Terbit: 19 Juni 2013
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.com – Berkembangnya berbagai mitos seputar kehamilan trimester pertama hingga kehamilan trimester trimester ketiga terkadang menimbulkan kesimpangsiuran. Misalnya saja, ibu hamil tidak boleh membunuh binatang, bila dilanggar hal ini akan berdampak buruk pada janin yang dikandung. Fakta dan mitos seputar kehamilan memang tidak pernah habis untuk dibahas. Beberapa di antara fakta dan mitos seputar kehamilan trimester pertama hingga kehamilan trimester ketiga adalah tentang kondisi janin yang dikandung oleh ibu hamil.

8 Fakta Seputar Kehamilan, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Sebenarnya kondisi janin tergantung dari makanan yang dikonsumsi ibu dan faktor lain yang tak kalah pentingnya. Bagi wanita yang sedang mengandung untuk pertama kalinya sebaiknya jangan bingung dengan berbagai mitos seputar kehamilan muda yang beredar. Untuk menambah wawasan Anda seputar kehamilan, berikut ini fakta-fakta seputar kehamilan yang mungkin akan Anda alami selama kehamilan atau setelah melahirkan.

Fakta Seputar Kehamilan yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Hamil

Ada banyak fakta seputar kehamilan muda hingga kehamilan trimester akhir yang perlu untuk diketahui oleh ibu hamil. Berikut ini beberapa fakta seputar kehamilan yang perlu Anda tahu.

  • Rambut tumbuh dengan cepat dan bersinar

Fakta seputar kehamilan ini mungkin sering kali Anda dengar. Banyak yang berpendapat jika ibu hamil biasanya akan memiliki rambut yang lebih lebat dan bersinar. Kondisi ini seringkali tidak disadari oleh wanita yang sedang hamil, bila diperhatikan Anda akan mendapati rambut yang lebih tebal dan bersinar dan hal ini bukan sekadar mitos seputar kehamilan, melainkan fakta yang beralasan untuk ibu hamil.

Saat hamil rambut tidak akan mengalami kerontokan sehingga volume rambut akan terlihat lebih tebal. Pertumbuhan rambut yang lebih cepat juga memicu bertambahnya volume rambut. Karena itulah, banyak ibu hamil yang memilih memangkas rambutnya hingga pendek agar tidak gerah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  • Rambut kembali rontok setelah melahirkan

Setelah melahirkan banyak wanita yang akan mengalami kerontokan kembali. Ini adalah fakta seputar kehamilan yang selanjutnya. Rambut indah yang tebal dan bersinar alami pun tak bisa dinikmati lagi, bahkan ada beberapa wanita yang mengalami kerontokan hebat hingga hampir botak.

Kondisi ini wajar dialami pasca melahirkan. Jangan khawatir, rambut akan kembali tumbuh secara berangsur-angsur. Kerontokan itu mungkin terjadi karena tubuh Anda mulai beradaptasi lagi setelah melalui proses panjang kehamilan sampai persalinan.

  • Perubahan kondisi kulit

Perubahan kondisi kulit juga bukanlah isapan jempol belaka. Ada perubahan kondisi kulit yang jadi fakta seputar kehamilan selanjutnya. Ada dua kemungkinan perubahan kulit selama kehamilan yang bisa terjadi. Bisa jadi kulit menjadi makin halus atau mungkin kulit menjadi berjerawat akibat reaksi hormon kehamilan yang sensitif. Kulit akan normal kembali setelah beberapa bulan paska melahirkan.

  • Indera penciuman lebih tajam

Ini fakta seputar kehamilan muda yang tentu tidak asing lagi untuk Anda. Sebagian besar ibu hamil selalu mengalami morning sickness. Baik itu pada pagi atau pun malam hari. Kejadian tersebut dapat terjadi karena indera penciuman ibu hamil menjadi lebih tajam selama masa kehamilan. Begitu pula dengan indera perasa Anda. Sehingga ketika Anda mencium bau yang tidak disukai, Anda akan mengalami morning sickness tersebut.

Menurut beberapa ilmuwan yang berpendapat, hal tersebut adalah anugrah untuk membantu ibu hamil dalam membedakan makanan yang memiliki tingkat racun sehingga dapat membahayakan janin. Jadi jika Anda merasa indera penciuman dan perasa Anda meningkat, lalu mengalami morning sickness, maka hal tersebut masuk ke dalam kategori normal.

  • Kontraksi tidak akan berhenti setelah melahirkan

Kebanyakan ibu hamil akan merasakan kembali kontraksi, paling lama beberapa hari setelah proses melahirkan. Kram otot adalah salah satu cara yang dilakukan oleh tubuh untuk menghentikan pendarahan berlebih pada ibu hamil setelah pasca melahirkan. Maka jika Anda mengalami hal tersebut, kontraksi setelah melahirkan adalah masuk ke dalam kategori normal yang dialami ibu pasca persalinan.

  • Terdapat guratan panjang di perut

Setelah melahirkan wajar saja bila di perut Anda terlihat guratan vertikal dari pusar ke bawah. Anda tidak perlu merasa khawatir karena kondisi ini wajar dialami wanita paska melahirkan. Meski proses persalinan berlangsung normal tanpa operasi, tetap saja guratan muncul di perut Anda.

  • Ukuran kaki ibu hamil bertambah satu angka

Ketika Anda berada dalam masa kehamilan, tubuh Anda akan melepaskan rapatnya bagian persendian tulang. Hal tersebut berfungsi untuk membantu proses melahirkan dan juga berpengaruh dengan ukuran kaki yang semakin membesar. Sehingga Anda tidak perlu heran jika ukuran sepatu yang dipakai harus lebih besar satu angka dari pada seharusnya.

  • Perut besar setelah melahirkan

Normal saja bila perut Anda melar setelah melahirkan. Selama berbulan-bulan kulit perut merenggang sehingga perut Anda yang semula langsing akan terlihat kendur seusai melahirkan.

Demikian beberapa fakta seputar kehamilan trimester pertama hingga kehamilan trimester ketiga yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Jangan lupa, untuk Anda yang tengah hamil, selalu cek dan konsultasikan kondisi kehamilan Anda pada dokter secara berkala agar janin tetap sehat hingga waktu kelahiran tiba.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi