Terbit: 29 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wajah adalah salah satu aset berharga yang dimiliki oleh setiap orang. Sebab, wajah adalah bagian tubuh yang berkontak langsung dengan orang lain. Dengan begitu, semakin terawat wajah seseorang, maka akan meningkatkan rasa percaya diri pula ketika berhadapan dengan orang lain.

Wajah Anda Penuh Komedo? Cari Tahu Faktanya Yuk!

Merawat wajah bisa dibilang sebagai aktivitas dan upaya yang tidak mudah. Pasalnya, ada beberapa masalah wajah yang cukup menjengkelkan dan sangat sulit dihilangkan, misalnya komedo. Ya, komedo adalah masalah yang biasanya tumbuh di hidung, dagu, serta tepi bibir.

Komedo sendiri bisa muncul dikarenakan berbagai faktor, misalnya kebersihan wajah, hormonal, serta faktor makanan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fakta tentang komedo yang harus Anda ketahui.

1. Komedo Menjadi Jerawat

Jika tidak segera diatasi, ternyata komedo bisa berubah menjadi jerawat. Padahal, mengusir komedo saja sudah sangat sulit dan tidak bisa instan. Untuk mengatasinya, lebih baik Anda menggunakan produk perawatan wajah seperti masker untuk menekan tumbuhnya komedo. Atau Anda juga bisa menggunakan produk masker lain untuk mengangkat komedo secara cepat agar tidak berubah menjadi jerawat.

2. Komedo Disebabkan Minyak

Ternyata tak hanya jerawat, komedo pun muncul dikarenakan wajah yang berminyal. Padahal, minyak sendiri dihasilkan oleh kulit agar terlindung dari perubahan cuaca. Tapi, jika produksinya terlampau banyak, maka dapat memunculkan komedo dan jerawat. Untuk itu, perhatikan kadar minyak pada wajah Anda dengan sering membersihkannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Komedo Membesar

Komedo pun ukurannya bisa membesar mengikuti ukuran pori-pori pada kulit wajah Anda. Bahkan parahnya lagi, ukuran komedo tersebut akan semakin membesar jika Anda sampai salah dalam mengatasinya. Sebab, kadang ada beberapa produk sabun atau perawatan yang tidak cocok untuk kulit Anda sehingga membuat pori-pori mengembang, akibatnya komedo pun ikut membesar dan semakin sulit dihilangkan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi