Terbit: 13 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet merupakan salah satu cara paling favorit yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan diet sendiri memang cukup mudah dilakukan dan sudah terbukti bisa menurunkan badan secara efektif. Dengan kepopulerannya tersebut, maka tak heran jika begitu banyak jenis diet bermunculan, mulai dari diet keto, diet mayo, diet vegan, dan masih banyak lagi.

3 Fakta Tentang Diet Bebas Gluten yang Perlu Anda Ketahui

Namun, baru-baru ini ada sebuah jenis diet yang cukup ramai dibincangkan oleh kebanyakan wanita, yakni diet bebas gluten. Tahukah Anda apa itu diet bebas gluten? Jadi, diet bebas gluten adalah diet yang dilakukan dengan mengusung konsep bersih dari gluten. Gluten sendiri merupakan protein yang terkandung dalam serealia, terutama gandum.

Banyak yang mengatakan jika diet yang satu ini kurang baik dilakukan karena bisa menyebabkan kekurangan gizi bagi pelakunya. Padahal, anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa fakta mengenai diet gluten yang perlu Anda ketahui.

1. Diet Bebas Gluten Bukan Cara Cepat Kurus

Hal penting pertama yang harus disadari adalah diet bebas gluten bukanlah cara untuk cepat kurus. Sebab, diet yang satu ini dikhususkan bagi orang yang menderita penyakit celiac. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal, maka pilihlah jenis diet lain karena diet gluten membutuhkan kesabaran yang ekstra.

2. Tidak Harus Menjauhi Roti

Memang benar, diet bebas gluten disarankan agar tidak mengonsumsi makanan olahan dari gandum, seperti roti. Namun, tidak semua produk roti menggunakan gluten. Sebab, saat ini begitu banyak roti atau makanan tersedia yang bebas gluten. Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek pada kemasan. Biasanya, yang bebas gluten akan tertera dengan tulisan ‘gluten-free’.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Jangan Takut untuk Makan

Kebanyakan orang yang melakukan jenis diet ini selalu takut makan-makanan yang dijual di luar. Sebab, mereka menyangka jika makanan tersebut akan mengandung gluten. Padahal, Anda bisa saja menanyakan pada penyedia makanan itu. Jika memang tidak mengandung gluten, maka Anda bisa mengonsumsinya tanpa rasa takut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi