Jangan Asal Khawatir, Ketahui Dulu Fakta Tentang Radikal Bebas

doktersehat-fakta-radikal-bebas
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Mendengar radikal bebas, rasanya sudah terbayang berbagai dampak berbahaya yang mengancam. Sebelum khawatir tanpa alasan, lebih baik perbanyak tahu tentang radikal bebas itu sendiri. Dilansir dari Heliocare, berikut ini adalah fakta radikal bebas yang perlu Anda tahu.

1. Radikal Bebas Ada di mana-mana

Fakta pertama yang harus Anda tahu mengenai radikal bebas adalah bahwa radikal bebas ini ada di mana-mana. Anda bisa terpapar dengan bebas setiap hari. Dari mulai cahaya matahari, asap rokok, alcohol hingga bahan kimia yang ada di udara.

2. Radikal Bebas Juga Perlu Keseimbangan

Radikal bebas sebenarnya adalah molekul yang kehilangan electron dan perlu mencari pengganti, seperti yang dilansir dari Heliocare. Dan, yang bertugas untuk hal tersebut, serta bertugas untuk memulihkan keseimbangan, adalah antioksidan. Jika keseimbangan tidak terjadi, inilah yang menyebabkan radikal bebas bersifat perusak bagi sel-sel. Proses ini disebut juga dengan oksidasi.

3. Radikal Bebas Berbahaya

Radikal bebas berbahaya karena keadaan yang tidak seimbang membuatnya mulai mencuri electron sel yang sehat. Akibatnya dapat merusak sel dan berantai hingga berbahaya bagi orang dengan kondisi kulit tertentu.

4. Radikal Bebas Dapat Mempercepat Penuaan

Fakta radikal bebas selanjutnya yang perlu Anda tahu adalah bahwa benar radikal bebas bisa mempercepat penuaan kulit. Efek buruk yang berantai dari radikal bebas bisa menyebabkan kematian sel kulit. Ketika sel kulit mati, keadaan selanjutnya adalah penuaan pada kulit Anda. Penuaan pada kulit memang bersifat alami, tapi radikal bebas, mempercepat prosesnya.

5. Radikal Bebas dan Antioksidan

Pada point nomor 2 disebutkan bahwa antioksidan dapat membantu menyeimbangkan radikal bebas, dan bila antioksidan dapat menyeimbangkannya, maka reaksi dari rantai oksidasi yang merusak tersebut bisa dihentikan.

Karena itu, untuk mencegah terjadinya radikal bebas, salah satu caranya adalah Anda bisa mengonsumsi makanan dengan antioksidan tinggi. Antioksidan yang kuat dapat membantu menjaga kemampuan alami kulit untuk melindungi diri dari efek bahaya radikal bebas.

Dari fakta radikal bebas di atas, dapat diketahui bahwa radikal bebas dapat merusak bila tidak ada keseimbangan. Dan keseimbangan tersebut hanya bisa terjadi bila ada antioksidan. Semoga bermanfaat.