Terbit: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bayi yang baru lahir umumnya banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah bayi juga bermimpi dalam tidurnya?

Fakta-Fakta Unik tentang Mimpi Bayi

Fakta tentang tidur dan mimpi bayi

Bayi yang baru lahir bisa menghabiskan waktu 16 jam sehari untuk tidur. Ketika memasuki usia 6-9 bulan, ia menghabiskan waktu sekitar 14 jam sehari untuk tidur. Dengan waktu tidur yang begitu lama, bayi ternyata bermimpi lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Dr. Alan Greene, profesor pediatri dari Stanford University menyatakan bahwa bayi membutuhkan waktu tidur lebih lama untuk memulihkan tubuh dan otak mereka. Siklus tidur pada bayi, yaitu tahapan mulai dari tidur yang paling dalam hingga kita bersiap untuk bangun, lebih singkat sehingga ia bisa tidur nyenyak setiap 50 menit.

“Anak-anak bermimpi lebih banyak dari orang dewasa, namun bayi paling banyak bermimpi,” jelas Dr. Greene sepertu dikutip Mother and Baby.

Bayi bermimpi di kandungan

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan tentang perkembangan bayi adalah apakah di dalam rahim bayi juga bermimpi? Jawabannya adalah ya. Para peneliti percaya bahwa ketika kita memasuki rapid eye movement (REM), gelombang otak menyarankan kita untuk memasuki alam mimpi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Sama halnya seperti bayi yang bisa mendengar dan mencium di dalam rahim, bayi juga bisa tertidur dan bermimpi. Saat bayi tidur, ia juga sedang mengalami pertumbuhan otak dan organ tubuh lainnya sebagai persiapan untuk lahir ke dunia.

Jika bayi bermimpi, lalu apa yang ada di dalam mimpinya? Mengenai hal ini, para ahli belum bisa menebak apa yang ada dalam mimpi bayi. Namun Dr. Greene menyebutkan bahwa jika bayi bahagia dan tersenyum, ia mungkin bermimpi indah, atau jika ia rewel dan menangis, kemungkinan sedang lapar atau sedang mengolah pengalaman yang kurang menyenangkan.

Beberapa tanda yang bisa Anda amati pada bayi, antara lain ketika bayi mengalami kedutan saat tidur mungkin ia sedang menunjukkan peningkatan keterampilan fisiknya seperti menggerakkan kepalanya, atau kakinya. Sedangkan jika bayi tersenyum di awal kelahiran, ia mungkin menikmati momen REM dengan baik.

Nah, bagaimana dengan bayi Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi