Fakta Air Kelapa Bisa Lancarkan Haid

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil
pic credit: phu thinh co

DokterSehat.Com – Beberapa wanita menganggap kalau minum air kelapa saat menstruasi bisa menyebabkan mereka jadi keputihan. Lebih lanjut, ada yang percaya kalau air kelapa bisa melancarkan haid sehingga darah yang keluar jadi banyak.

Jadi, apakah air kelapa bisa menyebabkan wanita mengalami hal-hal di atas?

Air kelapa dan masalah menstruasi serta keputihan
Yang dipercaya oleh wanita itu adalah mitos. Sebenarnya air kelapa sama sekali tidak memengaruhi adanya keputihan. Keputihan bisa terjadi pada wanita kalau vagina mengandung banyak radikal bebas. Akibatnya mekanisme pertahanan dari vagina mengeluarkan cairan bening. Selain itu, keputihan juga bisa terjadi karena infeksi.

Sementara itu banyak atau tidaknya darah yang keluar saat menstruasi dipengaruhi oleh hormon yang ada di dalam tubuh. Selain itu, ketebalan dari lapisan dari rahim yang luruh juga memengaruhi sedikit atau tidaknya darah yang keluar.

Hingga saat ini pengaruh air kelapa untuk dua hal di atas masih belum ada. Kalau Anda mengalami hal di atas, bisa jadi hanya kebetulan saja karena air kelapa justru bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat air kelapa untuk tubuh
Air kelapa adalah minuman dengan kandungan elektrolit yang tinggi. Air yang sangat bermanfaat ini juga rendah gula dan kalori. Mengonsumsi air kelapa juga akan memberikan tambahan energi secara instan sehingga wanita yang kerap lemas bisa jadi segar bugar.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam air kelapa juga membantu wanita saat PMS. Wanita tidak akan merasakan sakit pada perut sehingga mereka bisa melakukan aktivitas hariannya tanpa terganggu sama sekali.

Selain bermanfaat untuk wanita yang sedang haid, air kelapa ternyata bermanfaat juga untuk mengobati diare dan juga sembelit. Kalau Anda sedang diare, air kelapa akan mengembalikan ion dan cairan tubuh layaknya oralit.