Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Obat kumur adalah sesuatu yang sudah umum sebagai bahan untuk perawatan gigi. Anda mungkin juga sudah akrab dengan obat kumur, namun bisa jadi ada beberapa hal yang belum diketahui tentangnya. Berikut ini beberapa fakta soal obat kumur yang perlu Anda ketahui:

Fakta Obat Kumur yang Wajib Diketahui

1. Obat Kumur Tidak Bisa Menggantikan Sikat Gigi

Anda mungkin berpikir bahwa kumur-kumur dengan obat kumur dapat menggantikan proses pembersihan yang dilakukan pada saat menggosok gigi. Faktanya tidak demikian. Ada kotoran atau bakteri dalam gigi, yang hanya bisa hilang karena proses penggosokan gigi, bukan hanya dengan berkumur.

2. Obat Kumur Bukan Hanya untuk Menyegarkan Mulut

Ketahui lebih dahulu fungsi atau keutamaan dari obat kumur yang akan Anda pilih. Obat kumur, memiliki kandungan yang masing-masing sudah ditargetkan untuk kebutuhan yang berbeda.

Ada obat kumur untuk menyegarkan napas, obat kumur untuk mencegah gigi berlubang, obat kumur untuk menghidrasi mulut, obat kumur untuk memutihkan gigi, dan obat kumur untuk mencegah radang pada gusi.

3. Sensasi Perih pada Mulut Bukan Jaminan

Anda pasti pernah merasakan sensasi perih pada mulut saat menggunakan obat kumur. Dream Dentist melansir bahwa hal tersebut bukan berarti sebuah tanda bahwa obat kumur bekerja sempurna. Sensasi perih tersebut, lebih banyak disebabkan karena kandungan alcohol yang ada pada obat kumur, sehingga menimbulkan rasa perih pada mulut. Jika tidak kuat dengan sensasi perih tersebut, Anda bisa mengganti obat kumur dengan kandungan alkohol yang lebih rendah.

4. Obat Kumur Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Faktanya, menggunakan obat kumur dapat membantu mengendalikan bakteri penyebab berbagai masalah pada gigi dan gusi. Berkumur dengan obat kumur juga dapat membantu memperkuat gigi Anda karena kandungan mineral yang ada padanya.

Menjaga kesehatan mulut, dalam hal ini gigi dan gusi, selain dengan menyikat gigi, juga bisa dibantu dengan penggunaan obat kumur. Fakta tentang obat kumur dalam artikel ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik agar Anda dapat mulai lebih peduli pada kesehatan gigi dan gusi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi