Benarkah Kondom Mengganggu Kualitas Seksual?

doktersehat kondom dipakai berkali-kali
photo credit: Freepik

DokterSehat.Com– Kondom merupakan sebuah alat kontrasepsi yang difungsikan untuk mencegah kehamilan. Penggunaan kondom sendiri dengan membungkusnya pada penis yang dimaksudkan agar cairan sperma tidak masuk ke dalam vagina ketika ejakulasi sendiri.

Sampai saat ini, kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling digemari oleh kebanyakan orang. Sebab, selain penggunaannya yang cukup mudah, kondom juga bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun, banyak anggapan bahwa menggunakan kondom bisa menurunkan kualitas seksual. Apakah benar demikian? Agar lebih jelas, simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Durasi Meningkat

Banyak yang mengatakan bahwa kualitas seks akan menurun dengan menggunakan kondom. Padahal, dari berbagai pengalaman dan riset, ditemukan hasil bahwa kondom bisa membuat durasi seks menjadi lebih lama daripada biasanya. Durasi yang lebih lama tentu saja bisa membuat pasangan lebih puas, bukan?

2. Ada Kondom Bertekstur

Siapa bilang menggunakan kondom tidak ada gregetnya? Jangan salah, saat ini begitu banyak produk kondum baru yang dimodifikasi dengan berbagai macam rasa dan tekstur. Ada beberapa yang teksturnya bergigi, sehingga bisa menciptakan rasa geli yang teramat sangat bagi wanita ketika penetrasi berlangsung.

3. Lebih Aman

Begitu banyak jenis penyakit kelamin yang bisa Anda terima ketika melakukan hubungan seksual. Penyakit kelamin jelas sangat menular. Oleh karenanya, kondom dianggap sebagai salah satu cara terbaik yang bisa mencegah hal itu terjadi. Sebab, bakteri dan virus tidak akan mampu menembus plastik kondom, kecuali ada kebocoran.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Bagi sebagian besar wanita, kerap kali mengalami rasa sakit pada vaginanya ketika melakukan hubungan seksual. Hal itu dikarenakan vagina kering dan tidak mampu mengeluarkan pelumas alami secara baik. Nah, kondom bisa mengatasi masalah itu. Sebab, kondom berisi pelumas yang akan membuat penetrasi lebih lancar dan terhindar dari rasa sakit pada vagina.