7 Fakta Mood Swing yang Sering Dialami oleh Wanita

doktersehat mood swing
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Bukan menjadi rahasia lagi kalau wanita kerap mengalami mood swing. Kondisi perasaannya bisa berubah dengan cepat akibat suatu hal atau terjadi begitu saja. Kondisi mood swing ini membuat wanita jadi makhluk yang perasa sehingga kerap sekali mengganggu aktivitas hariannya.

Nah, kira-kira apa ya yang menyebabkan wanita mengalami perubahan suasana hati dengan cepat? Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi mood swing yang cukup mengganggu itu? Untuk mengetahui semua hal tentang kondisi mood swing simak beberapa fakta di bawah ini.

  1. Mood swing disebabkan oleh perubahan hormon

Selama ini wanita memang dikenal sebagai orang yang mudah sekali mengalami perubahan suasana hati. Perubahan ini tidak terjadi begitu saja sesuai keinginan wanita. Perubahan suasana hati ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen yang ada di dalam tubuh.

Perubahan hormon ini pada saat wanita mengalami menstruasi bisa menyebabkan mereka mudah marah atau malah murung. Kondisi mood swing ini bisa terjadi juga pada wanita yang sedang hamil.

  1. Lapar memperbesar mood swing

Candaan yang mengatakan bahwa wanita jadi suka marah kalau sedang lapar ternyata bukan isapan jempol belakan. Wanita memang bisa mengalami perubahan suasana hati kalau sedang lapar atau dehidrasi.

Agar kondisi mood swing ini tidak mengganggu aktivitas harian, wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memberi efek kenyang lama, sayuran, dan minum 8 gelas air per hari.

  1. Terjadi menjelang menopause

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, perubahan hormon yang terjadi pada wanita memengaruhi mood atau suasana hati. Nah, saat mendekati menopause atau setahun sebelumnya, perubahan hormon sudah terjadi pada wanita. Dampaknya, mereka akan mengalami kondisi seperti mudah marah, murung, hingga depresi.

  1. Mood swing tidak terjadi saat diet

Selama ini wanita selalu menganggap kalau diet menyebabkan mereka mengalami perubahan suasana hati yang buruk. Padahal diet tidak memengaruhi kondisi tubuh asal dilakukan dengan benar.

Diet tidak diartikan tidak makan dan hanya mengonsumsi sedikit makanan saja. Diet adalah mengonsumsi makanan dengan jumlah tertentu dan disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian. Kalori yang masuk tetap sama, hanya saja bahan atau sumbernya yang berbeda.

  1. Durasi terjadinya tidak lama

Durasi terjadinya mood swing biasanya tidak lama. Biasanya selama beberapa jam atau maksimal sehari, kondisi mood akan kembali seperti semula karena ada pemicu yang menenangkan. Kalau kondisi mood swing ini berjalan lebih dari sehari atau sampai berminggu-minggu berarti ada gangguan pada tubuh.

Kalau mood swing terjadi dalam durasi yang cukup lama sebaiknya waspada. Segera temui dokter atau psikiater. Kondisi ini bisa berubah menjadi depresi jika tidak segera dibereskan.

  1. Mood swing juga muncul saat masa puber

Kunci dari ada atau tidaknya mood swing pada wanita adalah perubahan hormon. Saat wanita mengalami masa pubertas, mereka biasanya mengalami perubahan hormon yang signifikan sehingga kondisi seperti sering marah, sedih, dan mudah sensitif bisa terjadi dengan sendirinya.

  1. Kondisi ini bisa diatasi dengan mudah

Perubahan hormon di dalam tubuh memang tidak bisa dikendalikan dengan mudah. Namun, Anda masih bisa menikmati sesuatu yang menyenangkan untuk mencegah mood swing semakin parah dan mengganggu aktivitas harian.

Coba lakukan jalan-jalan ke tempat wisata atau menyibukkan diri dengan hobi. Kalau Anda sibuk dengan sesuatu yang menyenangkan efek buruk dari mood swing bisa dicegah.

Nah, bagaimana dengan Anda sendiri? Seringkah mengalami mood swing atau saat sedang PMS dan menstruasi saja?