Inilah Fakta Tentang Masturbasi yang Harus Anda Ketahui

doktersehat masturbasi pada pria

DokterSehat.Com– Masturbasi adalah sebuah tindakan atau aktivitas yang memberikan rangsangan seksual kepada diri sendiri dengan alat bantu berupa benda ataupun tangan. Masturbasi sendiri bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Sampai saat ini, banyak yang mengatakan jika kaum pria lebih rutin dan sering melakuan tindakan ini daripada wanita. Apakah benar demikian?

Pasalnya, dari beberapa survey menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara pria dan wanita dalam urusan seksual. Hanya saja, wanita bisa lebih menahan birahi daripada pria, perbedaan itupun tidak terlalu jauh dan masih terbilang setara.

Yang menjadi permasalahannya adalah ketika seseorang terlalu kelewat batas dalam masturbasi. Berdalih untuk memuaskan hasratnya, justru kegiatan yang berlebihan itu bisa membahayakan kesehatannya. Sebab, walau terbilang aman, masturbasi juga tidak baik dilakukan karena bisa menyebabkan efek buruk bagi fisik serta psikis.

Namun, jika Anda adalah orang yang sering melakukan masturbasi, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut dan mengetahui beberapa fakta masturbasi berikut ini agar Anda terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Anda harus tahu bahwa ada kaitannya antara masturbasi dengan jumlah gizi yang Anda miliki. Jika tubuh Anda dipenuhi dengan nutrisi serta gizi seimbang, maka masturbasi masih aman saja untuk dilakukan. Pasalnya kondisi fisik setiap orang berbeda, ada yang memiliki gizi baik dan ada pula yang memiliki gizi buruk. Nah, yang menjadi masalah adalah ketika seseorang memiliki gizi buruk, tapi dia sangat sering melakukan masturbasi.

Kemudian, masturbasi secara berlebihan juga bisa menyebabkan gairah seksual menurun. Mengapa demikian? Sebab, rangsangan demi rangsangan yang dilakukan secara intens akan membuat orgasme Anda menjadi lebih lemah. Ketika terlalu sering mendapat rangsangan itu, maka Anda tidak akan mendapati hasrat yang tinggi lagi ketika berhubungan langsung denga pasangan. Maka dari itu, jangan pernah melakukan masturbasi secara berlebihan jika tidak ingin mengecewakan pasangan Anda.

Yang terakhir adalah tentang psikis atau mental. Ya, salah satu efek buruk dari masturbasi adalah menurunnya kognitif seseorang. Jika Anda adalah orang yang penuh dengan masalah, alias depresi, maka sebaiknya hindarilah masturbasi. Sebab, hal itu adalah cara instan dalam menenangkan pikiran. Ketika klimaks sudah didapatkan, maka depresi yang muncul tidak kunjung hilang, justru akan bertambah besar dan akibatnya Anda akan melakukan masturbasi lagi untuk tenang kembali.