Mengapa Es Krim Bisa Membuat Sensasi Otak Beku?

Photo Credit: Flickr.com/Julian Wishahi

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, saat kita mengonsumsi es krim, kita terkadang bisa merasakan otak yang seperti kedinginan atau beku. Sensasi dingin dari es krim ini bahkan bisa sampai menjalar ke seluruh tubuh. Apa penyebabnya?

Dikutip dari Women’s Health, sensasi mengalami kebekuan dalam otak ini disebut sebagai sphenopalatine ganglioneuragi. Kondisi ini terjadi tatkala kita mengonsumsi makanan atau minuman dingin dalam waktu yang cepat.

Tatkala makanan dingin seperti es krim memasuki mulut, maka hal ini akan membuat bagian langit-langit mulut sekaligus bagian belakang tenggorokan mengalami penurunan suhu. Hal ini memicu penyempitan pembuluh darah pada bagian tersebut dan kemudian membuat otak menerima sinyal yang membuat kita mengalami sensasi otak beku.

Clifford Segil MD dari Providence Saint John’s Health Center yang ada di Santa Monica, California, Amerika Serikat menyebutkan bahwa sebenarnya sensasi otak beku adalah jenis lain dari sakit kepala. Hanya saja, sakit kepala ini berlangsung dalam waktu yang cenderung singkat.

Sakit kepala ini disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah arteri serebral anterior, pembuluh darah yang mengantar darah yang penuh dengan oksigen ke otak. Karena terjadi penurunan jumlah darah yang diantarkan ke otak, maka kita pun akan mengalami sakit kepala.

Untuk mengatasi sensasi otak beku ini, kita hanya perlu meminum air putih dengan suhu yang normal. Hanya saja, kebanyakan orang justru menyukai sensasi ini karena bisa membuat pikiran menjadi lebih dingin dan tenang.