Super, Ini 4 Es Krim yang Rendah Kalori & Cocok untuk Diet!

doktersehat demam makan es krim
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar es krim? Makanan yang satu ini memang digemari banyak orang, ya. Rasanya yang manis dan dingin membuat es krim sangat cocok dikonsumsi di siang hari yang terik.

Akan tetapi, mengonsumsi es krim saat sedang diet kerap dihindari karena dianggap mampu membuat diet gagal. Padahal, dengan pemilihan jenis yang tepat, mengonsumsi es krim saat sedang diet juga bisa dilakukan, lho.

Manfaat mengonsumsi es krim saat sedang diet

Es krim memang menjadi salah satu bahan makanan yang kerap disajikan dengan banyak kandungan kalori, gula atau lemak. Hal ini tentu menjadi salah satu faktor utama mengapa es krim menjadi dihindari saat sedang melakukan diet.

pic credit: alexis

Akan tetapi, sebenarnya dengan pemilihan jenis, porsi dan frekuensi konsumsi yang tepat, es krim juga mampu memberikan manfaat yang baik untuk diet, diantaranya adalah:

  • Mengatur waktu makan dengan lebih baik saat diet
    Memilih jenis es krim yang tepat saat diet, bisa menjadikan es krim tersebut sebagai pilihan camilan yang baik untuk diet. Hal ini akan membuat nafsu makan lebih terkontrol, gula darah dalam tubuh tetap terjaga, hingga mencegah dari keinginan konsumsi camilan tidak sehat lainnya.
  • Es krim bisa memberikan sensasi dingin yang dapat membuat tubuh rileks saat diet
    Perasaan tertekan dalam melakukan diet, bisa memengaruhi keberhasilan diet. Dengan mengonsumsi es krim yang sehat untuk diet maka tubuh akan merasa lebih rileks, baik karena dapat mengonsumsi makanan enak dan sehat serta adanya sensasi dingin pada es krim.

Lantas, bagaimana cara memilih es krim saat diet?

Es krim yang bisa dipilih saat diet adalah es krim yang kandungan kalori dari gula dan lemaknya rendah. Hal ini bisa diperoleh dengan memilih es krim yang:

1. Es krim yang dibuat sendiri

Es krim kemasan memang praktis, namun kita akan sulit mengatur penggunaan gula atau lemak didalamnya.

Untuk itu, ada baiknya Anda mencoba membuat es krim sendiri yang dibekukan sendiri dalam frezeer dengan pemilihan bahan baku yang sehat dan penggunaan kalori yang rendah.

2. Pilih es krim berbahan baku buah-buahan

Photo Credit: pexels.com

Untuk menekan penggunaan gula dalam es krim, utamakan menggunakan buah-buah sebagai bahan baku es krim.

Anda bisa membuat es krim dari sari buah yang dibekukan dalam frezeer, air madu secukupnya dengan potongan buah yang manis dan tinggi serat, misalnya jambu atau buah naga, atau jus buah yang dibekukan wadah es krim. Kini Anda sudah memiliki jenis es krim yang super sehat untuk diet bukan?

3. Gunakan susu rendah lemak saat membuat es krim

Es krim dari susu tentu super nikmat dan lembut, ya. Anda bisa membuat es krim susu sendiri dengan memilih jenis susu skim atau susu rendah lemak.

Anda dapat menambahkan emulsifier jika ingin tekstur es krim yang lebih stabil. Hindari memilih susu dengan tambahan rasa buah, karena cenderung tinggi kandungan gula. Pilih susu tanpa rasa yang rendah lemak untuk membuat es krim.

4. Buat es krim cokelat dari cokelat hitam

Photo Credit: pexels.com

Siapa sih yang bisa tahan godaan es krim cokelat? Anda bisa tetap mengonumsi es krim yang super nikmat ini saat sedang diet.

Caranya, buat es krim cokelat dari bahan baku cokelat hitam yang rendah gula dan tinggi antioksidan. Anda bisa menambahkan cokelat hitam saat membuat es krim susu atau sebagai toping es krim rendah kalori lainnya.