Terbit: 19 April 2019 | Diperbarui: 22 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika kita membicarakan tentang kolesterol, hal pertama yang akan terpikir biasanya adalah masalah kolesterol tinggi. Masalah kesehatan ini dikenal luas sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung dan stroke. Masalahnya adalah kebanyakan orang tidak benar-benar mengerti tentang kolesterol.

Wajib Tahu! 6 Fakta Unik tentang Kolesterol yang Jarang Diketahui

Berbagai fakta unik tentang kolesterol

Pakar kesehatan menyebut kolesterol sebagai zat dengan bentuk mirip lilin yang bisa ditemukan di dalam pembuluh darah. Terdapat dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh kita, yakni kolesterol jahat atau LDL yang bisa membahayakan kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan kolesterol baik atau HDL yang justru bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan signifikan.

Berikut adalah beberapa fakta tentang kolesterol yang patut untuk kita ketahui sehingga bisa membantu mencegah datangnya masalah kesehatan yang berbahaya.

  1. Seperti apakah kolesterol yang sehat dan seimbang?

Sudah menjadi rahasia umum jika kolesterol yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan. Jika kadar kolesterol total mampu melebihi 200 mg/dL, maka kita akan lebih rentan terkena masalah kardiovaskular. Hanya saja, kita juga harus memperhatikan kadar kolesterol baik, kolesterol jahat, dan trigliserida.

Kadar kolesterol baik sebaiknya dijaga minimal hingga 60 mg/dL. Jika kadarnya kurang dari 40 mg/dL, dikhawatirkan akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sementara itu, kadar kolesterol jahat sebaiknya dibatasi kurang dari 100 mg/dL. Jika jumlahnya lebih dari itu, maka dampaknya bisa sangat buruk bagi organ kardiovaskular.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Khusus untuk trigliserida, sebaiknya jumlahnya dibatasi kurang dari 150 mg/dL demi menjaga kadar kolesterol total tidak berlebihan atau membahayakan kesehatan.

  1. Mengenal beberapa jenis olahraga yang baik bagi kolesterol

Salah satu cara yang bisa kita lakukan demi menjaga kadar kolesterol tetap seimbang adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga ringan seperti lari, berjalan kaki, atau berenang ternyata sudah cukup untuk memberikan manfaat kesehatan tersebut. Lakukan sekitar setengah jam saja setiap hari dan kita pun bisa mencegah kenaikan kolesterol dengan efektif.

  1. Asupan makanan memang berpengaruh besar bagi kadar kolesterol

Semakin buruk pola makan kita, semakin rentan pula risiko untuk terkena masalah kolesterol tinggi. Jika kita terbiasa mengonsumsi makanan tinggi lemak hewani seperti daging-dagingan, jeroan, daging olahan, dan lemak jahat layaknya gorengan dan makanan cepat saji, maka risiko untuk terkena kolesterol tinggi akan semakin meningkat.

  1. Kolesterol tinggi terkait dengan faktor genetik atau keturunan

Meskipun bisa dipicu oleh pola makan yang tidak sehat, pakar kesehatan menyebut 75 persen kasus kolesterol tinggi terkait dengan faktor genetik atau keturunan. Jika kita berasal dari keluarga dengan riwayat masalah kesehatan ini dan menerapkan gaya hidup tidak sehat, maka risiko terkena penyakit ini semakin besar.

  1. Anak-anak juga rentan terkena masalah kolesterol tinggi

Siapa bilang masalah kolesterol tinggi hanya akan menyerang orang tua atau lansia saja. Dalam realitanya anak-anak juga bisa terkena masalah kesehatan ini. Biasanya, anak-anak yang mengalami masalah obesitas atau berasal dari riwayat keluarga dengan masalah penyakit jantung dan kolesterol tinggi memiliki risiko lebih besar.

Melihat fakta ini, jangan senang dulu jika anak-anak terlihat gemuk. Meski menggemaskan, mereka ternyata lebih rentan terkena masalah kesehatan yang berbahaya.

  1. Kolesterol tinggi tak hanya menyerang organ kardiovaskular

Selain organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah, masalah kolesterol tinggi ternyata juga bisa menyerang organ lain seperti ginjal dan otak. Masalah kesehatan ini terbukti mampu meningkatkan risiko terkena alzheimer dan gagal ginjal dengan signifikan.

Melihat fakta ini, pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat demi memastikan kadar kolesterol tetap seimbang.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi