Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat ini ada sekitar 36 juta wanita di dunia yang mengidap HIV. Meski penularan HIV bisa dilakukan, beberapa orang masih melakukan seks dengan tidak sehat. Akibatnya, penularan HIV berjalan dengan masif khususnya di negara yang baru mau berkembang di kawasan Afrika atau negara dengan tingkat seks bebas cukup tinggi, Amerika.

Fakta Bakteri Baik di Dalam Vagina yang Bisa Cegah Penularan HIV

Selain karena aktivitas seks yang tidak sehat, penularan HIV pada wanita juga bisa terjadi karena transfusi darah, suntikan, dan juga tato. Kalau prosedur itu tidak dijalankan dengan benar, HIV bisa dengan mudah menular dan menginfeksi tubuh.

HIV dan flora normal di dalam vagina

Selama ini mungkin kita selalu mengabaikan flora normal yang ada di dalam vagina. Padahal bakteri baik yang ada di sana mencegah terjadinya infeksi yang dilakukan oleh penyakit kelamin dan juga HIV. Semakin banyak dan sehat flora normal yang ada, peluang terjadi infeksi akan semakin rendah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Washington dan University of Rochester Medical Center. Virus HIV dan jenis penyakit menular lain bisa mengalami penurunan kalau flora normal meningkat. Hal ini bisa terjadi karena flora normal ini menghasilkan hidrogen peroksida yang menghalangi virus bekerja dengan maksimal.

Cara mencegah penularan HIV pada wanita

Untuk mencegah penularan HIV tidak bisa dilakukan dengan menjaga flora normal saja. Meski flora normal terjaga dengan baik, tapi seks tetap dilakukan dengan tidak sehat tetap saja bisa membuat wanita tertular HIV dengan mudah.

Selalu gunakan pengaman saat berhubungan badan. Hati-hati saat ingin melakukan tindik dan juga bertato. Selanjutnya, selalu jaga kondisi fisik tubuh agar selalu sehat setiap hari.

Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda terkait dengan penularan HIV.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi