Terbit: 20 November 2019 | Diperbarui: 21 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang paling mudah didapatkan dan harganya relatif murah. Kondom juga mudah digunakan oleh pria dan tidak menimbulkan efek samping kecuali pada mereka yang mengalami alergi dengan lateks sehingga butuh kondom jenis lain yang lebih aman.

7 Fakta Tentang Kondom yang Jarang Diketahui Pria

Fakta Tentang Kondom yang Jarang Dipahami Pria

Nah, selain masalah kemudahan akses untuk mendapatkannya, kondom juga masih memiliki banyak hal yang harus diketahui oleh pria. Pertama tentang pembuatannya, selanjutnya tentang cara penggunaannya, dan efektivitasnya dalam mencegah penyakit seks dan juga kehamilan.

Berikut beberapa hal tentang kondom yang jarang sekali diketahui oleh pria padahal sangat penting.

  1. Kondom Tidak Memiliki Lubang Kecil

“Kondom dianggap tidak efektif untuk mencegah penularan penyakit seks dan juga kehamilan. Di dalam kondom terdapat beberapa lubang kecil tidak kasat mata.” Pernyataan ini sangat salah kaprah karena kondom pada dasarnya merupakan alat kesehatan yang dalam produksinya diawasi dengan ketat.

Kondom harus diuji terlebih dahulu dengan baik. Kalau ada lubang di kondom, kemungkinan produksi tidak bisa terjadi. Di Amerika saja, kondom yang akan diimpor ke negara lain harus lulus tahap uji coba agar tidak muncul masalah saat digunakan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Kondom Mampu Mencegah Penyakit Seks

Kondom bisa mencegah penyakit seks seperti klamidia dan gonore yang sangat berbahaya. Beberapa orang yang mengatakan kalau penyakit ini tidak bisa disembuhkan adalah salah. Faktanya, menggunakan kondom dengan benar bisa menurunkan risiko terkena gonore hingga 63% dan klamidia 26%.

Beberapa penyakit seks seperti herpes atau HPV mungkin kecil pencegahannya. Meski demikian, penggunaan kondom cukup memberikan proteksi yang sangat besar.

  1. Menggunakan Kondom Dobel Tidak Memberikan Efek Apa pun

Beberapa orang pria yang menganggap kondom tidak aman menggunakan dua buah kondom dalam sekali waktu, Menggunakan kondom dalam sekali waktu sebenarnya sangat salah dan bisa menyebabkan masalah. Friksi yang terjadi justru besar dan mudah sekali robek.

Selain itu, pria juga tidak akan nyaman menggunakannya. Tekanan di penis semakin kuat sehingga pria susah menikmati kehidupan seksualnya secara maksimal. Anda hanya perlu menggunakan kondom satu biji saja. Namun, pilih yang ukurannya tepat dan tidak sedang kedaluwarsa.

  1. Ukuran Kondom Sangat Penting dalam Seks

Ukuran dari kondom memengaruhi seks dengan baik. Meski kondom bisa melar dan mengikuti bentuk dari penis. Anda tidak bisa menggunakan kondom terlalu besar atau kecil karena bisa membuat penis tidak nyaman dan mungkin lepas di dalam vagina.

Kondom yang dijual di luaran sana umumnya memiliki satu ukuran saja atau all size. Kalau Anda memiliki ukuran penis yang mungkin saja jauh lebih besar, beli kondom dengan ukuran yang lebih besar agar aman digunakan dan tidak menyebabkan penurunan kualitas seks.

  1. Kondom Cukup Efektif untuk Mencegah Kehamilan

Kondom masih sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Asal pasangan tidak melakukan penetrasi secara langsung, peluang kehamilan masih bisa dicegah. Kasus kondom bocor bisa saja muncul karena Anda salah menyimpan, tertekuk, atau kedaluwarsa sehingga saat digunakan mengalami gangguan.

Gunakan kondom setiap melakukan seks agar peluang kehamilan menurun drastis. Sebelum menggunakan kondom cek kualitasnya dan gunakan pelumas yang benar agar tidak mudah rusak. Kondom lateks bisa rusak kalau Anda menggunakan pelumas dengan bahan dasar minyak.

  1. Kondom Tetap Memberikan Kenikmatan Saat Seks

Kondom dianggap mengurangi kenikmatan sehingga banyak pria tidak mau menggunakannya. Sebenarnya kondom masih bisa memberikan kenikmatan pada pria. Syarat yang harus dimiliki kondom adalah ukurannya benar, tidak menyebabkan alergi, dan menggunakan pelumas. Kalau Anda memperhatikan beberapa faktor ini seks tetap bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Tahukah Anda kalau kondom memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Kalau Anda ingin merasakan seks seperti tidak menggunakan kondom, ada baiknya untuk menggunakan yang sangat tipis. Memakai kondom ini membuat Anda seperti tidak menggunakan apa-apa sehingga kenikmatan selalu didapatkan.

Selanjutnya kalau Anda memiliki masalah seksual seperti sering mengalami ejakulasi dini dan sensitivitasnya berlebihan, kondom yang agak tebal bisa digunakan. Kondom yang agak tebal ini bisa membuat seks berjalan dengan lebih lama dan Anda jadi lebih puas.

  1. Kondom Mampu Mencegah HIV

Beberapa orang takut dengan orang yang memiliki HIV. Bahkan ada yang bilang kalau HIV bisa menular meski seks dilakukan dengan kondom. Faktanya, seks yang dilakukan dengan kondom bisa melindungi penularan HIV hingga 87 persen. Angka ini termasuk sangat tinggi dan signifikan.

Itulah kenapa kondom sangat dianjurkan untuk dipakai oleh siapa saja yang melakukan seks berisiko. Maksud seks berisiko adalah seks yang dilakukan dengan mereka yang memiliki risiko penyakit HIV. Kalau sampai seks dilakukan tanpa kondom, kemungkinan besar infeksi akan terjadi.

Gunakan kondom yang sesuai dengan ukuran dari penis, tidak terlalu besar atau kecil. Gunakan yang tidak kedaluwarsa, kalau sampai melewati tanggal pakai masih ada kemungkinan kondom menjadi robek atau bocor sehingga perlindungan diri jadi sangat rendah.

Demikianlah beberapa hal tentang kondom yang harus diketahui oleh pria dengan baik dan juga pasangannya. Dari beberapa hal di atas, mana saja yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya?

 

 

Sumber:

  1. White, Melissa. 2018. 10 Shocking Facts You Never Knew About Condoms. https://www.yourtango.com/experts/lucky-bloke/10-entertaining-condom-facts-expert. (Diakses pada 20 November 2019)
  2. IPPF. 2012. Myths and facts about… male condoms. https://www.ippf.org/blogs/myths-and-facts-about-male-condoms. (Diakses pada 20 November 2019)
  3. CDC. Condom Fact Sheet In Brief. https://www.cdc.gov/condomeffectiveness/brief.html. (Diakses pada 20 November 2019)
  4. Planned Parenthood. Ten Little-Known Facts About Condoms from Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/about-us/newsroom/press-releases/ten-little-known-facts-about-condoms-planned-parenthood. (Diakses pada 20 November 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi