Terbit: 27 Mei 2018 | Diperbarui: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menggunakan deodorant menjadi bagian dari keseharian. Sehabis mandi, menggunakan deodorant, badan akan tercium wangi sepanjang hari. Namun, di balik semua yang menguntungkan tersebut, ada fakta tentang deodorant yang menarik untuk diketahui. Dilansir dari Style Caster, kami infokan untuk Anda berikut ini.

doktersehat-deodoran

1. Deodorant Membunuh Bakteri di Ketiak

Bau yang tidak sedap di bagian ketiak atau tubuh, disebabkan oleh bakteri. Dan deodorant ampu membunuh bakteri. Produk ini biasa diciptakan dengan komposisi zat antibakteri di dalamnya. Namun, deodorant tidak bisa sepenuhnya menghentikan produksi keringat di bagian ketiak. Deodorant umumnya hanya mampu mengurangi produksi keringat sebesar 20%, dan maksimal 30%.

2. Tidak Ada Perbedaan Produk Deodorant untuk Laki-laki atau Wanita

Dilansir dari Style Caster, yang membedakan antara produk deodorant khusus pria dan wanita hanya kemasan dan aroma. Selebihnya, dibuat dari bahan dasar yang sama. Sehingga, bila dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakan deodorant milik pria.

3. Oleskan Deodorant Sebelum Tidur

Fakta tentang deodorant selanjutnya adalah waktu terbaik menggunakan deodorant adalah malam hari sebelum tidur. Kenapa demikian? Karena kandungan yang ada di dalam deodorant dapat bekerja lebih maksimal sebab tidak terhalang oleh keringat yang jumlahnya banyak di siang hari.

4. Tidak Semua Orang Membutuhkan Deodorant

Tidak semua orang membutuhkan deodorant. Meski bakteri dan keringat selalu muncul di setiap ketiak, nyatanya tidak semua orang membutuhkan tawas. Untuk mengetahuinya, ada cara yang cukup unik. Anda bisa melakukan pengecekan melalui kotoran telinga. Jika kotoran telinga Anda berwarna gelap serta lengket, gunakan deodorant. Namun, jika cenderung putih, Anda tidak perlu menggunakannya.

Fakta tentang deodorant menambah pengetahuan serta pemahaman para pengguna deodorant agar lebih memahami produk yang digunakannya. Jika khawatir dengan kandungan-kandungan kimia yang berbahaya, Anda bisa gunakan produk deodorant dari bahan alami buatan sendiri.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi