Penderita Diabetes Masih Boleh Makan Es Krim?

es-krim-doktersehat
Photo Source: Flickr/distillated

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak suka dengan es krim? Rasanya yang manis dan menyegarkan bisa mengatasi suhu udara yang sedang panas. Es krim juga sering dikonsumsi sebagai hidangan penutup setelah makan. Hanya saja, apakah makanan ini juga termasuk dalam pantangan bagi penderita diabetes?

Penderita diabetes masih boleh makan es krim tidak?

Rasa es krim yang cenderung manis membuat banyak orang berpikir jika makanan ini tinggi kandungan gula. Sebenarnya, anggapan ini bisa dianggap benar namun juga bisa dianggap salah. Jika kita mau mengecek label kemasan dari es krim yang akan dibeli, kita bisa melihat seberapa tinggi kadar kalori atau gula dari es krim ini. Jika mampu memilih es krim dengan kadar gula yang rendah, penderita diabetes tetap bisa mengonsumsinya.

Meskipun begitu, penderita diabetes juga harus membatasi konsumsi es krim dan rajin berolahraga demi membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya sehingga tidak akan mudah terkena komplikasi yang berbahaya. Selain itu, mereka juga harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah masih boleh makan es krim atau tidak.

Es krim yang baik bagi penderita diabetes

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan penderita diabetes saat akan mengonsumsi es krim. Satu hal yang pasti, es krim ini sebaiknya tidak dibeli di kedai atau kafe-kafe karena bisa jadi kadar gulanya tinggi. Pastikan untuk membuatnya sendiri atau membeli es krim kemasan yang bisa dicek label komposisi atau kandungannya.

Berikut adalah beberapa syarat es krim yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes

  1. Rendah karbohidrat dan lemak

Cek label es krim yang akan kita beli dan pastikan bahwa kadar gula, karbohidrat, atau kalorinya rendah. Jika es krim ini memiliki kandungan lebih dari 20 gram karbohidrat atau 150 kilo kalori, sebaiknya kita hindari demi mengendalikan kadar gula darah.

  1. Mengecek kadar lemak dan proteinnya

Semakin tinggi lemak dan protein di dalam es krim, semakin lama proses penyerapan gula dan hal ini bisa membantu mencegah lonjakan kadar gula darah. Hanya saja, pastikan kadar lemak dari es krim tidak melebihi 5 gram demi mencegah kenaikan berat badan.

  1. Jangan mudah tertipu dengan label rendah gula atau rendah kalori

Banyak produk makanan seperti es krim yang memiliki label “rendah gula” atau rendah kalori. Produk-produk ini belum tentu aman bagi penderita diabetes. Selalu cek label komposisi kandungan dari es krim tersebut untuk memastikannya.

Tips sehat makan es krim bagi penderita diabetes

Selain dengan memilih jenis es krim yang tepat, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk memperhatikan berbagai hal lainnya saat akan makan es krim.

Berikut adalah berbagai hal yang harus diperhatikan tersebut.

  1. Jangan dikonsumsi terlalu sering

Meskipun es krim yang dikonsumsi rendah gula, bukan berarti penderita diabetes bisa sering mengonsumsinya. Konsumsilah sesekali saja demi membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah.

  1. Jangan makan terlalu cepat

Konsumsilah es krim pelan-pelan demi mencegah kenaikan gula darah dengan cepat. Kita bisa menggunakan sendok kecil atau memberikan jeda di antara setiap suapan. Selain itu, jangan mengonsumsinya sambil bermain gadget atau melihat televisi karena akan membuat kita makan dengan terlalu cepat.

  1. Menambahan kacang

Tambahan topping kacang memang bisa membuat rasa es krim menjadi lebih enak. Selain itu, kacang juga bisa menambah kadar protein es krim sehingga akan membantu memperlambat proses penyerapan gula darah dengan efektif.

  1. Memakai mangkuk kecil

Batasi konsumsi es krim dengan menggunakan mangkuk berukuran kecil. Dengan melakukannya, maka kita tidak akan mengonsumsi es krim terlalu banyak dan bisa menjaga kadar gula darah tetap normal.