Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Wasir atau hemoroid adalah gangguan aliran darah pada vena yang terjadi di anus atau rektum. Gangguan ini menyebabkan pembengkakan dan kadang perdarahan kalau sudah parah. Wasir menyebabkan pria dan wanita mengalami gangguan saat duduk dan saat buang air besar.

5 Faktor Penyebab Wasir yang Sering Diabaikan oleh Pria dan Wanita

Wasir bisa terjadi pada siapa saja baik itu pria atau wanita. Selanjutnya, wasir juga mudah sekali muncul kalau ada beberapa faktor atau pemicu di bawah ini.

1. Kehamilan

Saat sedang hamil, rahim akan terus membesar dan akhirnya menekan area panggul yang dipenuhi dengan vena. Saat tekanan dari rahim semakin besar, peredaran darah akan terganggu dan menyebabkan wasir meski derajatnya berbeda-beda. Wasir pada wanita hamil biasanya akan kembali sembuh setelah wanita melakukan persalinan.

2. Sembelit

Seseorang yang sering sembelit atau susah buang air besar biasanya sering mengejan. Aktivitas mengejan yang berlebihan ini tidak baik untuk kesehatan dari anus. Pembuluh darah di area itu bisa saja membengkak dan akhirnya memicu munculnya wasir.

3. Obesitas

Berat badan yang terus naik akan memberikan tekanan pada otot rektal. Tekanan ini menyebabkan peredaran darah tidak bisa berjalan dengan lancar dan menyebabkan wasir. Gangguan ini akan sembuh kalau berat badan turun perlahan-lahan dan menuju ideal.

4. Seks Anal

Seks anal berisiko sebabkan luka pada dinding anus. Luka dan tekanan bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah yang ada di sekitarnya dan wasir terbentuk perlahan-lahan.

5. Penuaan

Penuaan juga menyebabkan wasir sering muncul. Berbagai kebiasaan buruk yang terjadi saat muda bisa memicu munculnya wasir yang menyiksa dan kadang sering kambuh kalau tubuh terlalu capai.

Nah, itulah lima faktor yang menyebabkan wasir dan sering sekali kita hiraukan. Semoga kondisi ini tidak mengenai kita semua, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi