15 Fakta Tentang Mimpi yang Mungkin Belum Anda Tahu

fakta-tidur-doktersehat

DokterSehat.Com – Mimpi adalah kejadian yang sering kita alami kalau tidur dengan nyenyak. Mimpi bisa terjadi pada siapa saja, bahkan dewan pun juga bisa bermimpi. Mimpi yang muncul sering kali apa yang kita inginkan atau malah ditakuti. Oleh karena itu beberapa orang sering takut atau trauma untuk tidur dan bermimpi.

Fakta Mimpi yang Jarang Diketahui

Mimpi memang bisa terjadi kapan saja oleh siapa saja yang sedang tidur. Namun, informasi tentang mimpi masih banyak yang menjadi misteri. Bahkan, tidak semua orang paham dengan mimpi dan hal-hal yang ada di sekelilingnya.

  1. Mimpi lebih banyak terjadi di pagi hari

Mimpi memang bisa terjadi kapan saja saat tidur. Namun, mimpi lebih banyak terjadi saat pagi hari. Itulah kenapa kita kerap merasa mimpi yang dialami sangat pendek dan tahu-tahu sudah pagi. Mimpi jarang terjadi saat malam karena kita belum tentu tidur dengan kondisi REM.

  1. Mimpi tidak terjadi lama

Kita sering merasa mimpi tidak berjalan dalam jangka waktu lama. Memang benar, umumnya mimpi hanya terjadi selama 90-120 menit saja. Selebihnya Anda hanya tidur biasa tanpa memiliki mimpi di dalamnya. Beberapa orang ada yang masih bermimpi saat kembali tidur atau tidak.

  1. Saat bermimpi otot lumpuh

Saat memasuki fase REM dan mengalami mimpi, sebagian besar otot yang dimiliki akan mengalami lumpuh. Hal ini terjadi untuk menghindarkan kita dari pergerakan saat tidur seperti jalan ke tempat yang berbahaya.

  1. Mimpi bisa muncul lagi dengan tema tertentu

Mimpi yang sering kita alami biasanya tidak akan kembali lagi di hari selanjutnya. Namun, mimpi yang sama bisa kembali dan anak-anak cenderung mengalaminya. Mimpi yang muncul kembali pada anak-anak memiliki tema tertentu seperti ditakuti oleh dewan atau monster. Selanjutnya jatuh dari ketinggian hingga tertabrak sesuatu juga sering muncul.

  1. Mimpi lebih banyak dalam bentuk visual dan hitam putih

Saat sedang bermimpi, sesuatu yang muncul dalam bentuk visual biasanya mudah sekali muncul. Sayangnya, mimpi jarang sekali yang berwarna. Mimpi dalam bentuk hitam putih lebih banyak terjadi dan mudah diingat. Karena mimpi sering muncul dalam bentuk visual, kita jadi sering sulit mengingatnya.

  1. Sering melihat wajah yang familiar

Dalam mimpi kita sering bertemu dengan seseorang. Namun, kita kadang bisa mengingatnya atau malah bingung itu siap. Berdasarkan penelitian dari Stanford University, orang yang kita lihat cukup familiar di dalam mimpi biasanya sering muncul di TV, video, atau orang yang pernah ditemui.

  1. Apa yang kita pikirkan sering jadi mimpi

Apa yang kita pikirkan selama sehari penuh akan memberikan sumbangan besar pada mimpi yang terjadi. Kalau seharian kita merasa takut atau trauma. Mimpi yang muncul berkisar pada hal itu dan memicu mimpi buruk.

  1. Stres memengaruhi mimpi

Kalau Anda mengalami stres, mimpi buruk akan sering muncul. Sebaliknya kalau jarang stres dan sedang senang, mimpi yang memberikan kesan bahagia yang akan muncul.

  1. Wanita bisa mimpi basah

Mimpi basah adalah mimpi yang di dalamnya ada adegan berhubungan seks dan berdampak pada kondisi fisik. Selama ini kita selalu menganggap kalau hanya pria yang mengalami mimpi basah, ternyata wanita juga mengalaminya. Mimpi basah juga membuat wanita mengeluarkan cairan dari vaginanya.

  1. Posisi tidur menentukan jenis mimpi

Pernahkah Anda berpikir kalau posisi tidur yang kita lakukan menentukan jenis mimpi yang akan terjadi? Seseorang yang tidur dengan posisi wajah menghadap bantal cenderung sering mimpi tentang seks, mimpi terkunci di ruangan, berenang, dan mimpi seperti susah untuk bernapas.

  1. Bercinta saat bermimpi bisa terjadi

Tahukah Anda kalau seseorang yang sedang tidur dan bermimpi bisa melakukan aktivitas lainnya? Gangguan dalam tidur ini tidak hanya dalam bentuk jalan kaki ke tempat tertentu dalam kondisi tidur saja. Seseorang juga bisa berhubungan seks dalam kondisi tidak sadarkan diri.

  1. Anak-anak lebih sering mengalami mimpi buruk

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak lebih sering mengalami mimpi buruk setiap malam. Hal ini bisa terjadi karena anak-anak memiliki cukup banyak rasa takut pada banyak hal. Karena sering mimpi buruk, beberapa anak-anak kerap minta ditemani saat tidur agar tidak mengalami mimpi yang sama.

  1. Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja

Sleep paralysis atau mimpi yang membuat kita seperti susah bangun adalah sesuatu yang nyata. Kondisi ini terjadi pada siapa saja dan bisa memberikan perasaan tidak nyaman. Seseorang yang mengalami hal ini biasanya juga sedang mengalami mimpi yang buruk.

  1. Mood dari mimpi terbawa saat bangun

Saat Anda bermimpi sesuatu yang menyenangkan, kemungkinan besar akan membuat mood setelah bangun tidur jadi sangat baik. Namun, kalau Anda mimpi buruk seperti kerja binatang buah atau hantu, kemungkinan besar mood yang akan muncul juga sangat buruk.

  1. Obat memicu mimpi buruk

Beberapa jenis obat juga bisa memicu mimpi buruk. Mungkin Anda pernah merasakan hal ini saat sedang sakit dan minum obat. Begitu tidur kadang mimpi yang muncul sering mengganggu seperti mimpi sakit kian parah atau malah meninggal dunia. Hal seperti ini wajar dan tidak perlu dipikirkan terlalu jauh.

Inilah beberapa fakta tentang mimpi yang kemungkinan besar jarang diketahui oleh masyarakat. Nah, dari beberapa fakta tentang mimpi di atas, adakah yang tidak Anda ketahui sebelumnya? Semoga ulasan di atas bisa membuat Anda jadi lebih paham dan memahami mimpi yang sering dialami.