Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Perubahan hormon dan kondisi fisik ibu saat hamil tak ayal dapat menimbulkan berbagai kebiasaan baru. Salah satu hal yang cukup sering terjadi adalah ibu hamil yang menjadi sering dan menyukai mengonsumsi es batu dengan cara mengunyahnya.

Ibu Hamil Suka Makan Es Batu, Apa Risikonya pada Kesehatan Kehamilan?

Ya, sebagian besar kondisi ini kerap dikaitkan dengan kondisi mual dan muntah pada awal kehamilan.

Mengunyah es batu, yang dianggap memiliki rasa dan sensansi yang dingin dan menyegarkan bisa menyebabkan kondisi mual muntah atau rasa panas di dada berkurang. Kira-kira apakah ada risiko kesehatan pada ibu hamil yang suka mengonsumsi es batu?

Munculnya keinginan makan tertentu pada ibu hamil

Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil kerap memiliki keinginan makan yang cenderung unik atau kita kenal sebagai ngidam.

Doktersehat-gejala-rubella-pada-ibu-hamil

Photo Credit: Flickr.com/Sara Neff

Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena perubahan hormon tubuh ibu hamil yang termasuk ekstrem bisa membuat tubuh ibu merasakan berbagai perubahan, salah satunya pada nafsu makan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Akan tetapi, kondisi ngidam yang baik adalah ibu hamil yang menginginkan makanan yang baik atau layak untuk dikonsumsi, misalnya buah atau jajanan sehat.

Jika makanan atau minuman yang jadi digemari ibu hamil adalah makanan yang cenderung tak sehat maka hal ini justru dikaitkan dengan risiko kekurangan gizi, lho.

Penyebab ibu hamil mengonsumsi es batu

Ya, ternyata penyebab ibu hamil memiliki rasa suka mengonsumsi es batu dengan cara mengunyahnya adalah suatu kondisi yang bisa muncul akibat kekurangan zat besi atau bisa disebut merupakan salah satu tanda terjadinya anemia zat besi pada ibu hamil

Hal ini dapat terjadi karena kekurangan zat besi dalam jangka waktu yang lama pada ibu hamil berisiko menyebabkan tubuh mengalami craving, atau sangat menginginkan, makanan tertentu yang cenderung miskin gizi atau bahkan tak lazim untuk dimakan.

Kondisi ini bisa disebut dengan kelainan pica.

Pakar kesehatan dari WebMD, Andrei Rebarber, menyebutkan bahwa kondisi ini selain dipicu rendahnya kadar zat besi dalam tubuh, atau anemia, juga disebabkan oleh perubahan hormon yang cenderung ekstrem.

Jika diteruskan, kondisi ini akan membuat tubuh tidak tercukupi asupan gizinya, padahal secara tidak langsung hal ini merupakan suatu sinyal dari tubuh untuk segera memenuhi kondisi asupan gizi yang sedang rendah.

Lalu, apakah dampaknya pada kondisi kesehatan ibu hamil?

Kondisi ini secara umum tidak mengganggu kesehatan kehamilan, namun tentu bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan pada kesehatan ibu hamil diantaranya adalah:

1. Memicu sakit atau radang pada tenggorokan

2. Menyebabkan kerusakan gigi dan gusi

doktersehat-mual-hamil

3. Memperberat metabolisme tubuh karena tubuh harus menyesuaikan suhu cairan es agar dapat diserap dengan baik

Meskipun hal ini akan tidak dianggap berbahaya, namun terjadinya tiga hal diatas tentu termasuk mengganggu kondisi kesehatan ibu hamil bukan?

Cara mengatasi keinginan ibu hamil mengonsumsi es batu

Untuk mengindari hal diatas, dua cara yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah dengan:

1. Mengganti konsumsi es batu dengan buah beku

Buah menjadi makanan yang menyehatkan untuk ibu hamil. Agar kebiasaan tersebut bisa memberikan manfaat, maka mengganti es dengan buah beku, atau membuat es dari potongan buah, stroberi, jeruk atau bluberi, atau es dari jus buah bisa dilakukan agar asupan gizi dan vitamin ibu jadi meningkat.

2. Memenuhi kebutuhan zat besi

Hal terpenting yang bisa diakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil. Kondisi ini akan mengatasi terjadinya anemia dan mengurangi keinginan konsumsi makanan yang kurang lazim pada ibu hamil.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi