Terbit: 11 November 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada beberapa fakta payudara yang jarang diketahui wanita. Sebenarnya payudara memiliki fungsi esensial yang lebih dari sekedar bentuk, ukuran, atau penampilannya. Ketahui apa saja fakta payudara terkait anatomi tubuh dan kesehatan di sini.

22 Fakta Payudara Wanita yang Jarang Diketahui

Fakta Payudara Wanita yang Belum Diketahui

Payudara terdiri dari jaringan khusus yang menghasil kelenjar susu. Jaringan tersebut melapisi otot dada. Jumlah lemak dan otot dalam payudara menentukan ukuran payudara.

Payudara adalah bagian tubuh wanita yang sensitif dan banyak mitos yang menyertainya. Maka dari itu, ketahui apa saja fakta payudara yang jarang diketahui dalam pembahasan ini. 

1. Berat Badan Memengaruhi Ukuran Payudara 

Wanita yang berat badannya naik, biasanya ukuran payudaranya juga akan membesar. Sebaliknya, bila berat badan turun maka ukuran payudara bisa lebih menyusut juga. 

Walaupun kondisi tersebut berbeda pada setiap wanita, namun kondisi tersebut dapat terjadi bila payudara terdiri dari jaringan lemak yang lebih tinggi. Bila payudara terdiri dari lebih banyak jaringan otot, maka kenaikan atau penurunan berat badan cenderung tidak memengaruhi ukuran payudara. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Ukuran Payudara Berdasarkan Keturunan 

Wanita yang lahir dari ibu yang memiliki payudara besar juga dapat mewarisi ukuran dada tersebut. Anak pertama dalam keluarga tersebut biasanya memiliki ukuran payudara lebih besar daripada adik perempuannya. Walaupun demikian, faktor makanan dan olahraga dapat memengaruhi ukuran payudara juga. 

3. Payudara Sebenarnya Tidak Simetris 

Ukuran payudara wanita sebenarnya tidak diciptakan persis simetris antara kanan dan kiri. Berdasarkan laporan, satu bagian payudara dapat berukuran seperlima lebih bisa dari yang lain. Biasanya, payudara bagian kiri akan sedikit lebih besar. Ada juga pepatah yang menyebutkan, “breast are sisters, not twins” yang berarti payudara adalah kakak beradik, bukan anak kembar. 

4. Komponen Payudara 

Payudara tidak hanya terdiri dari jaringan lemak, namun terdapat sistem dan kelenjar yang kompleks. Payudara juga terbentuk dari jaringan otot dan jaringan fibrosa yang memisahkan antara tulang rusuk dan payudara.

Baca Juga: SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri): Cara Cegah Kanker Payudara

5. Perbedaan Puting Susu 

Setiap wanita memiliki bentuk puting susu berbeda. Ada empat jenis puting susu yaitu puting rata, menonjol, bengkak, dan terbalik. Semua kondisi puting tersebut tergolong normal.  

6. Berat Payudara 

Setiap wanita memiliki ukuran payudara berbeda, namun rata-rata berat payudara adalah antara satu hingga dua pon atau sekitar 0.45 hingga 0.90 kilogram. Berdasarkan catatan Guinness Book of World Records, wanita dengan ukuran payudara terbesar alami memiliki berat payudara 100 pon atau sekitar 45.3 kilogram. 

7. Manusia adalah Primata Satu-satunya dengan Payudara Permanen 

Tahukah Anda bila jenis primata lainnya (hewan) memiliki payudara yang tumbuh hanya selama mereka menyusui? Sementara payudara wanita adalah payudara permanen yang bahkan sudah ada sebelum masa pubertas. Payudara manusia juga membesar seiring waktu dan berdasarkan pengaruh hormon.

8. Kondisi Payudara saat Anda Berolahraga

Saat wanita sedang berolahraga, payudaranya akan bergerak. Baik ukuran payudara kecil atau besar, payudara bergerak saat tubuh Anda bergerak. Gerakan tersebut bisa mencapai 8 inci atau sekitar 20 cm. Maka dari itu, wanita disarankan untuk menggunakan bra khusus olahraga saat berolahraga. 

9. Rata-Rata Ukuran Bra Wanita di Seluruh Dunia Berbeda 

Secara global, wanita Eropa dan Amerika utara memiliki ukuran bra terbesar dan wanita Asia paling kecil. Berikut ini faktanya: 

  • Rata-rata wanita Amerika memiliki ukuran bra 34DD. 
  • Rata-rata wanita Asia memiliki ukuran bra cup A atau B. 
  • Wanita Rusia, Swedia, Norwegia dan Finlandia memiliki rata-rata ukuran bra cup D, ukuran terbesar. 
  • Pada tahun 60-an, rata-rata wanita secara global memiliki ukuran bra 34B. 

10. Payudara Kendur Mungkin Terjadi 

Setiap wanita memiliki risiko yang sama mengalami payudara kendur. Ada berbagai faktor yang memengaruhi, seperti faktor gravitasi, kebiasaan merokok, dan pola tidur. Beberapa penelitian menunjukan bahwa wanita yang tidur tengkurap bisa memengaruhi bentuk payudara, jadi harap selalu mengganti posisi tidur yang baik. 

11. Payudara adalah Jaringan 

Fakta payudara yang mungkin jarang diketahui adalah tentang apa isi dari payudara. Payudara sebenarnya adalah jaringan susu, jaringan kompleks dari sel-sel, saluran lemak, saluran susu, dan jaringan otot. 

Payudara memiliki struktur seperti kantung dan gundukan berdaging. Seluruh jaringan kompleks tersebut akan diisi oleh susu dan kolostrum sebelum bayi lahir yang akan keluar melalui saluran kecil (lobulus) ke puting.

12. Menyusui Tidak Membuat Payudara Kendur 

Beredar mitos tentang efek menyusui menyebabkan payudara kendur, faktanya tidak. Kehamilan memang mengubah elastisitas ligamen dan ukuran payudara, namun tidak mengendurkan kulit payudara. 

Baca Juga: 11 Penyebab Payudara Kendur yang Harus Diketahui

13. Puting Susu sebagai Indikator Kesehatan Wanita 

Pada masa lalu, warna puting susu wanita dijadikan pertimbangan dan faktor pada dokter dan perawat untuk pemeriksaan kondisi kesehatan wanita. 

Bidan dari Inggris bernama Jane Sharp menerbitkan buku berjudul “The Midwives Book or the Whole Art of Midwifry” pada tahun 1671. Pada buku itu, Sharp menjelaskan tentang arti warna puting wanita terhadap kondisi kesehatan wanita tersebut. 

14. Puting Susu Wanita 

Pada poin sebelumnya dijelaskan tentang 4 jenis puting susu wanita. Sebenarnya, ada beberapa jenis puting susu wanita yang tidak diklasifikasikan namun tetap normal. Wanita juga mungkin memiliki puting terbalik karena ada kulit yang menempel dengan jaringan payudara di bagian bawah. 

15. Memiliki 2 Puting dan 1 Areola Itu Normal 

Seorang wanita bisa memiliki dua puting namun hanya ada satu areola di salah satu payudara. Areola adalah bagian kulit berwarna gelap di sekitar puting susu. 

Kondisi tersebut normal, selama kedua puting susu tetap dapat mengeluarkan susu saat menyusui bayi. Masalah yang mungkin terjadi adalah bayi tidak mengenali puting karena areola tidak ada. 

16. Setiap Wanita Bisa Terkena Payudara 

Salah satu faktor risiko kanker payudara adalah keturunan, namun kanker payudara dapat terjadi pada siapa saja. Beberapa faktor lain yang harus diwaspadai adalah usia, tumor jinak payudara, hormon, kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta paparan radiasi. Faktor makanan tidak sehat dan paparan radikal bebas juga dapat memicu kanker payudara. 

17. Kanker Payudara juga Bisa Terjadi pada Pria 

Wanita dan pria lahir dengan sel dan jaringan payudara serupa, namun wanita memiliki kelenjar susu. Kanker payudara memang lebih banyak terjadi pada wanita, namun pria juga bisa mengidapnya. Pada tahun 2014, diperkirakan ada 2.190 kasus kanker payudara pada pria. Bahkan 1 dari 100 kanker payudara di US adalah kanker payudara pada pria.

18. Operasi Payudara Pertama pada Tahun 1962 

Tahukah Anda bahwa operasi pembesaran payudara pertama dilakukan pada tahun 1962? Implan payudara dengan silikon sudah mulai diperkenalkan pada masa itu. Implan dengan silikon mulai banyak digunakan pada tahun 1980-an. 

19. Pelarangan Zat Silikon untuk Implan Payudara 

Saat itu, Food and Drug Administration (FDA) melarang penggunaan zat silikon untuk implan payudara karena efek sampingnya yang sangat berbahaya. FDA lebih merekomendasikan implan payudara dengan bahan saline karena lebih aman. 

20. Ada Benjolan Normal di Sekitar Puting Payudara 

Secara alami, ada kelenjar di sekitar puting payudara yang bernama kelenjar Montgomery. Kelenjar Montgomery juga disebut dengan kelenjar areolar yang menghasilkan cairan lipoid. Fungsi cairan lipoid adalah menjaga kelembapan areola dan puting. 

21. Wanita dan Pria Bisa Tertarik pada Payudara

Penampilan payudara bukan hanya dapat menarik perhatian pria, namun sesama wanita bisa tertarik pada payudara. Psikolog dari dari University of Nebraska-Lincoln melakukan studi pada tahun 2013 terkait apakah hanya pria yang tertarik pada payudara wanita. 

Hasilnya, baik pria dan wanita sama-sama menghabiskan waktu lebih lama untuk melihat payudara wanita daripada wajah wanita. Kondisi ini dipengaruhi beberapa faktor psikologi.

22. Ukuran Payudara Bisa Berubah 

Wanita bisa memiliki ukuran payudara yang beruba-ubah tergantung berbagai faktor, seperti kehamilan atau menstruasi. Ada banyak faktor yang memengaruhi ukuran payudara, seperti pola makan, pola hidup, intensitas olahraga, dan faktor keturunan. 

Itulah beberapa fakta payudara yang jarang diketahui. Terlepas dari berbagai mitos payudara yang beredar di masyarakat, payudara adalah kelenjar kompleks pada wanita yang akan memproduksi susu saat bayi lahir nanti. Selain itu, ukuran dan bentuk payudara bukan termasuk standar kecantikan seorang wanita dan yang terpenting adalah kesehatan payudara wanita.

 

  1. Barcella, Laura. 2019. What’s Your Nipple Type? And 24 Other Nipple Facts. https://www.healthline.com/health/nipple-facts-male-and-female#1.-Womens-health-used-to-be-diagnosed-via-nipples. (Diakses pada 11 November 2020). 
  2. Chabner Thompson, Elizabeth, MD, MPH. 31 Important Facts About Breasts. 2014. https://www.everydayhealth.com/columns/elizabeth-thompson-womens-wellness/important-facts-about-breasts/. (Diakses pada 11 November 2020). 
  3. Hawkins, Amanda. 2014. 12 Things You Should Know About Your Breasts. https://www.goodhousekeeping.com/health/wellness/a24984/facts-about-breasts/. (Diakses pada 11 November 2020). 
  4. Rosenfeld, Jordan. 2017. 7 Surprising Facts About the Breast. https://www.mentalfloss.com/article/502699/7-surprising-facts-about-the-breast. (Diakses pada 11 November 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi