Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sibuk melalukan perawatan sementara fakta tentang kulit sendiri tidak diketahui. Padahal, dengan mengetahui fakta tentang kulit, Anda bisa lebih paham kebutuhan kulit itu sendiri, bagaimana cara menjaga yang tepat, dan sebagainya. Namun, tidak usah khawatir. Kami membawakan informasi untuk Anda. Dilansir dari Everyday Health, berikut fakta tentang kulit yang perlu diketahui.

Sibuk Perawatan, Jangan Sampai Fakta Tentang Kulit Ini Tidak Diketahui

1. Kulit Memainkan Peran Penting dalam Mengatur Suhu Tubuh

Tahukah Anda bahwa kulit berfungsi sebagai termostat tubuh? Ketika suhu naik, kelenjar keringat akan aktif untuk mendinginkan tubuh. Hasilnya, Anda berkeringat. Berkeringat adalah fungsi atau reaksi tubuh yang membantu mengatur suhu tubuh.

Sementara, ketika suhu lebih rendah, pembuluh darah di kulit mengencang dan membatasi jumlah darah panas yang dapat mencapai kulit dan mencegahnya kehilangan panas. Pori-pori menjadi lebih kecil ketika terkena suhu lebih dingin karena ia mempertahankan panas.

2. Kulit Dapat Meregenerasi Sendiri

Menurut Everyday Health, kulit melepaskan sel-sel kulit matinya setiap hari, ia kemudian menciptakan lapisan kulit baru setiap 28 hari. Bahkan ketika Anda tidur, sel kulit mati dapat terkelupas sendiri, tanpa bantuan.

Meski begitu, sel kulit mati bisa saja tetap berada di kulit, sehingga Anda tetap membutuhkan proses eksfoliasi sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Everyday Health merekomendasikan untuk melakukan eksfoliasi dengan oatmeal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Terdapat Jutaan Bakteri Hidup di Kulit

Fakta tentang kulit yanh cukup mengganggu adalah bahwa pada permukaan kulit terdapat jutaan bakteri. Kulit bisa menjadi rumah bagi komunitas bakteri yang sangat beragam, yang secara kolektif dikenal sebagai mikrobiota kulit. Bakteri tidak berbahaya yang berkembang di kulit dapat membantu sel-sel kekebalan tubuh melawan mikroba penyebab penyakit.

4. Jerawat pada Kulit Tidak Disebabkan oleh Kotoran atau Diet

Jerawat dapat disebabkan atau diperburuk oleh menstruasi dan atau kehamilan karena perubahan kadar hormon, berkeringat, kelembapan pada kulit, beberapa obat, dan kosmetik atau perawatan rambut tertentu. Untuk membantu mengobati dan mencegah jerawat, cuci wajah Anda dua kali sehari dan setelah berolahraga dengan pembersih ringan.

Gunakan pelembap noncomedogenic dan produk kosmetik serta tabir surya bebas minyak yang tidak menyumbat pori-pori, dan pastikan untuk mencuci peralatan make up Anda secara teratur. Anda juga harus menghapus semua riasan sebelum tidur, dan mencuci serta mengganti seprai dan sarung bantal setiap beberapa hari.

5. Warna Kulit Disebabkan Kandungan Melanin

Warna kulit wanita dunia bermacam-macam, dari sangat pucat hingga sangat gelap. Hal ini disebabkan oleh seberapa banyak melanin yang dihasilkan tubuh masing-masing. Setiap orang memiliki jumlah sel penghasil melanin yang sama. Melanin sendiri dibuat di lapisan luar kulit yang disebut epidermis.

Hal yang kemudian berdampak pada perbedaan warna kulit adalah tidak semua orang menghasilkan jumlah melanin yang sama. Semakin banyak jumlah melanin yang dihasilkan tubuh, maka semakin gelap kulit Anda.

Semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang kulit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi