemak makanan (hanya 21% dari asupan kalori) dan meningkatkan konsumsi karbohidrat kompleks (hingga 61% dari asupan kalori) mengalami penurunan kepadatan payudara hingga 6,1% setelah 2 tahun.

Laporan lain yang dikutip dari Harvard Health menyatakan bahwa kandungan bahan kimia alami dari tanaman (fitoestrogen) seperti kedelai, flaxseed, biji fennel, dll dapat memengaruhi bentuk payudara. Selain itu, kedelai yang mengandung isoflavon tinggi yang berperan sebagai estrogen juga dapat meningkatkan ukuran payudara.

9. Konsumsi Kafein Harian

Konsumsi kafein harian juga termasuk dalam faktor yang memengaruhi ukuran payudara. Berdasarkan laporan dari National Health Service (NHS), konsumsi kafein berlebihan dikaitkan dengan penurunan ukuran payudara. Konsumsi sekitar 3 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan menyusutnya payudara.

Walaupun demikian, NHS mengatakan bahwa penelitian ini belum membuktikan secara pasti kaitan konsumsi kopi dan ukuran payudara. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

Ukuran Payudara Ideal Seperti Apa?

Pada dasarnya, tidak ada indikator khusus tentang ukuran payudara normal. Berdasarkan data internasional, rata-rata wanita Indonesia memiliki ukuran payudara <A namun semuanya kembali pada setiap individu.

Hal yang paling penting adalah apakah ukuran payudara Anda membuat Anda nyaman atau tidak. Bila menurut Anda ukurannya belum sesuai, maka Anda dapat memperbesarkan payudara dengan berbagai cara alami seperti olahraga, pijat, dan perbaiki asupan nutrisi.

Bila Anda sudah nyaman dengan ukuran payudara normal menurut Anda, maka tetap jaga kesehatan payudara Anda. Pada akhirnya, tidak ada yang memiliki keputusan tentang ukuran payudara ideal tapi diri Anda sendiri. Itulah pembahasan lengkap tentang faktor yang memengaruhi ukuran payudara.

 

  1. Fowler, Paige. 2002. 5 Factors That Determine Breast Type. https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/5-factors-determine-breast-type. (Diakses pada 29 Juni 2020).
  2. Johnson, Maisha. 2019. What’s the Average Breast Size? And 9 Other Things to Know. https://www.healthline.com/health/average-breast-size. (Diakses pada 29 Juni 2020).
  3. Miller, Korin. 2019. 7 Factors That Can Actually Impact Your Breast Siz. https://www.self.com/story/6-things-that-can-actually-impact-your-breast-size. (Diakses pada 29 Juni 2020).
  4. Strong, Rebecca. 2019. 6 SURPRISING FACTORS THAT CAN CHANGE YOUR BRA SIZE. https://parfaitlingerie.com/6-surprising-factors-that-can-change-your-bra-size/. (Diakses pada 29 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi